Manfaat Belajar Ilmu Komputer Dan Internet

Manfaat Belajar Ilmu Komputer Dan Internet

Belajar Ilmu Komputer – Komputer adalah salah satu produk teknologi yang bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini penggunaan komputer bahkan sudah lebih luas daripada hanya pada lingkup pekerjaan. Di era informasi global seperti sekarang ini sepertinya hampir tidak ada rumah yang tidak dilengkapi dengan komputer berikut jaringan internetnya terutama di kota-kota besar. Komputer sebagai alat pengolah data ini sekarang dapat digunakan hampir pada seluruh keseharian kita seperti misalnya untuk memperoleh informasi, hiburan, atau berkomunikasi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari dasar ilmu komputer. Berikut ini adalah beberapa keuntungan mempelajari komputer termasuk jaringan internet.

belajar ilmu komputer

Manfaat mempelajari ilmu komputer dan internet

Walaupun latar belakang pendidikan Anda bukanlah komputer tetapi sebaiknya semua orang menguasai dasar komputer dan internet karena akan sangat memudahkan dan mempercepat menyelesaikan tugas-tugas Anda. Dengan internet Anda bahkan bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan berbisnis online yang dapat dikerjakan di sela-sela profesi resmi Anda. Itulah sebagian kecil yang dapat Anda lakukan dengan sarana komputer dan internet dan untuk memaksimalkan perangkat canggih itu dalam keseharian Anda tentu Anda harus mempelajari cara mengoperasikannya.

Melakukan service komputer secara mandiri

Menguasai dasar-dasar ilmu komputer akan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah-masalah kecil yang umum terjadi pada perangkat komputer Anda. Selama gangguan yang terjadi dapat kita atasi sendiri tentu akan lebih menghemat dana untuk memperbaiki komputer, bukan?

Meningkatkan sistem software

Perkembangan software komputer kian hari memang semakin modern dan canggih yang tentu ditunjang dengan berbagai fasilitas yang akan semakin memudahkan Anda. Untuk bisa membuat sistem komputer Anda mengikuti perkembangan software tersebut tentu harus dilakukan upgrade untuk meningkatkan level. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk belajar melakukan upgrade sistem secara mandiri.

Melindungi komputer dari virus

Salah satu hal yang dapat mengganggu jalannya sistem pada komputer Anda adalah virus, spam, dan peretas yang bertujuan untuk menyerang sistem komputer Anda atau menghancurkan data Anda. Untuk itu sangat penting untuk melakukan antisipasi agar komputer dan data Anda terlindungi. Dengan mempelajari dasar-dasar komputer paling tidak Anda tahu bagaimana cara memasang antivirus atau menghalangi spam pada komputer Anda.

Menunjang karier

Penguasaan ilmu komputer juga akan berguna untuk meningkatkan karier Anda karena Anda akan dapat bekerja dengan lebih produktif dengan bantuan perangkat canggih ini. Memilih komputer sebagai program studi dan menjadi ahli pada bidang ini juga akan menjadi jaminan masa depan seseorang akan cerah dan sukses.

Tips memahami dan menguasai ilmu komputer secara otodidak

Untuk bisa menguasai ilmu komputer Anda tidak harus mengikuti kursus komputer di suatu lembaga. Anda bisa melakukannya secara otodidak asalkan mempunyai minat yang besar dan tekad yang kuat. Sudah banyak sekali kita dengar atau baca orang-orang yang sukses di bidang teknologi informatika walaupun latar belakang pendidikannya bukanlah teknologi komputer. Berikut ini tips sederhana yang bisa Anda terapkan dalam menguasai ilmu komputer dan teknologinya.

1. Membaca buku komputer

Untuk mendapatkan teori keilmuan komputer Anda bisa mendapatkannya di berbagai buku komputer baik dalam bentuk fisik ataupun e book. Saat ini di toko-toko buku atau pun di internet sudah banyak sekali materi tentang komputer yang dapat Anda pelajari. Sebaiknya pilihlah materi untuk mempelajari komputer yang berbentuk tutorial atau panduan sederhana untuk pemula yang mudah dipahami dan dipraktekkan.

2. Praktek

Belajar komputer berbeda dengan mempelajari ilmu-ilmu yang lain karena komputer adalah ilmu terapan yang harus dipraktekkan. Oleh karena itu setelah membaca berbagai teori tentang komputer cara terbaik untuk menguji pemahaman Anda adalah langsung mempraktekkannya pada komputer Anda. Jangan mudah putus asa jika pada awalnya Anda mengalami kegagalan, cobalah terus-menerus dan jangan segan berdiskusi atau bertanya kepada rekan yang lebih ahli.

Jika internet mengalami gangguan

Mempelajari ilmu komputer termasuk jaringan internetnya sebenarnya bukanlah monopoli orang-orang yang memang spesialis dalam bidang IT. Hal ini dikarenakan internet sudah semakin akrap digunakan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat sehingga seolah sudah menjadi budaya baru dalam masyarakat modern. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengetahui “pertolongan pertama” yang dapat dilakukan jika tiba-tiba sambungan internet Anda mengalami gangguan.

1. Pertama kali yang harus dilakukan jika internet Anda mengalami hambatan adalah memeriksa pemasangan jaringan internet. Cek apakah perangkat keras jaringan komputer Anda sudah terpasang dengan baik seperti modem, wireless receiver, kabel LAN, switch dan lain sebagainya..
2. Jika hardware sudah terpasang dengan baik tetapi internet masih mengalami gangguan, coba lihat apakah device sudah memperoleh IP adress yang benar.
3. Lakukan pemeriksaan koneksi local area (LAN).
4. Dan usaha terakhir yang bisa Anda lakukan jika ketiga langkah tersebut di atas sudah dilakukan adalah memeriksa konfigurasi modem Anda. Jika semua solusi ini sudah Anda lakukan dan tetapi jaringan internet Anda masih bermasalah, berarti sumbernya bukan pada hardware Anda melainkan pada providernya. Jika sudah demikian tentu solusinya adalah menelepon service provider Anda.

Dengan menguasai dasar-dasar ilmu komputer sederhana Anda akan dapat mengoperasikan komputer secara sederhana untuk kegiatan harian Anda termasuk mengatasi permasalahan ringan yang umum terjadi pada komputer Anda.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *