Teknik Jitu Menjual Produk PLR di Market Lokal

Teknik Jitu Menjual Produk PLR di Market Lokal

Masyarakat Indonesia terkenal sering menggunakan media sosial. Menurut KOMINFO, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Melihat fakta ini, wajar saja jika berbisnis melalui internet menjadi sebuah peluang yang menggiurkan. Salah satunya adalah bisnis online jual beli produk PLR.

Lalu, apa sih yang disebut dengan PLR? PLR adalah singkatan dari Private Label Rights atau kerap juga disebut dengan Private Label Reseller Rights.

Kata rights yang dalam istilah tersebut mengacu pada hak kekayaan intelektual. Dalam praktiknya, para pembuat karya sengaja menjual lisensi atas karyanya tersebut kepada pihak lain yang kemudian berhak untuk memiliki, menerbitkan, ataupun memperjualbelikan.

teknik menjual produk plr

Contohnya, seorang penulis artikel konten menjual artikelnya kepada seorang reseller. Nah, reseller artikel ini akan menjualnya kepada masyarakat umum yang membutuhkan dan berminat pada artikel tersebut. Selain artikel konten, contoh jenis produk PLR yang bisa diperjualbelikan adalah ebook, template, dan software. Seperti Blog Duit adalah Produk White Label  Kumpulan Video Panduan, Mau tahu apa saja yang ada di dalam paket produk blog duit yang bisa anda pelajari dan di jual ulang. Selengkapnya baca disini.

Sebenarnya tugas seorang reseller cukup mudah. Anda hanya perlu memilih produk PLR mana yang laku dijual ke tengah masyarakat. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui teknik penjualan atau marketing yang tepat agar produk PLR itu laku keras.

Baca juga artikel:
Memulai Bisnis dengan Menjual Produk PLR
Meraup Keuntungan 100% dari Produk PLR
Riset Produk PLR yang Banyak Diminati

Ada baiknya Anda memfokuskan penjualan produk PLR ke market lokal terlebih dulu. Selain karena penduduk Indonesia sangat banyak, pengguna media sosial pun bisa dijadikan target pasar untuk jual produk PLR.

Baiklah, setelah mengetahui sekilas mengenai Private Label Rights, Anda dapat mempelajari teknik jitu untuk menjual produk PLR di market lokal. Berikut ini penjelasannya:

Teknik Produk Plr

  1. Pelajari teknik marketing, lalu bumbui dengan cita rasa lokal.

Teknik marketing yang kompeten dapat dipelajari melalui buku-buku marketing dari para pakar, seperti Hermawan Kartajaya, Yuswohady, Ippho Santosa, dan pakar marketing hebat Indonesia lainnya. Jika sudah betul-betul memahami ilmunya, bersiaplah untuk mengaplikasikan dengan dibumbui cita rasa lokal. Misalnya, mencantumkan kalimat ‘produk terlaku di Indonesia’.

  1. Pilih market lokal yang penuh dengan orang-orang kreatif.

Cara memilih market lokal yang sesuai dengan jenis produk PLR itu susah-susah gampang. Tentukan sejak awal, Anda ingin mendapatkan keuntungan besar dari jenis produk PLR yang mana. Hal ini berkaitan dengan market lokal tersebut.

Biasanya produk PLR adalah produk digital yang sering dibutuhkan anak muda, serta mereka yang bekerja di industri kreatif. Ada baiknya Anda pilih market lokal dengan kategori usia, atau jenis profesi tertentu. Misalnya, usia 20-40 tahun dengan profesi seperti desainer grafis, penulis, pemilik atau staf perusahaan startup, dan lain-lain.

  1. Lakukan promosi ke beberapa marketplace dan media sosial. Jika perlu, mintalah endorsement kepada tokoh atau public figure sering wara-wiri.

Masyarakat Indonesia senang berhubungan dengan tokoh idola mereka melalui banyak cara, misalnya mengikuti akun media sosial penyanyi, aktor, komedian, dan sebagainya. Hal ini dapat Anda gunakan untuk meraup untung besar dengan berjualan produk PLR di sana, atau melalui marketplace dengan jumlah ‘pengguna’ besar, seperti KasKus.

  1. Menggunakan email marketing

Sebenarnya teknik ini agak riskan, karena produk PLR yang Anda jual langsung dikirimkan ke alamat email calon pembeli potensial. Namun, jika keuntungan 100% yang Anda sasar, tidak ada salahnya mencoba teknik ini. Pelajari juga Teknik email marketing supaya gold anda bisa tercapai, anda bisa belajar disini.

Jadi Anda perlu memiliki akun email berlangganan, semacam mailing list, yang anggotanya adalah target pembeli, yang Anda tahu memiliki dana untuk membeli produk PLR.

Semoga teknik menjual produk PLR seperti di atas ini bermanfaat bagi bisnis online Anda, ya. Selamat mencoba!

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *