Memilih Desain Toko Online Yang Tepat

Memilih Desain Toko Online Yang Tepat

Menyediakan produk berkualitas premium saja tak cukup untuk membuat Anda sukses  menyampaikan produk tersebut hingga tiba pada target pasar yang Anda bidik bila tak ada aktivitas promosi yang menunjang. Di jaman sekarang ini saatnya bisnis Anda untuk go online dengan membuat sebuah toko online sehingga target pasar bisa diperbesar. Setelah sukses membuat akun untuk online shop pertama Anda, berikutnya adalah membuat desain toko online yang paling pas dengan produk Anda dan mulai merancang digital marketing. Berkaitan dengan desain online shop untuk mendukung bisnis Anda, simak ulasannya berikut ini.

 

Memilih desain toko online yang paling sesuai

Sama seperti toko konvensional, bila toko di dunia maya milik Anda didesain secara serampangan sehingga membuat pusing para pengunjungnya tentu orang enggan berbelanja pada toko Anda sama halnya dengan toko yang barang-barang dagangannya tidak disusun dengan rapi pada rak. Inilah beberapa panduan yang bisa Anda terapkan dalam memilih desain online shop Anda.

desain toko online

Layout yang rapi

Investasikan waktu Anda dengan banyak-banyak browsing di internet untuk melihat-lihat website penyedia template atau theme tak berbayar. Pilih desain yang rapi dan bersih serta tak terlalu banyak memuat teks atau foto yang berlebihan. Online shop Anda idealnya juga user friendly sehingga konten-konten penting yang terdapat pada toko Anda dapat ditelusuri dengan mudah oleh  visitor. Bila memungkinkan Anda bisa  menggunakan jasa web designer untuk merancang layout situs online shop Anda sehingga tampilannya menjadi unik, personal, dan tak mudah ditemukan desain yang  mirip dengan blog Anda. Dalam memilih layout idealnya juga disesuaikan dengan image brand dari produk yang Anda sediakan. Diskusikan ini dengan penyedia jasa sebelum ia memulai pekerjaannya.

 

Foto

Point berikutnya yang tak kalah penting dalam desain toko online adalah menyediakan foto beresolusi tinggi agar calon pembeli dapat melihat produk dagangan Anda dengan baik. Harus diingat bahwa pengunjung tak dapat menyentuh produk tersebut secara langsung sehingga foto barang harus bisa memudahkannya dalam memberikan penilaian. Pada halaman utama Anda juga dapat menambahkan foto yang dapat memberikan pesan tertentu tetapi jangan terlalu banyak agar pengunjung tidak kebingungan. Format slideshow akan sangat sesuai untuk tujuan tersebut bila Anda merasa lebih sreg dengan mengunggah lebih banyak foto. Dengan format tersebut website tetap terlihat rapi.

 

CTA

Idealnya website toko online mencantumkan tombol Call To Action (CTA) agar visitor melakukan aksi-aksi tertentu yang berupa tindak lanjut positif sesuai harapan Anda. Misalnya, tawaran untuk sign up walaupun saat ini calon konsumen Anda belum berniat melakukan pembelian. Agar tombol tersebut di-klik Anda bisa menawarkan diskon atau bonus yang hanya bisa diklaim bila mereka melakukan sign up. Warna tombol CTA ini seharusnya kontras dengan warna  background web agar terlihat menonjol. Kata-kata yang digunakan dalam CTA juga seharusnya tak lebih dari 4 kata.

 

Teks sederhana

Pada halaman utama cantumkan teks  yang jelas, tetapi tetap singkat dan padat agar pengunjung bisa mengetaui identitas toko online Anda secara  umum dalam waktu singkat. Bila ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mereka akan mengunjungi  halaman berikutnya, jadi Anda tak perlu khawatir. Meskipun demikian pada halaman-halaman yang lain Anda juga tak perlu mencantumkan terlalu banyak tulisan agar website tetap mudah dipahami. Walaupun sibuk melayani customer Anda jangan sampai lupa untuk melakukan update setiap ada informasi baru, misalnya produk-produk yang out of stock. Ini untuk menghindari berkurangnya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap online shop Anda.

Nah, semoga informasi tentang panduan dalam memilih desain toko online tersebut bermanfaat untuk Anda.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *