Beranda » Artikel » Rahasia Cara menjadi Youtuber Yang Sukses Mulai Dari Nol

Rahasia Cara menjadi Youtuber Yang Sukses Mulai Dari Nol

T Diposting oleh pada 19 June 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 22 kali

Bagaimanakah cara menjadi Youtuber yang sukses jika memulainya dari nol? Mungkin pertanyaan seperti pernah terpikirkan di benak Anda. Terutama bagi Anda yang ingin menjadi Youtuber namun tak tahu harus bagaimana untuk memulainya. Untuk bisa menjadi Youtuber yang sukses memang tidaklah mudah. Apalagi sampai memiliki penghasilan hingga jutaan rupiah. Semua ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun tidak mustahil bagi Anda untuk bisa sukses menjadi Youtuber seperti orang lain.

Menjadi seorang Youtuber memang sedang populer di era sekarang ini. Kebanyakan dari mereka adalah seseorang yang membagikan video blog atau sering disebut dengan vlog. Vlog ini biasanya berbentuk sebuah video yang berisi tentang kegiatan atau aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang. Ada juga yang sedang populer saat ini adalah video ‘mukbang’, yaitu sebuah video yang kontennya berisi tentang seseorang yang sedang makan, jadi di dalamnya Anda hanya akan melihat orang yang sedang makan. Dan biasanya memiliki porsi yang besar.

Youtubers

Lalu, apakah Anda juga ingin menjadi Youtuber dan mencari penghasilan di sana? Kalau begitu Anda harus tahu cara menjadi Youtuber yang sukses, bahkan dari nol. Berikut adalah ulasannya.

Beginilah Cara Menjadi Youtuber Yang Sukses Dari Nol

Di jaman yang serba canggih dan modern ini banyak sekali orang-orang yang membuat video untuk dibagikan kepada masyarakat. Video tersebut bisa berupa hal apapun. Salah satu situs atau aplikasi yang terkenal membagikan video adalah Youtube. Anda pasti sudah tak asing bukan dengan situs yang satu ini? Banyak orang berlomba-lomba untuk bisa menjadi Youtuber terkenal dan dapat meraih kesuksesan.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah jenis channel yang ada di Youtube. Channel pertama adalah tayangan yang sudah memiliki banyak subscriber. Video Youtube yang memiliki banyak subscriber ini biasanya memiliki link atau hubungan dengan artis atau Youtuber terkenal lain atau memiliki modal yang banyak.

Channel  yang kedua adalah channel yang dibangun dari awal, tidak memiliki subscriber, dan bahkan tidak memiliki modal. Jika Anda ingin mulai menjadi seorang Youtuber namun Anda ada di posisi yang kedua, maka Anda harus bisa mempelajari cara menjadi Youtuber yang sukses. Berikut adalah cara-cara yang harus Anda terapkan :

  1. Tentukan Siapa Penonton

Pertama, cara menjadi Youtuber yang sukses adalah dengan menentukan siapa      audiencenya. Sebuah video atau tayangan yang akan dibagikan pastinya membutuhkan   penonton. Sehebat dan sebagus apa pun video Anda, jika tak ada penontonnya, maka          akan menjadi video yang tak ada gunanya. Namun bagaimana jika subscriber channel Youtube masih nol? Siapa yang akan menonton?

Baca juga : Cara Sukses Menggunakan Video Marketing

Pada dasarnya, orang menonton video yang ada di Youtube karena mencari dua hal.          Yang pertama adalah entertainment atau hiburan, sedangkan yang kedua adalah edukasi atau pendidikan. Sebaiknya Anda pilih dahulu termasuk yang manakah video yang Anda buat. Namun Anda bisa saja memasukkannya ke dalam dua kategori sekaligus. Anda bisa membuat video hiburan yang mengedukasi, atau membuat video edukasi yang menghibur. Nah, setelah mengetahui kategori video Anda, Anda menjadi lebih paham siapa target yang menonton serta apa yang mereka inginkan dari video Anda.

  1. Mencari Subscriber Dengan Natural

Kedua, cara menjadi Youtuber yang sukses adalah dengan mencari atau membangun        subscriber senatural mungkin. Anda harus memfokuskan diri untuk membangun         subscriber, karena subscriber inilah yang bisa membuat channel Youtube Anda   semakin berkembang setiap harinya. Lalu bagaimana sajakah caranya untuk bisa      membangun subscriber secara natural?

subscribe youtubers

Cara yang pertama adalah dengan membuat video yang memiliki kualitas. Tentu saja        semua hal yang berkualitas akan mendatangkan dampak positif. Untuk itu, sebisa       mungkin buatlah video Anda menjadi video yang berbobot. Dalam konteks ini bukan       berarti Anda harus membuat video dengan tema serius. Melainkan buatlah video yang            bisa memberikan pesan positif dan inspiratif bagi para audience Anda.

Cara yang kedua adakah dengan membuat video yang tentunya relevan dengan      penonton. Hal ini berkaitan dengan cara yang pertama. Buatlah video yang memang menjadi kebutuhan para penonton atau video yang sedang mereka cari. Dalam          pembuatannya, detik-detik awal dalam video merupakan momen yang penting. Jadi,      sebisa mungkin buatlah arah yang jelas pada detik-detik awal video. Sehingga para             penonton langsung mengerti video apa yang mereka tonton.

Baca juga : Menguak Layar Bisnis Selebgram dan Keuntungannya

Sedangkan cara yang ketiga adalah dengan membuat judul dan gambar thumbnail             semenarik mungkin. Mungkin beberapa dari Anda masih menganggap sepele hal ini. Tapi, cara ini merupakan salah satu cara penting yang tak boleh dilewatkan. Hal         pertama yang akan orang lihat sebelum memutuskan untuk menonton video adalah dari judul dan thumbnailnya. Jika judul dan thumbnailnya saja tidak menarik, maka dapat dipastikan mereka tak akan menonton video Anda.

  1. Mulailah Dari Lingkungan Sosial Dan Hindari Spamming

Cara menjadi Youtuber yang sukses selanjutnya adalah dengan memulainya dari   lingkungan sosial Anda. Langkah ini merupakan awal yang tepat bagi Anda yang       berstatus sebagai pemula. Untuk mendapatkan subscriber yang lebih banyak, Anda bisa menyalurkan link channel Youtube Anda di media sosial yang dimiliki. Misalnya             Facebook, Twitter, Instagram, dan media lainnya. Tapi hindari spamming di dalam    media sosial karena akun Anda bisa dibanned oleh Youtube.

spammers

Tunggu saja hasilnya berapa subscriber yang Anda miliki, meskipun membutuhkan          waktu yang agak lama. Biarkan saja prosesnya berjalan senatural mungkin. Karena       sebuah keberhasilan tidak ada yang berjalan dengan instan. Para Youtuber sukses pun    juga membutuhkan waktu paling tidak satu tahun untuk bisa mendapatkan subscriber dalam jumlah banyak.

Selain itu, untuk bisa menarik penonton, Anda bisa melakukan video kolaborasi dengan teman atau pun Youtuber lainnya. Tidak harus dengan Youtuber terkenal, meskipun hal     ini akan lebih memberikan efek positif. Namun video kolaborasi ini bisa menjadi salah satu variasi untuk konten Anda. Sehingga jika ada yang menonton, mereka akan            menganggap Anda adalah orang yang kreatif dan inovatif.

Jangan lupa juga untuk membalas komentar yang ditinggalkan penonton di video Anda.   Balaslah sewajarnya untuk bisa membangun interaksi dengan penonton Anda. Anda            juga bisa membaca sendiri apa feedback dan keinginan penonton terhadap video Anda agar semakin berkembang menjadi lebih baik lagi.

  1. Memaksimalkan Tampilan Dan Deskripsi Channel Youtube

Memaksimalkan tampilan dan deskripsi pada channel Youtube merupakan salah satu        cara menjadi Youtuber yang sukses. Karena masih banyak para Youtuber pemula yang   meremehkan hal ini, sehingga penonton pun tidak memiliki ketertarikan untuk melihat isi konten dari channel Youtube Anda. Buatlah channel Youtube yang mampu menarik perhatian para audience.

Pertama, buatlah rincian atau deskripsi secara singkat pada bagian ’about’ pada channel Youtube. Jelaskan konten apa yang ada pada channel Anda dan selipkan beberapa deskripsi penting lainnya secara singkat. Kedua, jangan lupa untuk hubungkan channel Anda ke media sosial yang dimiliki. Ketiga, pasanglah logo atau gambar yang menarik     di bagian home channel.

Selanjutnya, jika Anda sudah memiliki banyak video, Anda bisa mengkategorikan            video-video tersebut pada bagian playlist, sehingga para penonton akan lebih mudah     memilih video yang akan ditonton. Yang terakhir, optimalisasi pada bagian judul           video, deskripsi dan gunakan tag seperlunya.

Sampai saat ini, untuk menentukan kualitas dari sebuah video di Youtube adalah dilihat dari banyaknya pengunjung dan jumlah viewers. Jika sebuah video di Youtube memiliki pengunjung yang banyak, maka video tersebut bisa mendapatkan promosi gratis penayangan pada bagian home. Sedangkan jika memiliki viewers yang banyak, video tersebut akan bisa mendapatkan ranking yang baik dalam kolom pencarian. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dengan baik cara menjadi Youtuber yang sukses seperti di atas.

Demikianlah ulasan ini mengenai cara menjadi Youtuber yang sukses. Kesuksesan dapat diraih berdasarkan niat serta usaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Lakukanlah yang terbaik agar bisa menjadi Youtuber yang sukses.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Tags:

Belum ada Komentar untuk Rahasia Cara menjadi Youtuber Yang Sukses Mulai Dari Nol

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Rahasia Cara menjadi Youtuber Yang Sukses Mulai Dari Nol

diabetes protocol

How to Cure Diabetes without Drugs and Insulin

T 15 December 2014 F , A jeffsitopu

Having diabetes is an unfortunate condition, especially because the treatment can be expensive. Diabetes makes it hard for many people to live normally, and for those who cannot afford constant medication, it can end with amputation or death. Diabetes Protocol... Selengkapnya

Mengapa Harus Memilih Theme WordPress Yang Cocok Untuk Blog Anda

T 16 February 2017 F , A jeffsitopu

Bagi mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogger tentu yang namanya template atau theme sudah tak asing lagi bagi Anda termasuk theme wordpress sebagai salah  satu penyedia platform blogging yang cukup populer. Untuk mendapatkan template yang akan kita gunakan... Selengkapnya

Video-Marketing-Trends-2018

Cara Sukses Menggunakan Video Marketing

T 18 May 2018 F , A jeffsitopu

Dalam dunia bisnis digital, saat ini video marketing digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran produk di media sosial. Dengan video marketing ini, para pebisnis dapat mengembangkan produk mereka lebih besar dan luas lagi. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan media... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets