Strategi Mengelola Blog untuk Belajar Bisnis Internet

Strategi Mengelola Blog untuk Belajar Bisnis Internet

Jaman sekarang, bahkan orang-orang yang baru belajar bisnis internet sudah mengetahui pentingnya memiliki blog untuk memasarkan produk. Blog merupakan sarana promosi yang memikat calon pembeli dengan cara memberi konten yang menarik, yang kemudian akan memengaruhi mereka untuk mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan. Akan tetapi, karena semua orang saat ini membuat blog, persaingan menjadi semakin ketat. Para pemasar baik yang baru maupun lama harus berusaha keras supaya blog mereka mendapat trafik yang tinggi tanpa melakukan prosedur yang kurang etis, terutama karena algoritma Google saat ini semakin ketat dalam mendeteksi metode pemasaran digital curang (black hat).

Secara umum, panduan utama membuat blog untuk digital marketing memiliki beberapa fokus: menciptakan konten yang sistematis serta menarik, menyesuaikan konten dengan sasaran pembaca, serta menyebarkannya sebanyak dan sejauh mungkin agar menjangkau makin banyak pelanggan potensial. Akan tetapi, ada berbagai metode yang dikembangkan dari ketiga fokus ini agar blog menjadi semakin populer serta berhasil meningkatkan hasil pemasaran.

Langkah Mengelola Blog untuk Belajar Bisnis Internetblogging bisnis

Jika Anda baru mulai belajar bisnis internet dan ingin membuat blog yang sukses, blog tersebut harus direncanakan dengan baik sejak awal. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan agar sebuah blog menjadi sukses dan berkembang pesat menjadi sarana pemasaran terbaik:

  • Merencanakan rincian konten dan jadwal sistematis.

Blog harus direncanakan sejak awal, termasuk isi, desain, gaya bahasa, dan jadwal penulisan artikel blog. Bahkan ketika Anda baru mulai dengan blog gratisan, pemilhan desain serta gaya bahasa blog tersebut harus direncanakan dengan baik agar sesuai dengan jenis produk yang dipromosikan serta sasaran pelanggan. Selain itu, jadwal blogging sebaiknya ditentukan: ada baiknya membuat artikel dua atau tiga hari sekali (terutama jika Anda tak sempat memuat artikel blog sekali sehari).

  • Ciptakan garis besar ide artikel.

Setiap hendak menulis artikel blog, gunakan garis besar ide agar artikel tidak mengawang-awang. Hal ini penting agar artikel blog menjadi tajam namun tetap menarik dibaca. Anda juga bisa menciptakan ide blog lewat komentar atau pertanyaan dari pembaca yang berkomentar pada artikel blog Anda. Garis besar ide ini juga bisa menjadi “persediaan” tema untuk menulis beberapa artikel blog sekaligus, sehingga Anda bisa memperbarui isi blog dengan cepat dan mempertahankan trafik pengunjung.

  • Ciptakan isi artikel yang menarik.

Dalam digital marketing, Anda harus pandai membuat konten yang menonjol dalam situs atau blog. Pembaca blog tidak akan langsung tertarik pada tawaran penjualan, tetapi pada isi blog tersebut. Ketika pembaca sudah setia pada blog tersebut, akan lebih mudah untuk menawarkan produk atau jasa. Konten blog ideal harus menarik, tidak bertele-tele, dan menggunakan judul yang bisa langsung menarik perhatian, misalnya menggunakan angka (“5 Tips…,” “10 Langkah…,”) kata-kata yang mengungkapkan emosi (“paling populer,” “terbaik,” “paling kontroversial”), atau menyelipkan nama/kata-kata terkait tren terkini.

  • Pastikan memahami pembaca blog.

Orang yang baru belajar marketing cenderung membuat kesalahan dengan membuat blog “gado-gado,” membahas berbagai hal yang menarik, tanpa menyadari kalau mereka menyia-nyiakan kesempatan mendapat pembaca setia yang tertarik pada suatu tema. Blog untuk marketing sebaiknya tetap setia pada tema produk yang dibahas, namun tema artikel blog bisa dicari secara kreatif berdasarkan tema tersebut. Dengan demikian, blog marketing tersebut akan mendapat pembaca setia, yang kemudian berkesempatan menjadi pembeli atau pelanggan setia.

  • Pastikan blog terlihat profesional.

Jika Anda ingin menjadikan blog tersebut media profesional untuk pemasaran, pastikan membuatnya tampak profesional. Gunakan desain yang cocok untuk bisnis, tidak kekanak-kanakan atau menggunakan paduan warna dan huruf yang tidak profesional. Menulislah dengan baik, menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan bahasa yang cocok untuk pasar pembaca Anda. Kurangi kemungkinan salah eja atau penulisan kalimat yang rancu. Walaupun Anda menulis artikel yang mengungkapkan pengalaman atau kisah pribadi, atau menulis postingan yang temanya ringan, pastikan tetap menggunakan bahasa yang baik.

Akhirnya, ketika blog marketing Anda sudah cukup stabil dan memeroleh pembaca yang lumayan, pastikan untuk tidak membuatnya seperti “situs untuk jualan.” Pengguna internet cenderung tidak suka dibombardir oleh tawaran pemasaran begitu saja. Membuat mereka tertarik dan bahkan loyal pada Anda adalah kunci untuk menarik pembelian serta menciptakan jaringan pelanggan setia.

Cara Menyebar Tautan Blog untuk Marketing

Dalam digital marketing, memperluas pembaca blog sangat penting. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, mulai dari memanfaatkan teknik SEO, menggunakan software untuk mendongkrak trafik, menulis artikel di blog orang lain sebagai guest blogger, hingga membidik sebanyak mungkin jejaring sosial untuk menyebarkan tautan blog. Berikan pilihan untuk kontak langsung pada Anda, misalnya alamat email khusus bisnis, karena ini juga adalah cara untuk menciptakan daftar kontak yang akan bermanfaat bagi bisnis. Buatlah halaman khusus untuk blog Anda di Facebook, atau akun khusus di Twitter, Instagram dan berbagai jejaring sosial lain.

Blog adalah sarana untuk membangun jaringan pembaca dan pelanggan potensial, dan walaupun Anda baru belajar bisnis internet, Anda bisa membuat blog yang berkualitas dan nampak profesional sejak hari pertama.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *