Mengenal Internet Marketing dan Serba-serbinya

Mengenal Internet Marketing dan Serba-serbinya

Zaman berkembang, begitupun dengan teknologi. Kecanggihan teknologi mau tak mau menciptakan beragam perubahan di segala aspek, tak terkecuali bisnis. Mereka yang tak siap untuk menyesuaikan diri, tentu tak akan bertahan lama di tengah derasnya arus kompetisi. Adapun di sini, kita mengenal istilah internet marketing, sebagai salah satu strategi baru dalam pengembangan bisnis—terutama yang berbasis daring.

Mengenal Internet Marketing

internet-marketingSecara sederhana, internet marketing bisa dipahami sebagai salah satu strategi maupun teknik untuk menghasilkan uang melalui dunia maya. Di sini, internet marketing lebih berfokus pada upaya memasarkan atau mempromosikan produk (barang maupun jasa), melalui internet. Apalagi, internet memang telah lama dikenal sebagai media yang paling efektif, terutama dalam memberikan informasi kepada penggunanya terkait produk tertentu. Adapun cara mudahnya, adalah dengan memanfaatkan blog maupun website. Selain gratis (meski ada beberapa domain berbayar), penggunaan keduanya ditengarai mampu menjangkau wilayah yang lebih luas, tak terbatas ruang dan waktu, serta mencakup jejaring lokal maupun global.

Dalam dunia internet marketing sendiri, keberhasilan ditentukan oleh teknik yang Anda kembangkan. Misalnya, pada bagaimana Anda menarik pengunjung untuk sekadar melihat atau membeli produk. Terdapat banyak cara, seperti berpromosi melalui forum, jejaring iklan, situs, iklan baris, dan lain sebagainya. Jangan khawatir produk Anda atau bahkan teknik yang Anda terapkan kurang peminat. Pasalnya, di zaman sekarang, internet menjadi salah satu gaya hidup masyarakat. Dengan kata lain, dapat dikatakan, sebagian besar orang sudah “melek” internet.

Adapun meski bertema internet marketing, tidak semua hal di sini berhubungan dengan bagaimana cara Anda memasarkan produk. Ada pula upaya untuk melakukan branding(pencitraan), membina hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan, dan lain sebagainya.

Belajar Internet Marketing Ala Pemula

Tak peduli Anda pemula atau justru profesional, ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui internet. Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia internet, misalnya, pasti tak asing dengan beberapa istilah berikut.

  1. SEO (SearchEngineOptimization)

SEOMerupakan sebuah teknik optimisasi mesin pencari. Cara mudahnya, bisa dengan “menyelipkan” kata kunci pada artikel blog maupun situs terkait produk yang Anda miliki. Adapun mayoritas pengunjung (atau bahkan calon pembeli potensial) umumnya akan mencari produk yang diinginkan melalui mesin pencari. Nah, mengaplikasikan teknik SEO sendiri membantu mengoptimasi situs Anda, untuk bisa bersaing dalam urutan mesin pencari. Dalam jangka panjang, dengan mudah pengunjung akan berdatangan ke situs, sekalipun Anda tidak melakukan promosi secara gencar.

  1. PPC (Pay per Click) Advertising

internet-marketing,iklan-ppcProgram ini banyak diaplikasikan oleh pemilik situs, bukan hanya untuk menarik pembeli, melainkan juga mendatangkan “uang” dari situs mereka sendiri. Adapun besaran pendapatan bergantung pada jumlah “klik” yang dilakukan oleh pengunjung yang tertarik pada iklan. Baca juga ulasan PPC Disini

  1. Email Marketing

Newsletter-MarketingMerupakan upaya mengirimkan “katalog” produk melalui email.

  1. Social-Media Marketing

Social MediaIni adalah salah satu teknik internet marketingyang populer. Anda hanya perlu memasarkan produk melalui bantuan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, Youtube, dsb.

Manfaat Internet Marketing

  1. Murah

Anda hanya membutuhkan koneksi internet, atau jika ingin hasilnya maksimal, Anda perlu membayar jasa para ahli SEO atau social-media specialist untuk melakukan pemasaran secara optimal pada produk Anda. Bukan hanya itu, pada banyak kasus, Anda bahkan tidak lagi membutuhkan “toko” fisik, atau beragam sarana pemasaran berbentuk fisik lainnya, seperti spanduk, brosur, dan lain sebagainya.

  1. Jangkauan yang Luas

Karena dilakukan via internet, teknik internet marketing yang Anda aplikasikan dapat dipastikan memiliki jangkauan yang luas. Bukan hanya mencakup wilayah lokal, melainkan juga global!

  1. Meningkatkan Hubungan antara Penjual dan Pembeli

Internet memudahkan Anda untuk menawarkan produk, sekaligus menjalin hubungan dengan pembeli maupun calon pembeli tanpa batasan ruang maupun waktu. Anda hanya perlu membuat forum diskusi, atau melampirkan e-mail untuk mengakomodasi segala pertanyaan si pembeli.

Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai internet marketing. Selamat mencoba!

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *