Kiat-kiat Menjalani Bisnis

Kiat-kiat Menjalani Bisnis

Di era yang semakin berkembang ini pengangguran semakin merebak luas karena sedikitnya lapangan pekerjaan, sehingga terjadi keterperukan dalam ekonomi. Mau tak mau, seseorang keluar dari zona itu dengan membuka usaha untuk dirinya sendiri dan orang yang dicintainya. Namun, ada juga yang sudah memulai berbisnis tapi masih mengalami kegagalan dengan cepat maupun lambat.

sumber: pixabay.com

Untuk mengatasi itu semua, dalam berbisnis kita memerlukan kiat-kiat untuk menggapai kemenangan atau mengembangkan apa yang sudah kita miliki dan jalani. Sehingga, kita dapat menghindari keterpurukan itu. Dengan kata lain, walaupun kita sedang tidak berada di bawah titik rendah, atau mengalami kebangkrutan, setidaknya kita sudah mengantisipasi hal itu.

Selain itu, kita bisa mengembangkan bisnis kita ke depannya untuk lebih maju dan gemilang. Karena, di era modernisasi ini persaingan bisnis semakin ketat dan kejam. Untuk menggapai kemenangan, banyak orang yang mulai sikut-menyikut.

Berikut ini, merupakan beberapa kiat dalam menjalani bisnis.

  1. Realistis
    Kiat pertama, dalam melakukan inovasi terbaru sangat dianjurkan dalam menjalani bisnis. Namun, kita harus realistis alias berdasarkan logika yang ada. Karena, jika kelogikaan ide berada di luar batas kewajaran, maka ide itu hanya menjadi mimpi belaka. Boleh kita berangan-angan. Namun ingat! Jangan kita terlena oleh mimpi.

    Mimpi bukanlah impian. Yang kita gapai adalah impian, bukan mimpi.

    Jika mimpi, kita cukup tidur saja untuk menggapainya. Tapi impian, kita perlu menggapai dengan usaha juga keringat kita. Jangan terbuai dengan bisnis yang sekiranya memiliki keuntungan yang sangat besar. Karena kita akan terlena dan lupa akan resiko yang sebenarnya sudah di depan mata kita.

  1. Pelajari Bisnis
    Kiat kedua, jika kita sudah memiliki ide atau inovasi untuk menjalankan suatu bisnis, maka kita perlu mempelajari ide tersebut. Karena, nanti kita akan kerap berkutik di dunia yang kita buat sendiri itu. Pelajari ide bisnis kita dengan cermat dan tepat!

    sumber: pixabay.com

    Apa yang perlu kita pelajari? Dari segi produknya, kita bisa memperhatikan antara kelemahan dan keunggulan produk kita. Kalau perlu, kita sesering mungkin membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan produk kita, sehingga kita memiliki wawasan yang luas tentang produk kita.

  1. Bidang Bisnis
    Kiat ketiga, tentukan bidang apa yang sesuai dengan bisnis kita. Kalau bisa, bidang tersebut merupakan bidang yang sudah kita kuasai. Karena, hal itu akan mempemudah kita dalam menjalani bisnis tersebut. Selain itu, kita bisa mengembangkan bidang apa yang sudah kita kuasai. Bidang usaha ini yang akan kita pelajari juga nantinya.
    Masih bekaitan dengan kiat bisnis sebelumnya. Dengan adanya bidang yang sudah kita kuasai, maka kita sudah hapal benar bidang yang kita jalani saat berbisnis. Selayaknya, kita akan selalu berdiri dan berjalan di suatu tempat yang kita tentukan. Tinggal memilih, dibunuh, atau membunuh.
  1. Kelompok atau Komunitas Bisnis
    Kiat keempat, milikilah suatu kelompok atau komunitas tersendiri yang bersangkutan dengan bisnis kita. Jika tidak ada, terjun atau buatlah suatu kelompok atau komunitas itu sendiri yang berkaitan. Dengan demikian, secara otomatis kita akan memiliki calon pelanggan atau konsumen.
    Walaupun begitu, kita harus tetap memperluas jaringan kita. Apalagi sekarang sedang maraknya media sosial di zaman yang serba canggih ini.
    Dengan adanya media sosial, sebenarnya semakin mudah kita dalam menjalani bisnis. Seperti facebook, kita bisa membuat fanspage atau grup di media sosial tersebut untuk membuat jaringan bisnis kita. Karena, aset berharga dalam berbisnis adalah manusia yang mau bekerja sama dengan kita.
  1. Analisis Bisnis
    Kiat kelima, selain kita mempelajari ide bisnis yang kita miliki, kita juga harus menganalisa ide bisnis kita sendiri. Dengan cara memperhatikan produk, juga memperhatikan pasaran yang sesuai dengan bisnis kita. Tetap, kita harus menganalisa bisnis secara berkala, agar tak surut ke depannya.
    Berbeda dengan mempelajari, menganalisis adalah suatu kegiatan untuk mencari solusi terbaik dalam bisnis kita. Dengan begitu, maka kita akan menemukan titik terang dalam kegelapan kita sendiri. Kita cari tahu, apa yang sebenarnya terjadi dalam bisnis kita.
  1. Lokasi Bisnis
    Kiat keenam, penting untuk dikaji. Lokasi bisnis sangat menunjang dalam menjalani bisnis. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang sangat menunjang dalam menjalani bisnis. Dengan adanya lokasi yang tepat, maka bisa dikatakan bisnis kita tepat. Tempat yang ramai sangatlah menunjang juga.
    Lokasi mana yang strategis untuk bisnis kita? Tergantung pada produk  apa yang hendak kita pasarkan. Ketepatan lokasi yang berkaitan dengan produk yang kita tawarkan, maka kita sudah menempatkan produk kita di suatu tempat yang tepat. Sehingga, jangan sampai kita salah memilih tempat dalam berbisnis. Jangan sampai kita memilih tempat yang dapat membunuh bisnis kita sendiri.
  1. Relasi Bisnis
    Kiat ketujuh, sebenarnya berkaitan dengan kiat keempat. Namun, kiat ini lebih berkembang. Setelah kita memiliki pelanggan atau konsumen, rawatlah pelanggan itu. Sehingga, pelanggan percaya akan keramahan kita.

    Menjalin dan merawat hubungan dengan pelanggan, maka tentramlah bisnis kita.

    Perlu kita ingat, jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan kita! Karena, kepercayaan orang pelanggan merupakan hal yang paling berharga dalam menjalani bisnis.

  1. Mindset
    Kiat kedelapan, merupakan kiat yang mengandalkan kebatinan. Bukan dengan dukun, melainkan dengan pikiran kita sendiri. Hal ini memerlukan keyakinan yang tinggi. Sebelum menjalani bisnis, maka diperlukanlah keyakinan yang tinggi. Yakinlah, bahwa bisnis kita akan jalan dan sukses. Jika kita tidak bermain mindset dan keyakinan, maka jangan mencoba untuk menjalani bisnis!
    Dengan mindset, maka kita akan siap untuk menghadapi reskio yang akan terjadi di depan mata. Mindset kita tidak akan kalah akan adanya keadaan yang kerap berubah-ubah.

Itulah kiat-kiat dalam menjani bisnis yang semoga dapat bermanfaat bagi kita untuk menghindari keterpurukan ekonomi di era globalisasi ini. Dengan adanya kiat-kiat yang kita jalani, maka bisnis kita memiliki kemungkinan besar untuk sukses.

Namun, di atas bukanlah kiat-kiat yang jitu. Setidaknya, kiat-kiat tersebut dapat  membantu kita dalam menghindari keterpurukan atau kebangkrutan dalam berbisnis. Selain kiat-kiat tersebut yang kita jalani, kita juga perlu TAKE ACTION!

Percuma, jika kita hanya berangan, membaca, dan mendengarkan saja. Segera melangkahlah untuk menggapai impian. Jangan lupa akan adanya Tuhan! Percuma juga, jika hanya berjalan saja, tanpa adanya campur tangan Tuhan. Karena sesungguhnya, rezeki adalah Tuhan yang mengatur. Hanya saja kita sebagai manusia perlu berpikir dan berusaha, dengan cara apa kita mengambil rezeki itu.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *