Beranda » Artikel » Tips Jualan Online bagi Pemula

Tips Jualan Online bagi Pemula

T Diposting oleh pada 17 December 2017
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 367 kali

Tidak sulit sebenarnya untuk memiliki usaha jualan online, bahkan ada beberapa tips yang sanggup dilakukan sebagai pemula agar lebih mudah dan sukses. Usaha dengan berjualan online merupakan suatu cara untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan mudah dan tidak terlalu sulit apalagi dibutuhkan cara bagaimana agar konsumen memiliki minat untuk membeli meskipun tidak bertemu langsung dengan sang penjual.

Dikarenakan berjualan online tidak membutuhkan modal yang sangat besar dan memungkinkan keuntungan yang di dapat lumayan banyak, tidak heran banyak orang yang beramai-ramai berpindah yang awalnya seorang pegawai memutuskan menjadi seorang penjual online. Setiap usaha bisnis sudah pasti memiliki hambatan sendiri apalagi sebagai penjual online pemula, namun tidak perlu takut untuk memulai usaha berjualan online.

tips jualan online

5 tips jualan online yang dapat membantu para pemula untuk sukses dan maju dalam berjualan online.

1. Tentukan Jenis Usaha Apa yang Ingin Ditawarkan

Dalam dunia bisnis sendiri terdapat 2 macam jenis usaha yang dapat ditawarkan. Ada yang menawarkan produk dan ada yang menawarkan jasa. Disarankan bagi penjual online pemula, harus menentukan apa jenis usaha apa yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Untuk usaha jenis menawarkan produk, berarti sang penjual online ini harus berjualan suatu atau beberapa barang dengan cara online. Sang penjual online mampu memproduksi barang jualan sendiri atau membeli dengan memakai sistem dropship. Tidak hanya dalam produk bentuk fisik, sang penjual online mampu berjualan produk dalam bentuk digital seperti pulsa, tiketonline, dan sejenisnya.

Selain usaha jenis menawarkan produk, sang penjual pun dapat menawarkan jasa secara online. Ada beberapa contoh penawaran jasa secara online, misalnya jasa pembuatan website, jasa iklan murah, atau jasa penerjemah. Semua pilihan usaha jenis apapun, yang harus benar-benar diperhatikan adalah sang penjual online harus menyukai bisnis tersebut dan menerima hambatan yang didapat dalam berjualaan online agar mampu berkembang dalam waktu jangka panjang.

2. Memperkenalkan Usaha Online Sendiri Melalui Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial, sang penjual online mampu memperkenalkan toko online yang dimiliki serta produk atau jasa yang ditawarkan kepada para konsumen. Sang penjual online dapat membayar jasa pembelian follower aktif dengan harga yang relatif murah dan variatif, dan semua tergantung dengan jumlah follower yang diinginkan.

tips jualan online

Tidak hanya itu, sang penjual pun mampu menggunakan jasa influencer yang terdapat di media sosial untuk melakukan endorsement terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Banyak media sosial yang dapat sang penjual online gunakan, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Blackberry Messenger.

Di Facebook, pebisnis online pemula dapat membuat page dalam berjualan hanya dengan menggunakan foto profil yang tepat dan jelas untuk merepresentasikan usaha online tersebut. Jelaskan sedemikian mungkin secara rinci dan detail tentang produk atau jasa apa yang ditawarkan.

  • Blackberry Messenger (BBM)

Jejaring sosial messenger ini termasuk strategi yang dapat dilakukan oleh pemula sekalipun, Media ini sering digunakan sebagai sarana memasarkan produk dan komunikasi. Dengan Blackberry Messenger, penjual online harus serius melayani dan benar-benar aktif. karena fitur yang digunakan oleh BBM ini adalah Add PIN atau QR-code. Selain BBM, juga terdapat beberapa pilihan jejaring sosial messenger lainnya yang menawarkan jasa serupa seperti LINE, Whatsapp, BeeTalk atau WeChat.

Instagram memiliki engagement rate lebih tinggi dibandingkan Facebook. Engagement rate di Facebook sekitar 0,07% hingga 1,2%. Sedangkan pada Instagram, engagement rate yang diraih mencapai 4,21%. Setiap postingan produk atau jasa yang ditawarkan akan mendapatkan respon yang lebih cepat dan banyak seperti like atau komentar.

Untuk menunjang hal tersebut setiap posting foto produk atau usaha yang ditawarkan di Instagram disarankan menggunakan hashtag (#) yang relevan, dan tidak ketinggalan deskripsi produk atau jasa secara rinci, singkat, jelas, dan padat.

Diluar kelebihan yang mudah dan murah, pemasaran produk melalui media sosial mampu dilakukan dengan cara cepat dan instan bahkan dalam hal update penambahan produk atau jasa yang ditawarkan. Meskipun sosial media sangat bermanfaat dalam usaha online tersebut, harus diingat bahwa sosial media bukanlah sebuah tempat jualan yang sebenarnya. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan penjual online itu sendiri adalah membangun tempat jualan dalam hal alamat dan tempat yang jelas.

3. Memiliki Website Sendiri

Dalam tahap awal jualan online menggunakan sosial media dalam memperkenalan jenis usaha yang ditawarkan salah satu solusinya. Atau bahkan dapat memasang iklan pada website orang lain yang memiliki traffic dan rating tinggi. Namun, untuk bisa terus mengembangkan jualan online, Sudah seharusnya memiliki website yang dapat dijadikan sebagai “tempat jualan” online sendiri.

tips jualan online shop

Bagi penjual online yang memang tidak mampu membuat website sendiri dapat menggunakan jasa pembuatan website yang ditawarkan. Dengan dana yang disesuaikan, sang penjual online sudah dapat memiliki website pribadi untuk jualan online.

Sedangkan bagi penjual online yang mampu membuat website dengan membayar biaya hosting per bulannya sekitar Rp20.000 sampai Rp30.000 berikut domainnya. Jika sang penjual online berhasil mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka dia sudah “balik modal”.

4. Melakukan Pemasaran yang Tepat dan Strategis

Terdapat 3 komunitas secara garis besar dalam menggunakan internet. Pertama hanya untuk sekedar mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan dan yang ketiga untuk membeli produk atau jasa. Sang penjual online dapat dengan mudah memasarkan produk maupun jasanya hanya dengan content marketing serta target komunitas yang tepat.

Dengan cara mengumpulkan email dari calon konsumen ini salah satu cara pemasaran produk dan jasa yang bersifat pribadi. Teknik penjual online cara ini dapat menggunakan skill email marketing, Untuk berjualan bahkan menjalin hubungan baik dengan konsumen anda (Client Oriented). Dengan cara ini mampu membangun jualan online dalam jangka panjang.

5. Memberikan Pelayanan Secara Lebih

Tips jualan online yang terakhir adalah memberikan pelayanan secara lebih. Toko online yang dimiliki dapat unggul dibandingkan para pesaing dengan cara pelayanan yang diberikan. Pelayanan tersebut dapat berupa layanan yang cepat dan mudah. Bahkan sang penjual online dapat memberikan kualitas produk atau jasa yang terbaik bagi konsumen.

Pelayanan secara lebih tersebut mampu menjadi nilai tambah untuk membangun kredibilitas toko online yang dimiliki di mata konsumen. Semakin baik pelayanan yang diberikan kepada konsumen, semakin banyak pelanggan yang akan mempercayai produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen, jualan online akan lebih berkembang dan bertahan dalam jangka panjang.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Tips Jualan Online bagi Pemula

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Tips Jualan Online bagi Pemula

Belajar Affiliate Marketing Untuk Meningkatkan Penghasilan

Belajar Affiliate Marketing Untuk Meningkatkan Penghasilan

T 8 August 2014 F , A jeffsitopu

Bisnis online affiliate marketing memang sangat menggiurkan. Bisnis online yang satu ini membutuhkan modal yang relatif kecil, fleksibel untuk dikerjakan di mana saja, bisa dikerjakan oleh siapa saja dan menjanjikan keuntungan yang tidak kecil. Para pelakunya pun tak dibebani dengan... Selengkapnya

Cara Berjualan Online

T 28 March 2017 F , , A jeffsitopu

Cara jualan online – Meski sama-sama jualan, antara jualan offline dan online jelas memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Karena itulah, orang-orang yang sukses berjualan offline, tidak bisa dikatakan serta-merta akan sukses ketika merintis bisnis online. Cara jualan online shop cenderung soft selling,... Selengkapnya

Inilah Rahasia Sukses Bisnis Online

T 7 October 2014 F , A jeffsitopu

Menjalankan bisnis online semakin menjadi pilihan bagi para pebisnis. Kondisi ini diperkuat dengan pengguna internet yang semakin meningkat. Gaya hidup masyarakat yang mulai bergeser ke belanja online membuka peluang bisnis online semakin besar. Jumlah pebisnis online pun semakin meningkat, sehingga... Selengkapnya

+ SIDEBAR

join channel telegram saya

join channel telegram saya

Dapatkan informasi dan bonus gratis saya.. klik gabung sekarang

Twets