Lima Cara Mudah Belajar Online Marketing

Lima Cara Mudah Belajar Online Marketing

Siapa Bilang OnlineMarketing itu Sulit? Inilah Lima Cara Mudah Belajar OnlineMarketing!

Marketing, tak selalu terkait dengan istilah salesman atau justru saleswomen. Prosesnya, tak lagi harus dengan “menawarkan” produk dari satu mal ke mal lain; atau berpindah dari satu stan ke stan lain. Memang, pekerjaan tersebut ada dalam ranah marketing(pemasaran); yang tujuannya antara lain untuk memperkenalkan produk baru serta meningkatkan daya jual sebuah produk. Namun, ada kok cara lain yang lebih praktis, yakni dengan onlinemarketing.

Nah, selain menggunakan jasa salesmanatau saleswoman, urusan marketing juga dapat dilakukan melalui media online(disebut sebagai onlinemarketing). Cara ini, mulai diminati banyak perusahaan karena dianggap cukup efektif, efisien, dan tentunya sesuai dengan zaman. Pada dasarnya, penerapan onlinemarketing  tidak jauh berbeda dengan marketing pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat pada media yang digunakan. Namun, sebelum Anda memulainya, yuk perhatikanlima cara belajar onlinemarketing di bawah ini.belajar-internet-marketing

1. Tentukan Target Pasar Anda

Dalam dunia internet marketing, menentukan target pasar sangatlah penting. Pasalnya, tujuan yang jelas, amat memudahkan Anda dalam membidik konsumen secara langsung dan tepat. Tak hanya itu, cara ini juga dapat menghemat waktu serta tenaga dalam melakukan penjualan. Misalnya, ketika Anda menjual produk kecantikan remaja, akan lebih tepat jika Anda memasarkannya di akun media sosial, terutama yang sedang populer, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Apalagi,Anda tidak perlu mengeluarkan biaya—tentu saja dengan hasil yang mampu menjangkau banyak pengguna internet.

Adapun menentukan target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan tampilan produk Anda. Bagaimanapun, urusan desain, tagline, hingga judul konten harus disesuaikan dengan target pasar yang spesifik agar Anda berhasil mendapatkan perhatian.

2. Kenali Produk Anda

Seorang pemasar yang baik harus memiliki pengetahuan yang banyak tentang produk yang mereka tawarkan. Lihat saja, para salesman dan saleswoman yang pernah Anda jumpai. Bila diperhatikan, mereka dapat menjelaskan dengan baik terkait produk; bahkan dapat menjawab beragam pertanyaan yang Anda ajukan.

Hal yang sama berlaku dalam praktik onlinemarketing. Seorang marketer harus tahu bagaimana cara mendeskripsikan, baik dengan tulisan atau gambar, dengan baik. Mereka juga harus siap dan bersikap responsif terhadap semua pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

3. Menciptakan Kesan yang Baik

Kesan yang baik sangatlah penting untuk menarik konsumen. Seperti halnya para salesman dan saleswoman yang selalu memperhatikan penampilan mereka;sebagai onlinemarketer pun Anda juga harus memperhatikan tampilan produk Anda dalam media online yang sudah Anda pilih (sosial media, blog, website, dan lain-lain). Desainlah semenarik mungkin dan seprofesional mungkin. Adapun yang dimaksud dengan tampilan profesional yakni tampilan situs, blog, hingga akun media sosial yang lengkap dengan data produk, data perusahaan, dan customerservice.

Nah, tampilan yang seperti itu sendiri akan menambah tingkat kepercayaan konsumen pada produk dan perusahaan Anda. Ingatlah bahwa seringkali terjadi penipuan dan kejahatan dalam dunia online. Untuk itu, tampilkanlah situs, blog, maupun media sosial dengan baik—dan dapat dipercaya.

4. Perluas Relasi

Tidak hanya dalam dunia bisnis, memiliki banyak relasi sangat dibutuhkan dalam semua pekerjaan. Dalam dunia bisnis sendiri, relasi bisa jadi “ladang” potensial. Bisa jadi, saudara, teman, atau justru rekan teman Anda membutuhkan dan tertarik dengan produk yang sudah ditawarkan.Bila perlu, sebarkanlah info-info seputar produk Anda di jejaring sosial.

5. Jangan Mudah Menyerah dan Cepat Puas

Dalam dunia bisnis online, ada kalanya Anda mendapatkan banyak pelanggan atau mungkin sebaliknya. Adapun ketika sepi pelanggan, Anda harus tetap berusaha dan jangan menyerah. Harus dipahami, ada dua hal penting yang Anda butuhkan dalam dunia bisnis, yakni: ketekunan dan konsistensi Anda dalam menjalankan bisnis.

Itulah kelima cara belajar onlinemarketing yang bisa Anda jadikan inspirasi. Jika Anda tertarik untuk melakukan onlinemarketing, ingatlah bahwa Anda tidak harus melakukannya melalui Google Adwords, Microsoft Adcenter, SEO, iklan Facebook, dan Website. Mulailah dari hal-hal yang paling mudah dan “membumi”, semisal Facebook, Youtube, Yahoo, atau Instagram karena lebih mudah dan bebas pungutan biaya.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *