Beranda » Artikel » 8 Cara Memanfaatkan Status Media Sosial Untuk Jualan Online

8 Cara Memanfaatkan Status Media Sosial Untuk Jualan Online

T Diposting oleh pada 8 December 2017
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 543 kali

Apa yang terpikir pada Anda saat mendengar media sosial? Sudah pasti nama Instagram, Facebook, dan Twitter termasuk media sosial. Jika Anda adalah seorang pebisnis terlebih lagi bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis secara online, melakukan update status media sosial adalah salah satu cara dan sarana memperkuat personal branding Anda serta bisnis Anda.

 

Berbicara tentang personal branding dengan cara yang lebih sederhana dapat juga kita sebut dengan pencitraan diri. Dengan memanfaatkan update status media sosial sebagai sarana bisnis, tidak berarti Anda wajib jualan langsung. Anda hanya cukup melakukan pencitraan tentang diri Anda dan bisnis usaha yang saat ini Anda jalankan. Pencitraan disini sudah pasti bukan pencitraan palsu, tetapi harus sesuai dengan kompetensi atau kemampuan yang Anda miliki.

status jualan online

Ciptakan Personal branding sesuai kompetensi yang dimiliki sendiri.

Sebagai contoh, seseorang memiliki kemampuan dalam memasak, maka hal krusial yang wajib ditunjukkan adalah citra dirinya sendiri sebagai ahli masak. Dengan cara saling berbagi tips dan info seputar masakan atau hanya sekedar menceritakan pengalaman proses saat di mana Anda mencoba untuk mengeksplore resep yang baru Anda dapatkan. Di bawah ini adalah beberapa cara memanfaatkan status media sosial untuk jualan online.

 

 

  1. Share Spesifikasi dan Manfaat Produk

update status media sosial

Apabila Anda adalah penjual produk herbal, manfaatkanlah update status media sosial sebagai cara dan sarana untuk saling berbagi tentang spesifikasi dan manfaat produk. Dengan tutur kata gaya bahasa khas Anda, teman atau followers yang membaca update status Anda akan lebih cepat mempercayai Anda dan bisnis online Anda, bahkan dapat larut dalam cerita. Karena Anda tidak mengarahkan pembaca untuk membeli produk namun cukup membangkitkan rasa ingin mengetahui saja, dan dapat disebut sebagai teknik soft selling.

 

Telah dipastikan mereka yang membaca status Anda dan kebetulan memiliki masalah yang sama, akan melakukan konsultasi lebih lanjut dengan Anda. Pada saat konsultasi seperti inilah Anda sebenarnya telah melakukan edukasi market.

 

 

  1. Melakukan Update Aktivitas Harian

Definisi sederhana dari marketing adalah pencitraan. Bila Anda adalah penjual perangkat komputer, maka lakukan pencitraan saat Anda melakukan aktivitas harian. Anda dapat melakukannya dengan cara berbagi foto ketika mengamati aktivitas produksi. Bahkan hanya sekedar berbagi foto saat loading pengiriman stok ke gudang Anda. Namun ingat, pencitraan disini merupakan pencitraan yang sesuai dengan kompetensi dan keahlian Anda. Dan hanya sebagai pengingat sekali lagi, jangan pernah melakukannya secara berlebihan, bahkan sampai berani melakukan pembohongan publik.

 

Cara dan sarana seperti ini dapat menanamkan citra di media sosial jika Anda memang penjual perangkat komputer. Dan dengan tidak sadar pula, orang-orang yang terdapat pada kontak media sosial akan mengingat tentang bisnis Anda. Dan bila suatu saat beberapa orang tersebut membutuhkan perlengkapan komputer, maka berharap Anda adalah orang pertama yang akan mereka hubungi.

 

  1. Sesekali untuk melakukan Hard Selling

Update status yang diikuti dengan melakukan hard selling bukanlah sesuatu hal yang dilarang dilakukan di media sosial pribadi Anda. Anda dapat berbagi foto produk terbaru dan dengan meletakkan harga jual yang menggoda dan mengiurkan. Terlebih lagi disertai dengan potongan harga spesial dan besar-besaran serta berbatas waktu yang terbilang lama.

 

Tidak lupa untuk menuliskan CTA (Call To Action), letakkan nomor Hp atau pin BBM agar orang-orang dapat segera bergegas menghubungi customer service dan Anda pun mulai dapat menerima order dari sang pembeli.

 

Namun mohon diingat, hindari terlalu sering melakukan hard selling pada status media sosial pribadi Anda. Karena kemungkinan orang-orang yang berteman dengan Anda sangat merasa terganggu melihat beranda mereka penuh dengan postingan Anda memperkenalkan produk. Dan bahkan hal terburuk dapat saja terjadi, yaitu banyak dari teman atau followers Anda yang memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Anda di media sosial.

 

  1. Memposting Video

Memposting video tentang produk-produk yang ditawarkan dapat membantu memberikan ramainya toko online Anda atau username Anda. Update status video dapat memberikan upaya sedikit menarik di toko online Anda. Dari posting video tersebut Anda dapat mempromosikan produk yang sedang diskon untuk menarik perhatian konsumen. cara unik membuat video promosi berkualitas

 

  1. Mengubah Display Picture secara Rutin di BBM

Saat Anda mengganti Display Picture akun media sosial Anda, termasuk BBM, maka dengan otomatis pemberitahuan akan muncul pada kolom update. Sehingga dapat diartikan bahwa teman-teman BBM Anda akan mengetahui barunya display picture BBM Anda. Dengan cara ini Anda dapat melakukan promosi tanpa menganggu mereka.

 

  1. Update status yang berkualitas

Selain Display Picture, Anda juga bisa memanfaatkan fitur update status untuk mempromosikan produk Anda. Di sini Anda harus belajar kata-kata promosi agar update status BBM Anda terkonversi dalam penjualan. Ini penting. Misal Anda memberikan  promo diskon 40%. Kata-kata promosinya bisa seperti ini : “Diskon40% untuk anda yang order sampai pukul 12.00wib. Telat satu menit saja, promo hangus!”

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Anda dapat melakukan komunikasi dengan para pelanggan Anda tapi tidak untuk berjualan. Komunikasi dengan membahas hal umum akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bahkan Anda pun juga akan selalu diingat oleh pelanggan. Anda juga bisa melakukan posting beberapa status dan display picture dari testimonial pelanggan Anda yang Anda dapatkan setelah memberikan pelayanan kepada pelanggan Anda. Dengan cara seperti itu maka akan membuat pelanggan lain akan semakin percaya. Harus diingat, marketing tidak harus berjualan secara terbuka. Dengan menjalin komunikasi yang baik kepada pelanggan adalah termasuk bagian dari marketing. Untuk itu mohon jagalah komunikasi dengan para pelanggan Anda.

 

  1. Meningkatkan EdgeRank pada Facebook

status media sosial

Cara memanfaatkan update status lainnya adalah meningkatkan edgerank pada Facebook. Yang intinya ialah agar setiap postingan status Anda terlihat di home semua teman Anda walaupun telah di posting beberapa jam yang lalu. Diantara Anda mungkin pernah berpikir mengapa tidak semua postingan teman Facebook Anda terlihat. Itu karena edgerank yang dimiliki rendah. Cara meningkatkan Edgerank salah satunya adalah rutin memposting. Ketika kita rutin memposting di Facebook, maka teman-teman kita akan melihat dan mereka akan suka, apabila kita memposting hal yang menarik. Sebagai contoh, jika Anda memposting produk jersey, maka kemungkinan teman Anda pecinta club bola pasti akan menyukai postingan Anda.

baca : Manfaatkan 3 Fitur Facebook Ini Untuk Tingkatkan Bisnis

8 hal tersebut sudah sangat jelas menyampaikan pesan kepada sang pengusaha bisnis. Karena banyak sekali beberapa pemilik bisnis yang seolah enggan menggunakan media sosial pribadi untuk dijadikan channel marketing. Padahal mengembangkan bisnis bukan hanya sekedar kualitas produk yang perlu ditingkatkan menjadi lebih baik tetapi kepribadian atau reputasi Anda juga dihitung sebagai pemilik bisnis dan perlu untuk dioptimasi.

 

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk 8 Cara Memanfaatkan Status Media Sosial Untuk Jualan Online

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait 8 Cara Memanfaatkan Status Media Sosial Untuk Jualan Online

manfaat jualan online di mediasosial

Manfaat Jualan Online di Media Sosial

T 4 May 2018 F , A jeffsitopu

Saat ini peran media sosial sering digunakan sebagai tempat atau media terbaik untuk seseorang melakukan suatu pemasaran bisnis, baik kecil maupun besar. Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan pemasaran atau penjualan melalui media sosial memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun... Selengkapnya

belajar seo, jasa seo, seo ilmu marketing

4 Cara Sederhana untuk Belajar Teknik SEO

T 16 August 2014 F , A jeffsitopu

Bagi para blogger pemula mungkin agak terdengar asing dengan yang namanya teknik SEO. Belajar teknik SEO itu sebenarnya sangat penting diterapkan dalam sebuah blog. Hal ini berguna untuk memajukan dan mengembangkan blog yang dimiliki agar menarik lebih banyak pengunjung untuk mengunjungi blog... Selengkapnya

Riset Produk PLR yang Banyak Diminati

T 29 December 2016 F , A jeffsitopu

Bisnis beserta mendayagunakan komputer beserta jaringan internet malah diminati banyak penduduk. Terhitung bisnis jual beli ciptaan PLR. Apakah itu PLR? PLR ialah singkatan sejak Private Label Rights atau juga dapat pula disebut Private Label Reseller Rights. Mirip namanya, bisnis ini... Selengkapnya

+ SIDEBAR

join channel telegram saya

join channel telegram saya

Dapatkan informasi dan bonus gratis saya.. klik gabung sekarang

Twets