7 Fakta Menarik Facebook, No. 2 dan 5 Banyak yang Tidak Tahu

7 Fakta Menarik Facebook, No. 2 dan 5 Banyak yang Tidak Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia dan paling populer di dunia yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg? Mendengar nama Mark Zuckerberg saja sudah pasti jika situs jejaring sosial tersebut adalah Facebook. Bisa dipastikan jika kamu juga memiliki akun Facebook. Iya kan? Bahkan, bisa jadi, kamu juga memiliki Fanspage, bukan hanya akun pribadi saja.

8 Fakta Menarik Tentang Facebook

Dibalik ketenaran Facebook, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang media sosial ini yang belum banyak diketahui. Paling tidak, ada 8 fakta yang bisa jadi kamu juga belum tahu.

facebook

Nama Pertama Facebook

Sebelum ada Facebook yang kamu kenal seperti sekarang, sebelumnya bernama thefacebook.com. Sebelum thefacebook.com, sudah ada Facemash yang menjadi cikal bakal lahirnya Facebook. Facemash digunakan untuk melihat siapa mahasiswa/i yang paling hot dengan membandingkan 2 mahasiswa/i. Gambar diambil dari database Universitas Harvard dimana Mark Zuckerberg kuliah di sana. Pihak Harvard mengetahui jika Mark meretas data kampus dan Facemash ditutup.

11 Januari 2004, thefacebook.com didaftarkan oleh Mark dengan mengusung ide seperti Facemash. Setelah itu, Sean Parke, Co Founder Napster, menemukan situs thefacebook.com di komputer milik pacarnya, ia pun menjadi penasehat tidak formal untuk thefacebook.com.

Juni 2004, Peter Theil, Founder dari PayPal memberikan dana investasi pada thefacebook.com sebesar $ 500.000 dan mendapatkan 10.2% sahamnya. Sean Parker kemudian ditunjuk menjadi presiden dari thefacebook.com. Perkembangan terus berlanjut, investor banyak yang masuk hingga Agustus 2005, thefacebook.com diganti dengan facebook.com seperti saat ini.

Warna Biru pada Facebook

Apakah kamu tahu kenapa Facebook memiliki warna biru? Kenapa Mark tidak memilih warna hijau, kuning, merah atau lainnya? Jawaban dari pertanyaan ini sangat sederhana tapi juga mengejutkan. Ini dikarenakan Mark memiliki kelainan yakni buta warna merah dan hijau. Dia hanya mengenal warna biru. Itulah sebabnya Facebook memiliki warna biru.

10 Orang Terkaya Dunia

Jika dulu Facebook dijual ke Yahoo, mungkin ceritanya akan lain lagi. Pada awal ketenarannya Yahoo ingin membeli sosmed Fb dan semua petinggi menyetujuinya kecuali Mark. Mark memiliki keyakinan jika ini bukan soal uang. Ia ingin menjadikan media sosial ini sebagai tempat untuk menghubungkan semua orang. Alhasil, data terbaru mengatakan pengguna FB yang aktif mencapai 1,59 miliar. Walau gratis, secara otomatis membuat sosial media Facebook memiliki banyak penghasilan dari iklan dan lain sebagainya.

Senin 1 Februari 2016, Forbes mengatakan, penilaian yang dilakukan hingga akhir tahun 2015, menempatkan Mark Zuckerberg tergolong sebagai salah satu dari 10 orang terkaya di dunia. Ia menempati posisi ke 6. Bahkan, ia orang terkaya dan termuda di dunia.

mark-facebook-1

Memiliki 70 Bahasa

Oleh karena penggunanya yang sangat banyak dan tersebar ke seluruh dunia, kecuali beberapa negara saja. Facebook memiliki lebih dari 70 bahasa.

Tombol Like

Pasti sudah tidak asing dengan tombol ‘Like’ pada Facebook. Apakah kamu tahu jika awalnya tombol ini akan diberi nama ‘Awesome’? Namun, pada akhirnya, tombol ‘Like’ yang dipilih. Tombol ini juga baru dimunculkan setelah 6 tahun Facebook berdiri.

Situs No. 2 Pengguna Terbesar Dunia

Karena banyaknya pengguna aktif, sosial media FB menjadi situs dengan pengguna terbesar di dunia kedua setelah Google.

Sistem Down

Apakah kamu tahu jika sistem Facebook sedang down atau tidak dapat online, maka kerugiannya adalah US 25000 (Rp 328.200.000) per menitnya?

Selain 7 fakta tentang Facebook di atas, sebenarnya masih ada satu lagi yang terakhir yakni pendiri Facebook yang bukan hanya Mark Zuckerberg melainkan juga Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *