Beranda » Artikel » 4 Tips Aman Mencari Info Kerja Online

4 Tips Aman Mencari Info Kerja Online

T Diposting oleh pada 14 January 2018
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 207 kali

Mencari lowongan pekerjaan kini bisa Anda temukan dengan mudah karena info kerja online bisa Anda akses kapan saja. Informasi mengenai pekerjaan baik untuk pekerjaan skala regional, nasional maupun internasional bisa dijumpai dengan mudah. Akan tetapi, Anda tidak boleh dengan sembarangan dalam mencari dan mendaftar untuk pekerjaan tersebut.

Mengapa perlu berhati-hati? Alasannya sederhana, semakin canggihnya teknologi tentu berpeluang juga untuk disalahgunakan oleh oknum yang hanya ingin mencari keuntungan. Banyak kejahatan yang telah terjadi mengatasnamakan lowongan kerja. Bahkan hingga hari ini, masih banyak pelaku yang hanya menginginkan keuntungan materi dengan menipu para pencari kerja.

Tentu Anda tidak ingin terjadi pada Anda kan? 

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai informasi pekerjaan melalui internet namun was-was dan takut akan penipuan, Anda bisa simak informasi yang telah dirangkum mengenai hal ini.

Info Kerja Online

 4 tips bijak dalam mencari info kerja online

Agar Anda tidak terkena penipuan yang banyak ketika mencari pekerjaan, Anda bisa membaca tips aman dalam mencari kerja secara online.

1: Tentang sumber online

Yang harus Anda waspadai pertama kali adalah mengenai sumber informasi tersebut. Anda harus teliti dengan info kerja online yang beredar dewasa ini. Ada dua hal yang harus Anda perhatikan dalam hal ini.

Biasanya, sumber pekerjaan merupakan situs yang memang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin mencari kerja. Ketika Anda melihat ada lowongan pekerjaan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengamati dengan seksama lowongan tersebut. Biasanya, akan terjadi kejanggalan jika bukan dari instansi resminya.

Untuk mempermudah Anda dalam mencari tahu apakah lowongan tersebut benar adanya, Anda bisa melihat alamat email yang dicantumkan. Periksa apakah email tersebut merupakan email asli dari instansi atau lembaga yang membuka lowongan. Bagaimana cara memastikannya? Periksa domain email. Jika domain email yang digunakan berupa email gratisan, maka sudah pasti info kerja online tersebut bukan asli.

Yang kedua, Anda harus memastikan bahwa informasi tersebut valid. Validitas bisa Anda temukan dengan memeriksa langsung situs resmi lembaga atau perusahaan yang dimaksud. Anda bisa dengan mudah menuju situs websitenya dan silakan buka menu career/job jika ada. Jika mereka tidak mengumumkan adanya informasi mengenai pekerjaan, tentu saja informasi yang Anda temukan sebelumnya bisa saja akan menipu Anda.

Bca juga : Peluang Usaha Online Dropship; Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

2: Mengakses situs resminya

Jika Anda pesimis akan keaslian info kerja online, Anda lebih baik langsung mengunjungi situs resminya. Sebagai contoh, Anda ingin bekerja di institusi A, maka Anda bisa mencari informasinya melalui website resmi institusi tersebut. Jika Anda mengikuti akun sosial media resminya, biasanya akan diumumkan melalui akun tersebut.

3: Waspadai scam

Scam adalah istilah untuk penipuan via online yang marak terjadi. Biasanya, scam terjadi karena korban tidak siap maupun pandainya pelaku yang mengaku dari sebuah perusahaan.

Biasanya, perusahaan ternama tidak memakai jasa atau calo untuk perekrutan karyawan. Waspadai juga jika Anda tiba-tiba menerima email yang berhubungan dengan pekerjaan.

4: Selektif

Yang terakhir adalah Anda harus selektif dalam memilih informasi pekerjaan. Anda bisa mendapatkan informasi dimana saja, namun Anda harus bisa menyaringnya dan memastikan info tersebut. Hati-hati bahwa info pekerjaan yang resmi tidak pernah meminta biaya apapun pada proses seleksi.

Kesimpulannya adalah, Anda bisa saja mengumpulkan info kerja online namun Anda harus selektif untuk keamanan diri sendiri.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk 4 Tips Aman Mencari Info Kerja Online

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 4 Tips Aman Mencari Info Kerja Online

Cara Cepat Membuat Website Landing Page

T 22 May 2018 F , A jeffsitopu

Website landing page merupakan sebuah halaman website yang tersusun secara sederhana yang hanya memiliki 1 halaman saja. Halaman website ini biasanya digunakan untuk menampung sebuah ulasan singkat mengenai produk yang dipromosikan secara digital. Setiap pengunjung halaman website tersebut akan diarahkan... Selengkapnya

fokus bisnis

Kriteria Bisnis Sukses Online Marketing

T 13 October 2014 F , A jeffsitopu

Jika sudah ada banyak sekali orang yang terkait dengan sebuah bisnis sukses online marketing, tentu saja kesempatan yang ada akan semakin besar jika dilakukan dengan nominal yang lebih besar lagi yang berkaitan dengan nilai investasi. Nilai investasi yang lebih besar... Selengkapnya

gajah tunggal

Perbedaan dan Keunggulan Ban Radial Gajah Tunggal dibanding Ban Biasa

T 25 February 2018 F , A jeffsitopu

Sewaktu PT Gajah Tunggal Tbk, sebagai produsen dari ban motor merek IRC Tire, secara resmi merilis produk ban motor radial bertipe RMC 810 di Karawang, banyak konsumen khususnya pengamat otomotif, penasaran apa saja yang menjadi keunggulan dari ban radial dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets

  • Kalau Saat Pagi gini saat buka facebook enaknya bikin status apa coba motivasi & inspiratif
  • Bagi pembeli online rasanya kurang puas kalau tidak tanya2 langsung. Buat penjual online harus tahu solusinya Agar Closing. Mau
  • Analytics Website