Belajar Marketing Untuk Bisnis Online

Belajar Marketing Untuk Bisnis Online

Belajar Marketing – Sesungguhnya setiap orang telah memiliki kemampuan marketing atau memasarkan. Dalam kehidupan sehari-hari kemampuan marketing ini sudah digunakan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Misalnya saja saat melamar pekerjaan atau dalam peristiwa yang sederhana yakni saat menawarkan kepada seseorang untuk makan, mencicipi kue yang dihidangkan dan situasi sejenis lainnya. Tanpa disadari dalam situasi tersebut, kemampuan marketing sudah digunakan. Nah untuk keperluan bisnis, kemampuan ini perlu diperdalam dengan cara belajar marketing secara lebih terarah.

Kemampuan marketing untuk keperluan bisnis perlu diperluas untuk menarik konsumen, memperkenalkan suatu produk dan jasa, bersaing dengan para pebisnis lainnya, dan yang terpenting adalah untuk meningkatkan keuntungan. Kemampuan marketing ini juga perlu dipelajari bagi mereka yang ingin terjun dalam dunia bisnis.

Belajar Marketing untuk Keperluan Bisnis

Marketing adalah segalanya bagi sebuah bisnis. Lalu apa saja yang perlu dipelajari berkaitan dengan marketing ini? Untuk keperluan bisnis, belajar marketing bisa dimulai dengan mempelajari unsur-unsur dalam strategi marketing. Unsur-unsur strategi marketing ini terdiri dari lima unsur yakni menentukan target pasar, merencanakan produk, komunikasi dan promosi, distribusi produk, serta harga. Pengetahuan mengenai kelima unsur strategi marketing ini bisa digunakan baik dalam bisnis yang dijalankan secara online maupun dalam bisnis konvensional.

bisnis sukses, belajar bisnis online,

Unsur penentuan target pasar menjadi materi belajar marketing yang penting untuk dikuasai mengingat pasar yang ada begitu luas. Terlebih pada bisnis online, pasar yang ada sangatlah luas tak hanya dalam negeri saja tetapi juga bisa merambah hingga ke luar negeri. Karena itu, seseorang yang hendak berbisnis perlu menentukan terlebih dahulu pasar mana yang hendak dibidik. Dengan cara ini, maka pebisnis akan lebih terfokus. Misalnya saja jika ingin membidik pasar ibu-ibu, maka seorang pebisnis perlu mengetahui komunitas-komunitas tempat para ibu berkumpul dan juga media yang kerap dipilih oleh para ibu untuk mengakses informasi.

Unsur penentuan target pasar ini berkaitan erat dengan unsur perencanaan produk. Setelah menentukan target pasar, selanjutnya seorang pebisnis bisa menentukan segala hal yang berkaitan dengan produk. Misalnya saja, jenis produk yang ditawarkan, kemasannya, hingga ukuran produk yang ditawarkan. Hal-hal yang berkaitan dengan produk ini perlu disesuaikan dengan pengetahuan dan minat yang umumnya dimiliki oleh para ibu.

Materi belajar marketing yang memegang peranan penting dalam unsur strategi marketing adalah komunikasi dan promosi. Komunikasi dan promosi ini meliputi kegiatan memperkenalkan produk, menjalin hubungan dengan para konsumen dan memanfaatkan penggunaan berbagai media untuk melakukan promosi. Seiring perkembangan teknologi, komunikasi dan promosi ini pun mulai memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya saja dengan memanfaatkan website, email marketing, dan juga situs jejaring sosial.

Unsur komunikasi dan promosi ini perlu didukung dengan distribusi produk yang tepat sehingga produsen, agen dan konsumen merasa puas. Berkaitan dengan distribusi produk ini, seorang pebisnis harus bisa memastikan bahwa produk-produknya dikirimkan tepat waktu, terjamin dan sampai kepada konsumen.

Sementara itu unsur harga dalam strategi marketing memegang peranan penting dalam persaingan dengan produk sejenis. Manajemen harga bisa diterapkan untuk menarik minat konsumen, misalnya saja dengan membuat program harga promosi, menentukan harga khusus untuk agen atau reseller dan juga harga eceran suatu produk.

Belajar Marketing – Memanfaatkan Teknologi Untuk Marketing

Belajar marketing bukan berarti hanya mempelajari materi-materi khusus mengenai marketing saja. Sebab seiring dengan kemajuan teknologi, kegiatan marketing tidak bisa dipisahkan dengan teknologi. Karena itu jika ingin mempelajari marketing, maka pelajari pula marketing yang memanfaatkan teknologi. Salah satu kegiatan marketing dengan memanfaatkan teknologi internet adalah melalui website atau blog. Website atau blog bisa digunakan sebagai gerai atau toko, dan juga bisa berperan sebagai kantor yang memperkenalkan profil bisnis. Selanjutnya, pemilik bisnis bisa melakukan promosi untuk meningkatkan kunjungan konsumen ke website atau blog. Misalnya saja dengan menggunakan banner iklan, artikel SEO, email marketing atau dengan mengkombinasikan berbagai cara tersebut.

Tampilan website atau blog pun penting diperhatikan untuk mendukung kegiatan marketing. Website atau blog harus dirancang agar memiliki tampilan yang menarik dan mudah diakses oleh konsumen. Desain yang menarik ini sebaiknya tidak rumit. Sebab desain yang rumit hanya akan membuat konsumen kesulitan untuk mendapatkan informasi yang ingin mereka dapatkan. Website atau blog ini selanjutnya bisa dipromosikan dengan memanfaatkan situs-situs jejaring sosial. Karena itu saat belajar marketing untuk bisnis online, pelajari pula mengenai situs jejaring. Situs jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing. Misalnya saja dengan memanfaatkan Twitter atau Facebook.

Belajar marketing untuk bisnis online sesungguhnya tak jauh berbeda dengan mempelajari marketing untuk keperluan bisnis konvensional. Letak perbedaannya hanyalah pada media yang digunakan dan teknik-tekniknya. Sedangkan dasar-dasar marketing yang dipakai sebenarnya tidaklah berbeda. Dalam marketing online, seorang pebisnis dituntut untuk terus menambah pengetahuannya terutama yang berkaitan dengan teknik-teknik promosi secara online.

Pada kegiatan marketing secara online, komunikasi dengan konsumen pun perlu dibangun meskipun pengelola bisnis tidak secara langsung bertatap muka dengan konsumennya. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan memberikan ruang berkonsultasi untuk konsumen, pemberian tempat untuk memberikan testimoni, menampilkan informasi pendukung yang bermanfaat untuk konsumen, membangun video yang berisi informasi pendukung dan lain sebagainya. Komunikasi ini sesungguhnya tak hanya bermanfaat untuk mempertahankan konsumen tetapi juga untuk menarik konsumen baru.

Belajar marketing memang tak bisa dilakukan hanya dalam sekali waktu tertentu saja. Belajar mengenai marketing perlu dipelajari terus menerus sambil menerapkannya di dunia bisnis. Pengalaman demi pengalaman yang dilalui akan semakin menambah kemampuan marketing seorang pelaku bisnis. Nah, dari penjabaran mengenai marketing tersebut, pada intinya kunci utama dalam marketing adalah sikap optimis dan tidak mudah menyerah, promosi dan memperluas jaringan. Dengan memegang ketika kunci utama ini, maka kegiatan marketing dalam bisnis baik yang dijalankan secara online ataupun konvensional akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *