Beranda » Artikel » Panduan Email Marketing Lengkap

Panduan Email Marketing Lengkap

T Diposting oleh pada 30 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 72 kali

Mengetahui ilmu tentang panduan email marketing secara lengkap dan menyeluruh memang penting, guna menyukseskan promosi bisnis Anda. Seperti yang telah diketahui bahwa email marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara membangun koneksi dengan calon pelanggan. Karena sifatnya yang personal untuk berkomunikasi, maka cara ini dianggap menjadi lebih potensial mendatangkan pelanggan setia.

Panduan Email Marketing Lengkap Tahap per Tahap

panduan-email-marketing

1. Meminta izin kepada calon pelanggan

Tahap awal dalam email marketing adalah persetujuan, dimana Anda selaku pebisnis atau online marketer wajib meminta izin kepada calon pelanggan yang hendak Anda kirimi informasi melalui email.

Izin yang tertera pun harus jelas beserta dengan inti pesan atau topik yang Anda ingin sampaikan. Jika langkah ini Anda abaikan, maka email Anda termasuk spam atau sampah. Sebaliknya manfaat meminta izin ini, maka target market email marketing Anda akan terarah atau potensial menjadi pelanggan.

2. Membangun Email List

Melakukan penawaran yang menarik merupakan salah satu cara paling jitu dalam membangun email list. Penawaran menarik tentu akan membuat orang-orang akan tertarik dengan promosi bisnis Anda. Di dalam ilmu email marketing, ada sebuah metode bernama Lead Magnet.

Lead Magnet ini merupakan istilah untuk menyebutkan sesuatu yang gratis untuk Anda berikan kepada calon pelanggan, selanjutnya Anda menginginkan mereka memberikan alamat email sebagai imbalannya. Adapun contoh Lead Magnet ini adalah berupa ebook, free trial, coupon, atau webinar.

3. Personalisasi email marketing

Pada tahap personalisasi email marketing sebagai bagian dari panduan email marketing, Anda perlu mengetahui email list segmentation. Email list segmentation merupakan sebuah proses di mana Anda memecah pelanggan (disebut dengan subscriber) menjadi grup-grup yang lebih kecil.

Pemecahan grup ini dipilih berdasarkan dengan kriteria yang lebih spesifik, seperti new subscriber, preferences, interests dan location. Cara ini memiliki tujuan agar email yang Anda kirimkan lebih tertarget hanya kepada target yang paling spesifik saja. Selanjutnya jangan lupa untuk menghapus inactive subscriber dari email list.

4. Membuat tulisan email marketing yang bersifat paling personal

Email marketing dianggap sebagai media promosi yang paling personal. Oleh sebab itu, buatlah isi email yang benar-benar terasa personalnya. Sebaliknya, jika ingin sukses menjadi seorang email marketer, maka hindari mengirim tulisan yang terlalu umum, seperti misalnya tulisan dari email campaign dari suatu perusahaan yang dikirim kepada ribuan orang. Tips jitu cara menulis isi email marketing yang personal adalah dengan mengetahui buyer personal Anda dengan baik dengan mengtahui beberapa hal berikut ini;

  • Masalah sehari-hari yang dihadapi calon pelanggan
  • Cita-cita, harapan atau hasrat apa yang diinginkan calon pelanggan
  • Nilai-nilai apa yang dipegang oleh calon pelanggan
  • Apa yang calon pelanggan suka dan tidak suka

email-marketing

Artikel terkait :

  1. Membuat mobile friendly email marketing

Di zaman yang serba modern ini membuktikan bahwa sebagian besar orang memiliki smartphone dan menggunakan gadget tersebut untuk membuka email. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan tips memproduksi email campaign yang mobile-friendly sebagai berikut;

  • Format sederhana berupa hanya satu kolom saja dengan ukuran di bawah 600 px wide.
  • Menggunakan ukuran tulisan (font) yang lebih besar untuk memudahkan membaca di smartphone
  • Jika melampirkan gambar, maka gunakan ukuran gambar yang lebih kecil guna mempercepat proses loading
  • Menyediakan CTA button yang lebih besar guna membuat tampilan lebih menonjol dan menarik
  • Tidak menempatkan lebih dari satu link secara berdekatan guna menghindari salah klik
  1. Jauhi spam filters

Berikut ini beberapa point yang dapat menghindari email Anda agar tidak masuk spam folder;

  • Miliki IP address email marketing yang baik, artinya tidak pernah digunakan oleh orang untuk mengirim spam
  • Miliki domain yang terverifikasi untuk mengirimkan email campaign
  • Jaga kebersihan email template code
  • Mencantumkan lokasi Anda saat ini
  • Membuat CTA yang jelas

Berikut ini beberapa kata yang bersifat spam yang wajib Anda hindari;

  • Buy

  • Clearance

  • Cash

  • Discount

  • Bait-and-switch

Demikianlah isi dari artikel tentang panduan email marketing lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda sukses menjadi seorang internet marketer, khususnya yang bergelut di bidang promosi melalui email.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Panduan Email Marketing Lengkap

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Panduan Email Marketing Lengkap

cara membuat blog wordpress

Cara Buat Blog di WordPress dengan Mudah

T 5 January 2018 F , A jeffsitopu

Informasi mengenai cara buat blog di WordPress masih banyak dicari. Membuat blog memang bukanlah sesuatu yang sedang tren di kalangan pengguna media sosial. Meskipun dahulunya sempat popular, namun kini blog menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu. Baik untuk belajar,... Selengkapnya

Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Digital Marketing Indonesia

T 28 October 2017 F , A jeffsitopu

Digital Marketing bisa menjadi “senjata” yang kuat untuk mendongkrak bisnis Anda. Tetapi penggunaan digital marketing ini tentu tidak bisa sembarangan. Ketika Anda menjalankan digital marketing secara sembarangan maka hasilnya pun akan sia-sia. Ada beberapa hal yang bisa dan tidak bisa... Selengkapnya

Meraup Keuntungan 100% dari Produk PLR

T 26 December 2016 F , A jeffsitopu

Setiap pebisnis tentu ingin untung gede. Kalau dapat untungnya seratus%  beserta serta modal yg mungil jua. Setidaknya, jumlah keuntungan ini haruslah dapat menutupi modal awal, seolah-olah yg ia investasikan sebelumnya. Tentang ini tentu pun normal di dalam dunia bisnis. Nah,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets