Beranda » Artikel » Memulai Email Marketing

Memulai Email Marketing

T Diposting oleh pada 8 July 2017
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 15 kali

Jika Anda sudah memahami apa itu email marketing, kini saatnya Anda memulai untuk membuat dan menggunakan email marketing. Namun, sebelum Anda membuatnya, Anda perlu mengetahui beberapa langkah sebelum membuat email marketing berikut ini. email marketing

1. Memahami Tujuan

Dalam membuat email marketing, setidaknya Anda harus paham dan mengerti dahulu apa tujuan Anda membuat email. Apakah Anda ingin menyebarkan informasi promo? Atau Anda ingin mengenalkan produk kepada pelanggan? Atau Anda ingin memperkenalkan perusahaan Anda? Sehingga, jika Anda sudah mengetahui tujuan Anda membuat email marketing, maka Anda dapat membuat sebuah email dengan mudah. (Baca juga: Peluang Bisnis Online Affiliate Marketing)

Karena dengan Anda mengetahui tujuan Anda, maka Anda akan tahu siapa yang akan menerima email Anda. Apakah calon pelanggan? Apakah pelanggan tetap? Apakah calon partner?

2. Menentukan Pasar

Setelah Anda pahami apa tujuan Anda membuat email marketing, maka selanjutnya silahkan Anda tentukan pasar atau siapa yang akan menerima email Anda nantinya. Bagaimana produk yang Anda jual, cocok di usia berapa saja, untuk pria atau wanita atau dua-duanya, untuk kalangan atas, menengah, atau bawah?

Silahkan Anda tentukan dan buat daftar calon pelanggan Anda untuk Anda kirimi email marketing nantinya. Semakin fokus target pasar Anda, maka semakin baik bisnis online Anda.

3. Mengembangkan Daftar Calon Pelanggan

Jika Anda sudah membuat daftar calon pelanggan, selanjutnya tinggal Anda kembangkan daftar calon pelanggan tersebut. Anda bisa mengembangkan daftar calon pelanggan dengan cara menawarkan kepada mereka untuk mendaftarkan diri ke website Anda sebagai penerima newsletter. Anda bisa menggunakan kalimat “Ayo Sign Up untuk menerima cerita-cerita inspiratif dari orang-orang yang hidup dengan kanker!” (Baca juga: Cara Membuat Web Banyak Pengunjung)

4. Menyusun Konten

Untuk langkah selanjutnya adalah membuat konten. Anda perlu memikirkan apa yang akan Anda tulis nanti di email marketing Anda. Ingat! Sesuaikan konten Anda dengan pembaca. Jangan sampai Anda sudah menentukan pembaca, tapi Anda salah membuat konten dengan tema yang tidak cocok alias tidak bisa diterima oleh pembaca. (Baca juga: Belajar dari Bob Sadino si Pelayan Ayam)

5. Membuat Jadwal

Jika Anda sudah menentukan tema dan strategi konten, maka Anda perlu menyusun jadwal pengiriman email marketing Anda. Anda bisa menggunakan jadwal harian atau per hari, mingguan atau per minggu, dan bulanan atau per bulan.

6. Menulis Konten

Sekarang saatnya Anda tulis konten dan buatlah email marketing dengan baik dan benar. Ingatlah, bahwa email marketing yang akan Anda kirim ke calon pelanggan adalah contoh dari karakter produk Anda. Jika Anda mengirimkan email marketing yang baik, maka pelanggan akan memandang produk Anda baik, dan juga sebaliknya.

Baca juga:

Nah, kini Anda sudah tahu bagaimana langkah-langkah membuat email marketing. Saatnya Anda mengirimkan email marketing tersebut sesuai pasar dan jadwal yang sudah Anda susun. Namun, Ada hal perlu Anda ketahui bahwa email marketing terdapat empat jenis email marketing. keempat jenis email marketing tersdebut di antaranya sebagai berikut:

 

1. Email Newsletter

Email newsletter merupakan email yang berisikan berita atau informasi mengenai bisnis atau produk Anda. Untuk email newsletter yang baik ialah memiliki 3 kriteria di antaranya informatif, nyaman, dan tematik. Ketiga kriteria tersebutlah yang perlu Anda ketahui dalam membuat email jenis ini. Anda pun bisa menambahkan poster atau berbagai fitur untuk menambah nilai elegan pada isi email Anda. (Baca juga: Langkah Awal Bisnis Online)

2. Email Follow-Up

Email ini memiliki tujuan sebagai penindak lanjut kepada calon pelanggan yang sudah pernah Anda kirimkan email sebelumnya. Dalam pembuatan email follow up ini jangan terkesan memaksa. Tapi buatlah seringan mungkin dengan beberapa pertanyaan yang menarik pelanggan. Atau Anda juga bisa menggunakan beberapa kalimat persuasi sehingga calon pelanggan mau mengunjungi website Anda.

3. Email Khusus

Sesuai namanya, bahwa ini merupakan email khusus atau bersifat personal, sehingga tidak dapat dikirmkan secara massal. Biasanya Email khusus ini bisa menggunakan email pribadi sebagai penambah keakraban atau kepercayaan dengan pelanggan. Email khusus ini biasanya digunakan pada waktu ketika mulai menemukan yang sekiranya 90% akan menjadi pelanggan tetap Anda, sehingga Anda menjadikannya lebih khusus dibandingkan dengan yang lainnya. (Baca juga: Warren Buffet Sang Filsuf Investasi)

4. Email Sponsorship

Dalam email ini tujuannya bukan kepada calon pelanggan Anda, melainkan ditujukan kepada calon mitra atau partner Anda nantinya. Anda bisa menggunakan email sponsorship sebagai pencari mitra kerja atau mitra dalam modal usaha Anda. Di sinilah Anda perlu berhati-hati dalam menentukan mitra kerja Anda, jangan sampai Anda bukannya malah kerja sama, malah menjadi kerja sendiri alias merasa tertitpu.

Itulah keempat jenis pola email yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membuat email marketing. Sehingga, Anda akan tahu jenis email marketing apa yang akan Anda buat nantinya. Nah, jika sudah memahami pola jenis email itu apa saja, maka Anda siap untuk membuat email marketing, dengan memulainya membuat konten dalam sebuah email. (Baca juga: Kiat-Kiat Menjalani Bisnis)

Untuk konten email marketing sendiri juga terdapat 3 jenis dasar yang bisa Anda gunakan. Ketiga jenis dasar tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Promo

Promo merupakan komponen utama dalam suatu bisnis baik online maupun offline. Karena promo merupakan salah satu strategi marketing agar produk laku terjual. Nah, dalam email marketing sendiri terdapat konten yang jenis atau isinya berupa informasi tentang promo produk Anda. Tips dalam membuat promo dalam konten email marketing Anda hanya ada 3 komponen dasar yaitu bahasa yang persuasi dan menarik, poster yang menarik dalam lampiran, dan jangan lupa cantumkan link untuk menuju ke website Anda.

Baca juga:

2. Poster

Di dalam email marketing sendiri pun tanpa berkata-kata alias cukup memberikan poster Anda juga sudah cukup. Di sinilah poster mulai bekerja untuk Anda. Biarkan poster-poster yang sebar menarik calon pelanggan untuk Anda. Buatlah poster semenarik mungkin agar pelanggan semakin tertarik dengan produk Anda dan penasaran dengan produk yang Anda pasarkan kepada dia. Sehingga Anda juga bisa menggunakan jasa desain poster untuk membuat poster ini, karena Anda akan mendapatkan poster yang bernilai tinggi nantinya.(Baca juga: Memilih Desain Toko Online yang Tepat)

3. Terimakasih

Jangan lupa, ucapan terimakasih merupakan satu kata dari kata-kata ajaib untuk menjalin hubungan erat kepada sesame. Maka dalam konten email marketing juga terdapat konten yang berjenis ucapan terimakasih. Konten ini pun bisa saja Anda kirimkan kepada pelanggan yang sudah pernah membeli produk Anda. Atau Anda juga bisa mengirimkan kepada calon pelanggan yang sudah pernah mengunjung website Anda.

Itulah ulasan mengenai langkah memulai untuk membuat Email Marketing. Perlu beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar dalam pembuatan Email Marketing Anda tidak kebingungan. Selamat membuat email marketing!

Download Panduan Email Marketing DISINI

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Memulai Email Marketing

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Memulai Email Marketing

3 Cara Sederhana Membuat Postingan Facebook Menarik

T 19 November 2016 F , A jeffsitopu

Banyak pemakai media sosial yg statusnya direspons oleh banyak penduduk sedari sejak puluhan, ratusan hingga ribuan kian sampai puluhan sampai ratusan ribu. Selaku keliru satu media sosial terbesar pada dunia, Facebook tentunya oleh karena itu upaya tarik oleh banyak individu.... Selengkapnya

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Di Blog WordPress

T 13 August 2014 F , A jeffsitopu

Tak sedikit blogger yang merasa bosan untuk melakukan blogging setelah menerapkannya dalam jangka waktu lama. Bahkan banyak diantaranya yang tidak pernah membuka blognya lagi, karena padatnya aktivitas yang dilakukan setiap hari. Tapi setelah anda mempelajari cara mengetahui jumlah pengunjung yang... Selengkapnya

Belajar WordPress

T 2 September 2014 F , , A jeffsitopu

Bagi Anda yang selama ini sudah akrab dengan teknologi internet pasti sudah akrab dengan fasilitas yang disebut blog. Blog bisa kita umpamakan sebagai catatan yang sifatnya terbuka dan dapat dibaca oleh siapa pun yang dapat mengakses internet. Pada blog ini... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.