Cara Berjualan Online

Cara Berjualan Online

Cara jualan online – Meski sama-sama jualan, antara jualan offline dan online jelas memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Karena itulah, orang-orang yang sukses berjualan offline, tidak bisa dikatakan serta-merta akan sukses ketika merintis bisnis online. Cara jualan online shop cenderung soft selling, pembeli juga kebanyakan terdiri dari komunitas-komunitas, ada skill khusus dalam memainkan smartphone, media sosial, internet, dan lain sebagainya.

Cara Jualan Online

Berikut ini akan dijelaskan beberapa trik agar produk-produk yang Anda jual laris dan memperoleh keuntungan besar.

1. Kumpulkan calon pembeli, baru jual produknya

Perilaku pembeli online sangat berbeda dengan pembeli offline. Umumnya pembeli online seperti yang dikatakan sebelumnya, bersifat komunitas-komunitas.

Mereka cenderung suka mereferensikan sesuatu dan membicarakan pengalaman-pengalamannya kepada yang lain. Dan mereka cenderung fanatik dengan saran teman komunitasnya.Fenomena itu bisa berarti baik sekaligus buruk bagi seorang penjual online. Pasalnya, jika melakukan suatu kesalahan dalam pelayanan kepada anggota mereka, maka akan langsung diblacklist seketika.

Namun, jika mereka merasa nyaman dan puas dengan pelayanan Anda, maka bisa kebanjiran order gara-gara costumer itu mempromosikan Anda ke komunitasnya.Umumnya para online shop yang sukses membidik pasar ini, dibandingkan costumer-costumer yang musiman alias kadang beli online kalau sedang ingin, tapi jarang. Meski, bukan berarti juga meninggalkan pasar itu.

Nah, jika ingin membidik pasar komunitas, maka hukum give and take, harus dilakukan. Ini sudah seperti mutlak. Jadi Anda jangan buru-buru banyak berjualan dengan mereka. Namun, jadilah bagian dari komunitas mereka. Anda harus banyak memberikan informasi-informasi positif, aktif berinteraksi, dan ikut kegiatan mereka.

Maksimalkan media sosial untuk berbagi dengan mereka tentang bidang yang Anda kuasai. Tentang info-info seputar kehidupan mereka dan mereka butuhkan. Dengan begitu, secara otomatis media sosial Anda pasti akan banyak diikuti oleh mereka.

Umumnya mereka juga memiliki group di media sosial. Ikutilah group mereka. Dan jangan buru-buru langsung jualan. Tapi, berikan sesuatu yang Anda miliki, dari keahlian, hobi, dan juga informasi. Dan apa yang Anda lakukan itu adalah mengumpulkan calon pembeli.

Selanjutnya, group dan juga follower media sosial Anda itu kemudian menjadi pasar jualan Anda.Jika Anda sudah banyak memberi, tentunya mereka akan aware dengan Anda. Setelah itu, baru juallah produk-produk online shopnya.

2. Ceritakan pengalaman Anda, itulah cara jualannya

Pada dasarnya hampir semua orang tidak suka jika disuruh membeli produk orang. Meskipun itu saudara atau teman. Kalaupun mereka akhirnya membeli produk yang Anda jual, bisa dipastikan itu karena rasa tidak enak atau kasihan.

Memang Anda sebagai penjual sukses untuk kali itu, tapi untuk kedua atau ketiga kalinya jika Anda mencoba untuk menjual kepada mereka, kemungkinan besar peluang gagalnya lebih besar.

Umumnya mereka jadi merasa lebih berani untuk menolak dengan halus dibandingkan terpaksa membeli karena rasa tidak enak.Ini berbeda halnya jika Anda memakai strategi yang berbeda. Anda menceritakan pengalaman Anda memakai produk tersebut di media sosial atau media online lain. Tapi tidak perlu mengatakan bahwa Anda menjualnya. Orang akan lebih merasa aware. Tidak sedang diprospek. Mungkin tidak langsung akan ada yang bertanya dan mengatakan berminat membeli.

Tapi kenyamanan mereka bisa membuat mereka percaya kepada Anda. Mungkin dipostingan Anda selanjutnya, mereka akan mulai bertanya dan meminta informasi bagaimana cara untuk membelinya. Dan setelah itu, jika memang mereka merasakan apa yang Anda rasakan saat memakai produk tersebut, kemungkinan besar mereka akan order lagi untuk kedua, ketiga, bahkan bisa menjadi langganan. Mereka pun umumnya akan turut mempromosikan Anda tanpa Anda minta. Ya, begitulah pola berjualan online.

3. Cara menjual produk harga mahal jadi terlihat murah

Terkadang banyak penjual online kesulitan menjual produk yang harganya. Ada trik untuk produk yang harganya mahal agar tetap laris manis seperti produk harga murah.

Bagaimana caranya?

Perlu Anda ketahui bahwa orang menganggap sebuah produk harganya mahal adalah karena beberapa hal, diantaranya; karena harga produk itu lebih mahal dibandingkan produk sama di toko online lain dan produk itu terlihat sama saja dengan produk sejenis lain.

Karena alasan itulah, akhirnya mereka beranggapan bahwa produk Anda tidak layak dijual lebih mahal.Agar produk itu menurut logika mereka layak untuk dihargai mahal, maka Anda harus menunjukkan bahwa kualitas produk lebih baik dari produk lain sejenis.

 

Itulah 5 cara jualan online paling efektif yang sampai saat ini sukses berhasil menjual berkali kali kepada market anda. semoga bermanfaat

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *