Beranda » Artikel » 8 Cara Sukses Bisnis Online di Instagram

8 Cara Sukses Bisnis Online di Instagram

T Diposting oleh pada 13 December 2017
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 371 kali

Di jaman teknologi sekarang ini, bisnis online sudah sangat booming. Dengan banyaknya situs website besar yang dihiasi dengan iklan-iklan para blogger menjadi trik guna menarik para konsumen. Serta diskon besar-besaran yang membuat para pencinta belanja hunting barang kesukaannya.

Di antara meraka berani mengeluarkan dana yang besar hanya untuk menyewa jasa iklan. Namun, ada solusi bagi masyarakat menengah yang tidak mempunyai modal cukup besar tetapi ingin memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Solusi tersebut adalah media sosial.

Banyak media sosial yang digunakan sebagai lahan untuk menawarkan produk dan jasa dari si penjual online. Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi. Untuk saat ini, kita akan membahas tentang 8 cara sukses bisnis online di Instagram.

Bisnis Online Instagram

Dengan hadirnya Instagram di Indonesia mampu membuat sebagian pengguna memanfaatkannya sebagai media berbisnis yang sangat mempermudah dan menguntungkan. Sudah terbukti dengan banyaknya jasa atau produk yang bermacam-macam sangat mudah ditemukan di instagram.

Melakukan jualan online di Instagram tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak. Cukup dengan bermodal smartphone, jaringan internet, serta aplikasi Instagram. Tidak perlu membuat blog atau website, tidak perlu membayar pajak, hanya cukup memiliki akun Instagaram serta followers yang banyak maka jualan online dapat langsung dijalankan. Dengan modal kecil belum tentu menjadi jaminan bahwa mudahnya sukses berjualan online, ada beberapa trik yang wajib dipelajari agar menjadikan jualan online lancar dan mengurangi sedikit resiko yang dihadapi.

Di bawah ini adalah 8 cara sukses bisnis online di Instagram.

  1. Nama Akun Mampu Membawa Pengaruh Besar

Gunakan nama akun yang unik sehingga menjadi ciri khas tersendiri dari toko online Instagram yang dimiliki. Gunakan nama toko online tersebut agar para followers percaya bahwa Anda seorang penjual online dan benar-benar memiliki toko offline. Tidak hanya nama saja, tambahkan juga dengan keterangan yang sangat lengkap dan rinci mengenai toko Anda, lokasi toko tersebut, nomor telepon Anda atau toko Anda, produk atau jasa yang ditawarkan, dan masih banyak lainnya.

  • Nama Toko atau Username :Disarankan untuk tidak membuat nama toko atau username yang sulit di ingat. Gunakan nama toko atau username Instagram yang mudah di ingat, unik dan singkat. Dengan tujuan agar para followers mudah dalam mencari nama toko atau username Anda.
  • Kontak :Tidak ketinggalan harus meletakkan kontak yang Anda miliki agar konsumen mudah menghubungi ataupun memesan produk yang Anda tawarkan. Sisipkan juga sosial messenger, seperti PIN BBM, Line, dan/atau Whatsapp.
  • Lokasi Anda :Jika Anda ingin jualan online Anda bertahan dalam jangka panjang, lokasi toko offline Anda juga harus dicantumkan. Karena suatu saat nanti konsumen sangat membutuhkan alamat pasti dari sang penjual online tersebut. Bila bisnis Anda lakukan di rumah maka cantumkan alamat rumah tersebut, dan bila melalui toko offline anda maka cantumkan juga alamat toko offline tersebut.
  • Keterangan :Keterangan berupa produk yang di jual harus dimiliki oleh setiap akun yang ingin berjualan online agar membantu para konsumen untuk memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan. Seperti menjual perangkat komputer, maka keterangannya adalah menjual perangkat komputer (Monitor, Aksesoris Komputer, Mouse, Keyboard, RAM, dan lain – lain). Dan jangan lupa spesifikasi dari produk yang Anda tawarkan tersebut.

 

  1. Hubungkan Instagram Anda Dengan Sosial Media Lainnya

Wajib diketahui jika Instagram mampu di hubungkan dengan sosial media lainnya. Tentunya hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan followers, product promotion, serta meningkatkan penjualan produk maupun jasa. Sosial media yang dapat Anda hubungkan dengan akun Instagram seperti, Twitter, Facebook, Flickr, dan Tumblr.

Postingan di Instagram juga dapat dibagikan ke sosial media lainnya. Dengan tujuan agar orang mengetahui jika Anda sangat aktif dalam menggunakan Instagram dan bisa menjadi pancingan para pengguna sosial media lain, meskipun hanya sekedar melihat-lihat isi dari profil Instagram anda.

 

  1. Desain Kreatif Pada Tampilan Produk Anda

Bisnis online instagram

Dari mata turun ke hati, kalimat ini cocok untuk para konsumen. Tampilan produk yang di posting mampu menarik perhatian konsumen untuk melihat-lihat produk atau jasa yang Anda tawarkan sebagai penjual online. Anda harus mampu menampilkan produk yang menarik meskipun produk tersebut sebenarnya sederhana. Desain ide kreatif yang dapat membuat orang ingin melihat profil anda secara terus menerus. Desain Grafis adalah salah satu hal penting yang harus bisa Anda kuasai.

 

  1. Cantumkan Slogan-slogan yang Menarik Dalam Postingan Produk

Setiap Anda memposting foto ataupun video, harus dipastikan Anda mencantumkan sedikit slogan-slogan yang menarik agar orang lain semakin penasaran kepada akun toko online Instagram Anda. Contohnya seperti, slogan humor. Dengan tujuan agar mereka sedikit terhibur dengan postingan Anda, tidak sekedar jualan online namun juga memberikan rasa senang kepada mereka yang melihat postingan Anda.

 

  1. Posting Foto atau Video Secara Terkonsep

bisnis online instagram

 

Disarankan untuk tidak melakukan posting foto atau video secara bersamaan dan berlebihan. Misalkan Anda memposting 8 foto, lalu 3 menit kemudian memposting 3 video karena hal tersebut dapat dikatakan tidak terkonsep dan terlihat kurang baik. Posting yang baik adalah posting yang terjadwal dan terkonsep. Sebagai contoh, Anda memposting foto pada pagi hari, lalu untuk postingan berikutnya di siang dan malam hari. Cara ini mampu menampilkan produk-produk anda secara teratur.

Download Free Template Post Instagram dalam channel saya DISINI

  1. Penggunaan Hashtag yang Tepat

Hashtag mampu diartikan sebagai keyword sebuah produk atau jasa. Contoh, Anda menjual produk seperti perangkat komputer, maka hashtag yang dapat Anda tulis tidak hanya satu tapi bisa banyak seperti, #PerangkatKomputer #Monitor #RAMmurahberkualitas dan masih banyak lagi. Jika seseorang mencari perangkat komputer, secara logika orang akan menulis perangkat komputer, dan Hashtag yang Anda gunakan akan menjadi list di hasil pencarian orang tersebut.

 

  1. Keterangan Produk atau Jasa yang Anda Pasarkan Secara Padat, Jelas, dan Detail

Semua penjual online maupun offline pasti akan mempromosikan produk atau jasa secara detail seperti spesifikasi produk, ukuran produk, warna produk, harga produk, dan bagaimana cara pemesanannya. Dengan tujuan mengurangi pertanyaan yang diberikan dari seseorang yang ingin membeli produk tersebut. Detail produk tersebut dapat ditulis langsung pada foto (Watermark) atau melalui kolom dari foto yang diposting atau keduanya sekaligus.

Software Automation Instagram Watermark 

 

  1. Berikan Diskon atau Bonus

Diskon atau Bonus bisa menjadi trik dalam penjualan produk atau jasa online diluar memasang iklan. Berikan diskon pada produk yang ditawarkan agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Diskon yang diberikan akan menjadi pembicaraan konsumen kepada orang terdekatnya sehingga semakin banyak orang yang mengetahui toko online yang Anda miliki di Instagram. Jangan pernah merasa rugi untuk memberikan diskon atau bonus.

Itulah beberapa poin insight yang bisa anda terapkan saat memulai bisnis online di instagram, cara ini tidak menjamin kesuksesan anda tapi ini diantaranya dan semua tergantung konsistensi anda dalam menuju kesuksesan, semoga bisa bermanfaat.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk 8 Cara Sukses Bisnis Online di Instagram

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait 8 Cara Sukses Bisnis Online di Instagram

Lakukan 4 Optimasi Facebook Ads Dan Dapatkan Keuntungan Lebih

T 14 November 2016 F , , A jeffsitopu

Di zaman yang serba digital ini, para pelaku bisnis mulai membanting stir dengan mencoba untuk menerapkan strategi baru terkait dengan kegiatan promosi bisnis yang dilakukan melalui berbagai media online yang saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Tips Facebook ads... Selengkapnya

membangun-web-untuk-adsense

Memahami Cara Bisnis Adsense yang Baik dan Benar

T 28 May 2016 F , A jeffsitopu

Google Adsense adalah program dari Google untuk menjalin kerjasama dengan publisher dalam hal periklanan. Dalam Google Adsense, digunakan sistem PPC (Pay per Click)—yang akan membayar Anda berdasarkan jumlah “klik” pengunjung pada iklan yang ada dalam laman/situs Anda. Biasanya, komisi iklan... Selengkapnya

internet marketing

Internet Marketing Menggunakan Media PPC

T 9 September 2014 F , A jeffsitopu

Dalam melakukan sebuah aktifitas bisnis online, tentu saja tiap orang harus memahami apa itu yang dinamakan internet marketing. Sesuai namanya, ini adalah kegiatan mengenai bagaimana seseorang akan mampu untuk mengembangkan bisnis online mereka pada pasar yang lebih baik lagi. Akan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

join channel telegram saya

join channel telegram saya

Dapatkan informasi dan bonus gratis saya.. klik gabung sekarang

Twets