Langkah Awal Bisnis Online

Langkah Awal Bisnis Online

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman di dunia bisnis, Anda bisa menerapkan langkah-langkah awal bisnis online yang Saya paparkan berikut ini. Apalagi, sekarang di era yang serba teknologi ini mulai marak orang berbisnis ke dunia digital alias menggunakan media online sebagai alat marketingnya. Mengawali langkah dalam membangun sesuatu khususnya bisnis online pasti akan terasa tidak mudah untuk dilakukan. Karena beban pikiran yang menggangu dengan mindset “Apa yang harus dilakukan dan dari mana memulainya.”

Mindset Bisnis online

Sebenarnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Karena mulai banyak beberapa artikel yang memuat tentang langkah-langkah berbisnis online. Sebenarnya yang perlu dikhawatirkan adalah “Bagaimana Anda mengatur pola pikir Anda untuk sukses.”

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak peluang yang bisa kita dapatkan khususnya di dunia bisnis atau marketing. Namun dalam memulainya itu yang sering menjadi pertanyaan dan kegelisahan bagi kita semua.

Ada baiknya Anda menentukan dan mengetahui jenis bisnis online apa yang akan Anda jalani. Karena jenis bisnis online sudah mulai marak di dunia bisnis yang membuat jenis bisnis online semakin beragam dan bervariasi dengan kriteria yang berbeda-beda. Beragam jenis bisnis online, ada yang bisnis affiliate, strategi facebook ads, marketing online, toko online, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya dari beragam jenis bisnis online tersebut, memiliki langkah awal yang sama. Beriku ini beberapa langkah awal untuk memulai bisnis online.

Langkah awal memulai bisnis online

1. Serius

Dalam menjalankan apapun, kita diuntut untuk serius. Karena sesuatu yang diawali dengan serius, maka hasil yang didapatkan juga serius.

Jangan pernah mengatakan bahwa Anda melakukan dengan coba-coba.

Dari kutipan di atas, kita tahu, bahwa kita tidak boleh menganggap suatu hal yang kita kerjakan adalah bahan uji coba semata. Namun, perlu keseriusan bahwa itu adalah bisnis Anda. Sehingga hasil yang serius kita bisa dapatkan.

2. Sikap Mental Positif

Terkadang sikap positif itu sangat diperlukan, apalagi dalam dunia bisnis. Sikap positif ini perlu dipelajari dan diterapkan dalzam keseharian kita agar dunia yang kita jalani sekarang dapat berjalan indah dan bahagia. Bayangkan jika kita memiliki aura-aura positif, pasti kita akan merasakan bahagia dan memberi aura positif di sekeliling kita. Beberapa sikap positif itu di antaranya:

  • Mau belajar dengan serius
  • Mau bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Punya mimpi yang besar dan terukur
  • Mau mengambil resiko

Jika Anda menerapkan sikap-sikap positif di atas, kemungkinan besar Anda akan bisa meraih kesuksesan yang sudah di depan mata Anda.

3. Cari yang Gratis Dahulu

Jika Anda baru terjun di dunia bisnis online, ada baiknya Anda memulainya dengan bisnis online yang tanpa modal terlebih dahulu. Karena dengan adanya modal nol, maka resiko Anda pun nol. Jangan terburu-buru untuk menggunakan modal besar dalam memulai bisnis online. Karena Anda belum mengetahui bagaimana seluk-beluk persaingan bisnis online. Di mana pun kita berada, pasti kita memiliki kompetitor bisnis kita. Apalagi di dunia online, kompetitor ada di mana-mana. berbeda dengan bisnis offline yang mungkin kompetitornya ada di sekeliling tempat di mana kita membangung bisnis tersebut. Maka, ada baiknya Anda menggunakan modal nol terlebih dahulu sebagai bahan pembelajaran Anda dalam berbisnis online. Bukan coba-coba, melainkan belajar.

Apalagi, sekarang makin maraknya penipuan di dunia online. Seperti iming-iming yang besar sehingga perlu modal yang banyak dalam melakukan bisnis online, ternyata itu hanya bisnis bodong alias penipuan dalam dunia teknologi. Jangan pernah terkecoh!

4. Fokus

Dalam memulai bisnis, khususnya bisnis online, Anda harus fokus pada satu produk dahulu. Jangan memulainya dengan berbagai produk yang membuat Anda tidak fokus. Hal ini akan menyebabkan Anda menjadi gagal dalam berbisnis.

Lebih baik memiliki satu produk daripada memiliki banyak produk yang membuat kita tidak mendapatkan apa-apa.

Dengan kata lain, Anda dituntut untuk fokus pada satu produk saja dalam berbisnis online. Jika Anda memiliki banyak produk, maka Anda tidak akan bisa fokus pada satu titik, sehingga Anda tidak akan mendapatkan apa-apa alias hanya tangan kosong yang Anda dapatkan.

5. Melihat Masa Depan

Dalam langkah yang Saya beri ini, Saya meminya Anda untuk menatap masa depan. Bukan berarti Saya meminta Anda untuk menjadi peramal, melainkan Anda perkirakan, masa depan apa yang Anda harapkan. Karena dengan begitu sama halnya Anda sedang melakukan planning atau menulis list impian untuk Anda. Seperti pada artikel kemarin, impian bukanlah mimpi. Mimpi bisa dicapai dengan tidur, sedangkan impian dicapai dengan Take Action!

Anda bisa membuat daftar keinginan atau harapan-harapan apa yang Anda inginkan. Lalu Anda pasang di kamar Anda, agar ketika setiap Anda terbangun dari tidur, Anda tidak lupa bahwa Anda memiliki impian-impian yang harus segera Anda capai.

hal seperti ini sering Saya terapkan dalam keseharian Saya. Jadi, Saya ingin Anda juga menerapkan langkah ini untuk mengawali langkah Anda.

6. Memilih Produk

Jangan sembarangan memilih produk yang akan Anda jual di bisnis online. Dalam memilih produk pun Anda tidak harus memilih produk yang berjenis seperti digital product seperti e book, tools, software, dan sebagainya. Anda bisa memilih produk yang berjenis dan berbentuk fisik seperti makanan, pakaian, mainan, atau yang lainnya.

Dalam memilih produk yang akan Anda jual, sebaiknya Anda memilih produk yang sekiranya Anda pahami dan mudah Anda pahami. Agar Anda dapat menjelaskan detil produk Anda ke calon customer atau konsumen. Jangan sekali-kali Anda menjual produk yang tidak Anda ketahui. Sama halnya Anda menjual barang kosong. hal ini akan membuat customer Anda semakin tidak percaya kepada Anda. Anda saja tidak mengetahui produknya, bagaimana dengan customernya. Atau bagaimana Anda bisa menjelaskan ke customer, jika Anda tidak memahami benar produk Anda.

Sehingga, jika Anda sudah menentukan produk mana yang akan Anda jual di bisnis online, maka Anda perlu mempelajari product knowledge-nya. Seperti bahannya apa, jenisnya bagaimana, keuntungannya bagaimana, dan lain sebagainya yang dapat menunjang dalam penjualan Anda.

7. Membuat Blog atau Web Gratis

Jika Anda baru memulai bisnis online, sebaiknya jangan membuat web yang berbayar. Anda cukup membuat web gratis atau blog. Jika keuntungan sudah terkumpul banyak, baru Anda bisa melanjutkan web Anda menjadi web yang berbayar.

Saran berikut dari Saya adalah jangan sering memunculkan produk Anda terus, melainkan beri variasi seperti artikel yang terkait produk Anda. Atau Anda juga bisa mengadakan event-event yang terkait dengan produk Anda dan bisa menguntungkan Anda. Anda pun juga bisa berbagi info menarik yang terkait dengan produk Anda. Seperti ketika Anda menjual pakaian, maka Anda perlu berbagi info yang memberikan informasi tentang bagaimana tips memilih pakaian yang cocok. Hal ini akan mendatangkan costumer untuk Anda.

Apalagi sekarang semakin mudah membuat blog atau web gratis karena berbagai macam tutorial membuat web gratis yang mulai tersebar. Anda bisa menerapkan hal itu untuk bisnis online Anda.

Semakin banyak pengunjung web Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan customer. Bahkan Anda bisa memiliki kemungkinan untuk berada di google halaman pertama, karena pengunjung Anda.

 

Itulah beberapa langkah awal dalam menjalankan bisnis online untuk Anda yang baru terjun. Segera lakukan jangan menunda-nunda hal yang baik!

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *