13 Fakta Mengejutkan Tentang Instagram Yang Belum Diketahui

13 Fakta Mengejutkan Tentang Instagram Yang Belum Diketahui

Pasti kamu tentang Instagram kan? Media sosial yang fokus pada berbagai foto atau gambar dan video ini secara perlahan menggangu eksistensi Twitter dan Facebook. Hingga hari ini, jumlah pengguna Instagram juga semakin banyak dan terus bertambah termasuk jumlah pengguna di Indonesia. Diprediksikan, media sosial ini akan menarik lebih banyak jumlah pengguna dari Facebook dan Twitter.

13 Fakta Mengejutkan tentang Instagram

instagram

Dari berbagai fakta yang ada, ternyata ada 14 fakta yang belum banyak diketahui bahkan oleh pengguna Instagram itu sendiri. Berikut catatannya;

Pendiri

Banyak yang belum tahu jika Instagram didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya lulusan Stanford University. Namanya memang cukup asing karena belum banyak orang yang mengetahuinya.

Tawaran Facebook

Tahun 2004, Kevin Systrom pernah mendapatkan tawaran untuk bekerja di Facebook. Hanya saja ia menolak. Beberapa tahun kemudian, ternyata ia mampu membuktikan kehebatannya dengan didirikannya Instagram.

Jumlah Karyawan

Saat masih dipegang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, walau jumlah pengguna Instagram sudah ratusan juta, karyawan hanya 13 orang. Kini, setelah tampuk kepemimpinan, dengan lebih dari 500 juta pengguna, jumlah karyawan hanya 30 orang.

Peluncuran di App Store dan Google Play Store

Instagram diluncurkan pertama kali di Apple Store pada tanggal 6 Oktober 2010. Kemudian, tanggal 3 April 2012, diluncurkan di Google Play Store. Setelah itu, barulah media sosial ini bisa dinikmati oleh semua pengguna Android di seluruh penjuru dunia.

6 Negara Pengguna Terbesar

Tercatat, ada 6 negara yang memiliki jumlah pengguna Insta-gram terbanyak yakni Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Jerman, Spanyol dan Inggris.

Prestasi

Tahun 2011, Instagram mendapatkan penghargaan sebagai App of the Year 2011 oleh Apple iTunes.

Desember 2011

Hingga Desember 2011 (1 tahun dari peluncuran), sudah ada 15 juta pengguna. Di akhir tahun 2011, tercatat ada lebih dari 400 juta buah foto yang sudah diupload di Instagram.

Akuisisi Facebook

Facebook sepertinya mulai gerah dengan prestasi Instagram yang terus meningkat hingga pada bulan April 2012, Facebook secara resmi mengakuisisi Instagram dengan harga 121 triliun rupiah. Sehingga, sekarang, Instagram sudah berada di bawah perusahaan Facebook.

Pengguna Aktif

Akhir tahun 2014, tercatat pengguna Instagram adalah 400 juta kemudian, tahun 2016 meningkat hingga 500 juta. Dari 500 juta pengguna, sekitar 75% adalah pengguna aktif.

Tempat Paling Banyak Ditandai

Dari semua jumlah kota di dunia, New York merupakan kota yang ditandai paling banyak di Instagram yakni dengan Times Square sebagai tempat yang ditandai paling banyak. Selain itu, ada Disneyland California, serta Siam Paragon Shopping Mall.

Jumlah Like dan Komentar Per 1 Detik

Dalam 1 detik, tercatat ada 8.500 jumlah likes dan ada 1.000 jumlah komentar. Artinya, dalam satu hari terdapat 1,2 milyar jumlah likes.

Jumlah Foto Per 1 Detik

Tercatat jika sudah ada 20 miliar lebih foto yang sudah diupload di penngguna akun IG. Artinya, ada sekitar 700 foto yang di upload setiap 1 detik.

Jumlah Foto Selfie

Tahun 2013 saja, tercatat sudah ada 35 juta foto selfie yang diupload di sosial media IG ini. Pastinya, angka itu meningkat drastis mengingat di akhir tahun 2014, 2015 dan sekarang 2016 jumlah penggunanya terus meningkat.

Walau jumlah penggunanya belum sebanyak Facebook maupun Twitter, ternyata Instagram benar-benar mampu bersaing dengan keduanya. Apalagi, terdapat banyak sekali brand terkenal yang memanfaatkan sosial media ini sebagai media promosi dan komunikasi dengan para konsumennya. Yah, media sosial ini sangat akrab dengan pebisnis online.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *