3 Cara Mudah dan Cepat Pemasaran dengan Media Sosial

3 Cara Mudah dan Cepat Pemasaran dengan Media Sosial

Di era teknologi dan serba canggih kini, media sosial menjadi penghubung yang sangat penting dalam hal apapun. Anda pasti sering melihat banyak orang yang mulai terhubung ke mana-mana melalui media sosial. Karena media sosial inilah memiliki fungsi utama yaitu mendekatkan yang jauh. Sehingga tak heran jika mulai banyak pebisnis yang menggunakan media sosial sebagai alat perang mereka dalam melakukan penjualan.

Media sosial adalah jembatan sukses jika bisa memanfaatkan

Apalagi, dalam membuat akun sosial media sudah menjadi hal yang tidak sulit. Semua orang bisa melakukan, sekalipun ia gaptek. Namun, hal itu sangat disayangkan jika seorang pelaku bisnis tidak memanfaatkan hal itu. Seperti tidak adanya strategi pemasaran dalam percakapan dalam akun media sosial. Percuma saja, jika akun media sosial hanya sebagai media curhatan saja. Dan percuma juga jika dalam percakapan media sosial tidak adanya konten mengenai strategi pemasaran untuk menjual produk atau jasa dalam bisnis Anda. (Baca juga: Cara Membuat Web Banyak Pengunjung)

Konten dalam percakapan media sosial haruslah benar dan tepat, sehingga banyak orang yang membaca konten Anda menjadi tertarik dan penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Karena konten sangat berperan dalam menjalankan bisnis online. Dengan adanya konten, maka Anda dapat menjalin hubungan baik dengan caloon pelanggan Anda dan menjadikan calon pelanggan Anda menjadi pelanggan tetap Anda nantinya. Konten juga merupakan suatu inovasi yang menarik dalam strategi pemasaran di bidang bisnis online untuk mencapai target yang diinginkan dan mendapatkan pelanggan yang tepat untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten pun dapat didapatkan oleh semua orang melalui RSS feed, blog, infografis, video, atau konten lainnya yang berbentuk digital.

Nah, dengan demikian, maka strategi pemasaran dalam bisnis online haruslah diperbaharui dan diberi beberapa inovasi yang membuat bisnis Anda berkembang pesat. Dengan adanya konten strategi pemasaran yang kuat melalui media sosial, Anda dapat menggaet pelanggan yang Anda inginkan.

Baca juga:

Berikut ini adalah cara-cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis online Anda dengan mudah dan cepat.

  • Konten Media Sosial adalah Pondasi Bisnis Online

content media sosiaBerhubung konten media sosial merupakan pondasi dalam melakukan bisnis online, maka konten dalam media sosial pun haruslah kuat karena dijadikan sebagai acuan bisnis Anda.

Untuk memperkuat konten media sosial Anda, ada tiga tahap mudah dan cepat yang harus Anda lakukan:

  1. Partisipan
    Anda perlu melibatkan pasrtisipan dalam akun media sosial anda. Partisipan dalam media sosial ini contohnya adalah followers di instagram atau twitter. Dengan adanya partisipan yang kuat, maka akun media sosial yang Anda miliki semakin berkualitas dan dapat mendukung untuk menjadikan akun media sosial Anda menjadi pondasi yang kuat dalam bisnis Anda. (Baca juga: Penghasilan melalui Blog)
  2. Kontiniti
    Jangan sekali-kali memberikan konten yang hanya sekali selesai. Dalam artian, buatlah konten dalam media sosial Anda yang berkesinambungan atau model bersambung seperti sinteron di televisi. Jika konten dalam akun media sosial Anda buat bersambung, maka orang yang membacanya akan penasaran dengan apa yang Anda bahas berikutnya. Dengan kata lain, orang tersebut mulai tertarik dengan konten yang Anda sampaikan.
  3. Hubungan
    Menggunakan media sosial, bukan hanya untuk menambah followers atau partisipan saja. Anda perlu menjaga hubungan yang baik dengan followers atau partisipan media sosial Anda. Sehingga, diperlukan adanya win win solution dalam melakukan teknik ini. Jika Anda memiliki hubungan yang baik pada satu partisipan, maka satu partisipan ini akan menularkan omongan bahwa Anda baik ke 10 partisipan lainnya. (Baca juga: Warren Buffet Sang Filsuf Investasi)
  • Sering Berbagi

media sosialOrang bilang jika kita sering berbagi bukan malah berkurang, namun malah bertambah. Hal ini pun juga terealisasi pada bisnis online. Ketika Anda sering membagikan postingan atau konten Anda pada media sosial mana pun, maka konten Anda akan memiliki peluang yang lebih banyak daripada tidak berbagi konten di media sosial. Bahkan berbagi konten Anda ke media sosial pun akan memiliki beberapa manfaat di antaranya sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan Pengujung
    Setiap Anda membagikan konten Anda ke media sosial, maka semakin naik juga peluang untuk mendatangkan pengunjung ke web Anda. Katakanlah kita menggunakan hukum 1 persen. Dalam artian sebagai berikut: di media sosial seperti facebook contohnya, Anda memiliki 4 ribu pertemanan 1 persen dari jumlah pertemanan Anda membaca konten Anda, yaitu sejumlah 400 pertemanan yang membaca konten di media sosial. Dan satu persen dari 400 adalah 40, itu berarti Anda masih memiliki peluang 40 pengunjung setiap konten yang Anda sebarkan melalui media sosial. Itulah timbale balik dari berbagi konten melalui media sosial. Dan bisa jadi dari satu persen dari jumlah pengunjung menjadi pengunjung tetap Anda, yaitu sejumlah 4 orang. Bayangkan jika hal ini Anda lakukan dalam sehari tiga kali posting. (Baca juga: Kiat-kiat Menjalani Bisnis)
  2. Selalu Medndapatkan Pengunjung di Periode Berbeda
    Hal ini maksudnya adalah Anda membagikan konten Anda tahun lalu di postingan media sosial sekarang. Sehingga Anda akan memiliki pengunjung yang berbeda di setiap periodenya. Cukup Anda membagikan konten tahun lalu, maka Anda akan mendapatkan pengunjung yang berbeda nantinya.
  3. Pengunjung Baru
    Bukan hal yang aneh, jika nantinya Anda akan mendapatkan pengunjung baru di setiap Anda posting konten. Bisa saja ada pengunjung Anda yang bercerita tentang konten Anda ke kerabatnya atau saudaranya, sehingga Anda memiliki pengunjung berdasarkan cerita dari mulut ke mulut. Teknik ini disebut sebagai teknik leluri yaitu cerita dari mulut ke mulut. (Baca juga: Cara berjualan Online)
  • Menjadi Tuan Rumah yang Baik

Pengunjung mana yang tidak suka dimanjakan, ketika ia berkunjung ke suatu tempat. Semua orang pasti menginginkan hal demikian. Sehingga, Anda perlu menerima pengunjung layaknya seorang raja. Ingat, tamu adalah raja. Dengan kata lain, berikan ia pelayanan yang ramah, dan memuaskan kepada pengunjung yang setiap ia berkunjung ke postingan atau konten Anda. Ketika mereka bertanya, jawablah dengan ramah dan jelas hingga dia paham dan puas dengan jawaban Anda.

media sosial

Namun, biasanya banyak tuan rumah atau pemilik akun media sosial yang mengalami kecolongan ketika ada pengunjung yang bertanya. Dan akhirnya ia bingung menjawabnya. Hal itu dapat diantisipasi dengan sebagai berikut:

  1. Kumpulkan informasi
    Kumpulkan informasi selengkap mungkin yang berkaitan dengan produk atau konten Anda sebagai bahan Anda. Dengan adanya informasi yang lengkap, hal ini dapat Anda jadikan senjata untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung. (Baca juga: Memilih Theme WordPress)
  2. Kembangkan Konten
    Anda bisa mengembangkan konten Anda semenarik mungkin untuk mempertahankan pengunjung Anda. Agar pengunjung Anda tidak bosan dengan konten Anda yang hanya membahas itu-itu saja. Sehingga, tetap perlu suatu inovasi dari konten yang Anda bagikan tadi.
  3. Melihat Tujuan Konten
    Ada perlunya Anda memperhatikan kembali tujuan konten Anda untuk apa dan siapa. Karena dengan Anda memperhatikan tujuan konten Anda, maka Anda tidak akan keluar jalur ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung yang sekiranya dapat membuat Anda bingung untuk menjawabnya. (Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Template Premium)

Itulah 3 cara mudah dan cepat untuk mengoptimalkan bisnis online Anda melalui media sosial. Sehingga Anda dapat menaikkan traffic pengunjung dan dapat menjadikan 3 cara mudah tersebut menjadi strategi pemasaran Anda dalam memasarkan produk atau jasa Anda.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *