Panduan Manfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online

Panduan Manfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online

Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat bahkan di tahun 2016 menjadi 500 juta pengguna setelah sebelumnya di akhir Desember 2015 tercatat ada 400 juta pengguna, Instagram terus menjelma menjadi media sosial yang siap berdampingan dengan Facebook atau Twitter. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, pastinya Instagram bisa dijadikan tempat yang pas untuk menjalankan bisnis online.

Tips Bisnis di Instagram

tips-sukses-bisnis-online-di-instagram

Seperti telah diketahui jika Instagram merupakan media sosial yang fokus pada berbagai gambar atau foto dan video. Oleh sebab itu, tidak semua jenis bisnis bisa dijalankan dengan akun Instagram. Terdapat beberapa jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan media sosial ini yakni;

  • Desain

  • Fashion

  • Makanan dan minuman

  • Hiburan atau entertainment

  • Industri pelayanan

Karena media sosial ini fokus pada foto / gambar dan video, maka teknik pemasaran dengan memanfaatkan Instagram juga tidak jauh dari foto atau gambar dan video. Paling tidak, kamu bisa memanfaatkan beberapa tips berikut ini sehingga postingan akun Instagram kamu akan berhasil menarik perhatian banyak konsumen atau pengguna Instagram lain.

Fokus pada kualitas gambar, foto atau video

Ini sangat penting. Kamu membutuhkan kamera yang bagus yang bisa fokus, hasilnya jernih dan kualitasnya HD. Selain itu, kamu bisa mempelajari teknik mengambil gambar atau memfoto dengan angle yang benar sehingga foto terlihat lebih profesional. Jika menggunakan gambar biasa, maka kemampuan desain grafis akan sangat membantu. Kamu bisa menggunakan jasa fotografer dan seorang desain grafis.

Maksimalkan Hashtag

Dengan postingan yang diberikan hashtag (#) seperti #bisnis atau #online, maka dipastikan bisnis atau akun instagram yang kamu miliki bisa dengan mudah ditelusuri dan ditemukan oleh pengguna Instagram lain. Sebagai contoh, ketika kamu memberikan label hashtag kata #bisnis, maka setiap kali orang menelusuri hashtag bisnis di Instagram, besar kemungkinan akun atau produk yang kamu jual lewat Instagram akan terlihat olehnya.

Gunakan hashtag yang berisi kata-kata yang umum sehingga orang lain atau calon konsumen bisa menemukan akun Instagram atau produk yang kamu tawarkan dengan lebih mudah lagi.

Kontes atau Give Away

Jika kamu sudah memiliki puluhan hingga ratusan bahkan ribuan followers, maka langkah yang tepat untuk memaksimalkan pendapatan atau penjualan melalui Instagram adalah dengan membuat kontes. Kontes bisa dibuat dengan beberapa aturan seperti follow akun Instagram kamu, komentar dan bagikan. Dengan cara seperti itu, akan banyak calon konsumen yang mengetahui produk yang kamu tawarkan dan memfollow akun Instagram yang nantinya akan mempermudah jangkauan setiap postingan.

Normalnya, jika kamu sudah melakukan 3 tips di atas secara konsisten, maka akan dengan mudah akun IG kamu diikuti dan dikenal lebih banyak orang lagi. Jangan lupa dengan kualitas produk yang kamu berikan agar konsumen puas dan mereka juga akan merekomendasikan produk kamu kepada teman-teman mereka.

Buat apa jumlah followers dan pembeli banyak pada awalnya, jika kemudian kualitas produk tidak bisa dipertanggungjawabkan atau mengecewakan. Jika demikian, maka pembeli akan kabur dan unfollow akun IG kamu. Jadi, tetap perhatikan kualitas dari produk atau layanan yang kamu berikan.

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah caption dari gambar atau foto dan video yang kamu posting di Instagram. Caption harus berupa kata yang pendek, padat dan sarat akan makna. Pemilihan kata juga harus tepat sehingga akan lebih enak dibaca dan artinya lebih mengena. Jangan lupa juga jika postingan yang dibuat harus variatif sehingga followers tidak akan merasa jenuh dengan isi postingan kamu.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *