Mengenal Email Marketing

Mengenal Email Marketing

Di jaman yang serba canggih ini, semua orang membutuhkan inovasi dalam melakukan segala kegiatannya, salah satunya adalah kegiatan berbisnis. Sehingga, dengan adanya era yang berteknologi, dalam dunia bisnis pun berkembang menjadi bisnis berbasis online. Maka tak heran jika mulai banyak orang yang mulai beralih ke bisnis online.

Di dalam bisnis online sendiri pun juga mulai berkembang dan memang membutuhkan inovasi-inovasi terbaru dalam melakukan bisnis online agar dia tetap mengikuti arus jaman yang mulai berkembang ini. (Baca juga: Peluang Bisnis Online Affiliate Marketing)

Bisnis online pun sama halnya dengan bisnis offline, yang juga membutuhkan suatu strategi marketing atau strategi pemasaran untuk memasarkan produk-produknya biar laku.

Dalam strategi marketing sendiri terdapat adanya berbagai macam cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Strategi marketing itu di antaranya terdapat pemberian brand, manajemen bisnis, dan juga terdapat adanya marketing yang berbasis online.

Baca juga:

Salah satu strategi marketing online sendiri adalah email marketing. Ya, di dalam memasarkan produk dalam basis online, terdapat adanya alat bantu yang dinamakan email marketing.

Pengertian Email Marketing

Seperti namanya, email marketing ini terdapat dua kata yaitu ‘email’ dan ‘marketing, yang mana ‘email’ merupakan pesan atau surat yang berbasis online atau elktrik. Sedangkan ‘marketing’ sendiri merupakat teknik dalam pemasaran suatu bisnis atau usaha. Maka dapat disimpulkan dari dua kata tersebut bahwa email marketing merupakan salah satu strategi marketing atau pemasaran yang disampaikan menggunakan alat bantu berupa surat atau pesan dengan basis online atau elktronik. (Baca juga: Cara Membuat Web Banyak Pengunjung)

Sehingga, banyak para pengusaha, khususnya pengusaha online tidak susah lagi dalam menyampaikan pesan mereka kepada para calon pelanggannya. Di dalam pesan-pesan yang disampaikan itu sendiri bisa berupa promo, product knowledge, atau yang lainnya yang berhubungan dengan strategi pemasaran dalam usaha dengan tujuan produknya laku terjual ke calon pelanggan.

Pembuatan email marketing sendiri tidaklah sulit, karena kita bisa melakukannya asal memiliki niat untuk membuatnya. Bahkan di dalam email marketing sendiri terdapat berbagai fitur dan alat bantu yang dapat memudahkan kita dalam pembuatan email marketing. (Baca juga: Belajar dari Bob Sadino si Pelayan Ayam)

Pentingnya Email Marketing

Maka, tak heran jika sekarang mulai banyak pedagang atau pengusaha yang beralih bisnis dengan basis online. Bahkan dari bisnis dengan skala kecil pun bisa dilakukan dengan basis online karena sudah mulai banyak fitur dan alat bantu dalam berbisnis online ini. Salah satunya adalah email marketing.

Dengan adanya perkembangan teknologi dan semakin mudahnya dalam pengaksesan internet, banyak pengusaha dan bahkan pedagang kecil yang mulai beralih ke bisnis online. Bahkan sekarang siapapun dan di mana pun orang bisa mengakses internet, tidak seperti sebelumnya yang hanya melalui warung internet saja, kita dapat mengakses internet. Sekarang tinggal mengeluarkan ponsel kita, kita sudah bisa mengakses ionternet karena mulai berkembangnya ponsel yang teknologinya hampis serupa dengan komputer.

Baca juga:

Jika para pedagang kecil pun mulai berbisnis online, maka tak heran jika sekarang ini mulai muncul berbagi marketplace online. Hingga bisnis online pun mulai merajalela perdagangan yang mampu menyaingi bisnis konvensional atau offline. Berbagai marketplace mulai muncul yang diawali dengan adanya Forum Jual Beli di KASKUS, hingga disusul oleh marketplace online lainnya seperti Bukalapak, Tokopedia, Zalora, Blibli, Bejubel, OLX yang dulunya adalah tokobagus, elevenia, dan blanja.

Para marketplace online tersebut pun juga mulai saling bersaing dalam mengejar pengusaha agar para pengusaha mau menggunakan situsnya untuk melakukan jual beli. Sehingga tak sedikit pedagang atau pengusaha online yang tidak memiliki web pribadi untuk toko online-nya karena sudah banyak marketplace yang menawarkan diri. (Baca juga: Langkah Awal Bisnis Online)

Bahkan para marketplace tersebut berani bersaing dengan memasang promo dengan cicilan 0%, bahkan ada yang menggunakan promo cashback. Hal ini menandakan bahwa persaingan dalam bisnis online mulai memanas dan saling menonjolkan diri dalam berdagang online. Hingga banyak para pedagang online yang mulai banting harga karena untuk menyaingi para kompetitornya.

Padahal cara tersebut merupakan cara yang salah. Hal ini dapat membuat kita rugi besar karena dengan menurunkan harga. (Baca juga: Warren Buffet Sang Filsuf Investasi)

Jika dipikir-pikir, cara yang tepat dalam bersaing adalah dengan memikirkan bagaimana mengemas penjualan atau bagaimana caranya kita bisa menarik pelanggan dengan hanya mengemas penjualan kita.

Selain itu, kita juga perlu memikirkan nilai dan kualitas dari produk yang kita jual. Sehingga jangan sampai produk kita ini bernilai buruk di mata para calon pelanggan. (Baca juga: Kiat-Kiat Menjalani Bisnis)

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kualitas atau nilai jual produk adalah dengan menggunakan email marketing.

Terkadang, para calon pelanggan biasanya meninggalkan komentar di kolom komentar pada salah satu toko online. Di situlah kesempatan kita menyimpan kontak email-nya untuk kita kirimkan pesan-pesan elektronik dalam memasarkan produk-produk kita.

Baca juga:

Sehingga, di sinilah pentingnya email marketing dalam strategi pemasaran produk-produk kita. Dengan kata lain, bahwa email marketing ini merupakan senjata utama dalam bersaing di dunia bisnis online yang mulai sengit ini.

Software Email Marketing

Jika kita sudah mengetahui bagaimana pentingnya email marketing, maka kita perlu menerapkannya sekarang juga. Mulailah dengan menggunakan senjata utama ini dalam bersaing di bisnis online. Jangan sampai kita menjadi pecundang dalam dunia bisnis ini. (Baca juga: Memilih Desain Toko Online yang Tepat)

Nah, maka dari itu sama halnya dengan pistol yang memerlukan peluru, maka email marketing pun memerlukan asupan berupa fitur atau pelengkap dalam email marketing untuk memudahkan kita dalam bertarung.

Karena email marketing ini merupakan senjata utama dalam bisnis online dengan cara komunikasi. Maka, di dalam email marketing sendiri terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pembuatan email marketing. (Baca juga: Rekomendasi Theme WordPress yang Unik dan SEO Friendly)

Beberapa software yang sering digunakan oleh para pengusaha online di antaranya AWEBER, MAILCHIMP, GETRESPONSE, dan masih banyak lagi software-software yang mendukung dalam pembuatan email marketing.

Jadi, bukan alasan lagi, jika kita tidak bisa menggunakan dan membuat email marketing. maka dari itu, mulai sekarang mari kita gunakan email marketing sebagai salah satu strategi marketing dan juga sebagai senjata utama dalam berbisnis online.

Download Panduan email marketing DISINI

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *