Cara Buat Toko Online Gratis

Cara Buat Toko Online Gratis

Di jaman sekarang ini rasanya kurang afdol kalau  bisnis yang Anda jalani tak dibuat go online atau system marketing dengan metode e-commerce. Untuk itu bagi Anda yang awam dengan teknologi computer dan terutama internet segeralah mempelajarinya terutama dalam hal cara buat toko online. Dengan membuat bisnis go online omset Anda bisa meningkat secara drastis karena calon pelanggan Anda tak terbatas oleh tempat lagi. Inilah tutorial sederhana untuk Anda yang ingin membuat online shop secara gratis.

 

Cara buat toko online praktis dan tak berbayar

Membuat online shop sesungguhnya tidaklah sulit karena dapat Anda lakukan dalam beberapa langkah saja dan dalam waktu singkat langsung dapat digunakan sebagai ‘etalase’ di dunia maya untuk produk-produk Anda. Sebagai permulaan Anda juga bisa menggunakan domain gratis asalkan dapat bersaing pada mesin pencari Google.  Nah, inilah tutorial lengkap cara buat toko online untuk  Anda.

Cara Buat Toko Online

Bila seseorang ingin membuat online shop sendiri, ada 3 hal yang perlu disiapkan yaitu domain, hosting, dan template atau theme. Bila Anda sudah menguasai cara pembuatannya berikutnya Anda bisa melakukan sendiri trial and error sehingga lambat laun akan mahir.

Baca Ini ==> Template Landingpress Solusi Mudah Toko Online

  1. Carilah domain atau nama yang nantinya digunakan sebagai alamat web Anda

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa definisi domain adalah nama sekaligus alamat toko online milik Anda sesuai dengan domain yang Anda beli, misalnya, www.casehp.com atau yang lainnya. Pada umumnya domain yang ideal adalah yang unik sekaligus mudah diingat sehingga orang mudah mengetikkannya pada browser untuk menemukan toko tersebut. Nama yang unik juga merupakan salah satu upaya branding bagi bisnis kita.

  • Bila Anda ingin online shop tak berbayar berarti Anda harus membuatnya dari Sub Domain yang disediakan oleh  penyedia jasa blog gratis. Yang populer di kalangan para pebisnis online shop adalah blogspot.com / blogger.com dan wordpress.com. Untuk membuat akun toko online sebelumnya Anda harus mempunyai email terlebih dahulu.
  • Bila bisnis Anda semakin berkembang akan lebih ideal bila Anda menggunakan domain berbayar agar lebih terlihat professional. Dengan demikian alamat online shop Anda akan berekstensi .com, .net, .org, atau yang lainnya.
  1. Menyediakan hosting

Langkah berikutnya cara buat toko online adalah memikirkan tempat menyimpan data produk milik  Anda serta database dari online shop Anda yang disebut hosting. Ringkasnya hosting adalah server atau tempat menyimpan  data online yang nantinya akan dikunjungi oleh visitor online shop Anda via internet. Bila Anda membuat online shop tersebut dari blogspot.com maka untuk ruang  penyimpan data tak perlu membayar alias cuma-cuma.

 

Selain hosting gratis Anda juga bisa menggunakan hosting berbayar sehingga setiap bulannya Anda harus menyiapkan dana tersendiri untuk keperluan tersebut. Dengan hosting berbayar Anda tak perlu lagi repot mematuhi berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh pemilik blog gratis yang berwenang menghapus blog mana saja yang dianggap melanggar peraturan mereka. Jenis-jenis toko online berbayar adalah CMS WordPress.

  1. Mengatur Template

Berikutnya adalah mengatur skin atau tampilan online shop milik kita sehingga tampak menarik dan membuat visitor berminat untuk  mengakses web Anda. Dengan membuat blog pada blogspot Anda akan memperoleh fasilitas template gratis dengan beragam pilihan. Untuk itu sebelumnya Anda harus mengunjungi web penyedia layanan tersebut dan mengunduh desain yang Anda inginkan. Berikutnya Anda harus login pada blogspot dan unggah desain template tersebut di sana.

Lihat Review Software Orderlink Disini

Nah,tak sulit bukan mempraktekkan cara buat toko online secara gratis pada Blogspot. Selanjutnya gunakan teknik SEO untuk membuat blog Anda ramai dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *