Belajar WordPress

Belajar WordPress

Bagi Anda yang selama ini sudah akrab dengan teknologi internet pasti sudah akrab dengan fasilitas yang disebut blog. Blog bisa kita umpamakan sebagai catatan yang sifatnya terbuka dan dapat dibaca oleh siapa pun yang dapat mengakses internet. Pada blog ini kita bisa menuliskan semua semua hal sesuai minat kita, seperti misalnya menulis cerpen, membahas tentang politik dan ekonomi, atau sekedar catatan pribadi seperti buku harian. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara bermitra dengan web penyelenggara iklan. Di sini blog kita berfungsi sebagai sarana promosi suatu produk atau online shop. Berikut ini adalah cara mudah belajar wordpress untuk membuat blog kita sendiri.

Cara-Belajar-Wordpress

Belajar wordpress

WordPress adalah website yang menyediakan software blog berbayar atau gratis yang dapat diinstal pada web hosting kita. Bila kita berniat untuk membuat blog menggunakan domain dan hosting, kita harus membeli terlebih dahulu untuk blog Anda domain dan hosting tersebut. secara simple dapat digambarkan langkah-langkahnya adalah, membeli hosting dan domain, membeli paket hosting dan domain, lalu menginstal software blog wordpress. Bagi orang awam memang agak membingungkan, oleh karena itu Anda perlu belajar wordpress terlebih dahulu untuk mengetahui prosedurnya.

Domain dan hosting

Yang dimaksud domain adalah nama yang nantinya digunakan untuk website adresse Anda di internet, jadi bila Anda pengguna internet yang ingin membaca blog/website Anda, ia harus mengetikkan alamat web tersebut pada bar. Untuk nama website sebaiknya pilih yang sesuai dengan tujuan Anda membuat blog tersebut atau secara singkat dapat menunjukkan isi blog Anda. Sementara hosting adalah daerah yang digunakan untuk menempatkan file-file website Anda pada server yang terhubung dengan internet pastinya.

Setelah membeli domain dan hosting maka langkah berikutnya adalah menginstal blog wordpress. Pertama login lah pada cpanel hosting tempat Anda mendaftar dan selanjutnya alamat cpanel bisa Anda peroleh pada webhosting Anda. Untuk membuka blog Anda, pada bar Anda tinggal mengetikkan domainanda.com/cpanel, lalu login seperti biasa dengan username dan kata kunci.

Setelah itu Anda bisa belajar pada video tutorial yang tersedia cara memanfaatkan fasilitas pada cpanel dengan optimal. Atau untuk tau dengan lebih detail, Anda bisa memanfaatkan panduan resmi wordpress yang tersedia pada website learn.wordpress.com. pada halaman itu Anda bisa mencari informasi bagi pengguna internet yang, ingin membuat blog tetapi tidak tahu dari mana harus memulai (Wants to create a blog but isn’t quite sure where to start), membutuhkan bantuan untuk memilih tema blog (needs help choosing a blog topic), ingin mengerti lebih jelas tentang blog dan bagaimana cara kerjanya (Wants to better understand how blogging works), dan tertarik untuk memperoleh banyak pengunjung pada blognya (Is interested in attracting more blog visitors). Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dalam belajar wordpress untuk bisnis.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *