Beranda » Artikel » Tips Sukses Menggunakan Email Marketing

Tips Sukses Menggunakan Email Marketing

T Diposting oleh pada 1 June 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 29 kali

Email marketing merupakan sebuah cara paling mudah dan efektif yang digunakan setiap perusahaan untuk membangun sebuah koneksi yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan email marketing, setiap pebisnis akan lebih mudah memberikan sebuah pengarahan dan promosi kepada pelanggannya. Selain lebih cepat, cara promosi dengan menggunakan media email marketing pun dinilai lebih praktis dan menghemat waktu serta biaya. Bagi Anda seorang pebisnis pemula yang ingin tahu cara email marketing, maka inilah tips sukses menggunakan email marketing yang perlu Anda ketahui!

5 Tips Sukses Menggunakan Email Marketing Dalam Promosi Produk

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tips sukses menggunakan email marketing dalam sebuah promosi produk!

1. Anda harus menentukan target penerima email

Tips sukses menggunakan email marketing yang pertama ialah Anda harus menentukan target penerima email yang memang membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Untuk membuat calon konsumen tidak menganggap email marketing yang kita buat bukanlah spam. Maka yang penting ialah Anda harus pastikan memiliki database koresponden atau list building.

tips sukses email-marketing

Tujuan utama dari sebuah email marketing sebuah produk ialah tidak hanya serta-merta untuk menjualnya dan mendapatkan pelanggan. Untuk mendapatkan perhatian dan menumbuhkan ketertarikan pada pelanggan maka kita dapat memulainya dengan pengenalan produk. Hal ini karena setiap pengunjung yang membuka email kita belum tentu akan menjadi pelanggan produk kita. Sehingga bangunlah sebuah promosi yang baik dan tentukan target penerima email agar tepat sasaran.

Untuk mendapatkan target sasaran yang sesuai, Anda dapat membuat sebuah kategori penerima email marketing. Target penerima email di antaranya dapat ditujukan pada mereka yang baru pertama kali dikenal, calon pelanggan yang berpotensi dan potensial, ataupun pelanggan lama. Isi dari email marketing pun harus disesuaikan dengan calon penerimanya.

Baca juga : Panduan Email Marketing Lengkap

2. Membuat sebuah judul email yang menarik

Seperti halnya dalam sebuah judul bacaan, judul email marketing pun haruslah menarik. Hal itu dikarenakan judul email merupakan suatu hal yang dicari dan dibaca oleh penerimanya. Judul yang menarik akan mendorong penerimanya ingin membaca isi dari email yang masuk. Untuk sebuah judul email dalam tips sukses menggunakan email marketing, sebaiknya gunakan judul yang tidak melebihi 30 karakter. Usahakan judul yang Anda buat singkat, padat, dan jelas agar penerima bersedia membaca isi email secara keseluruhan.

3. Mendesain tampilan email agar terlihat menarik

Dalam tips sukses menggunakan email marketing yang perlu Anda perhatikan ialah tampilan email yang Anda buat. Setelah judul, hal kedua yang dilihat oleh penerima email ialah tampilan dari email itu sendiri. Visualisasi dari sebuah email akan menjadi pusat perhatian bagi setiap penerima email. Maka dari itu, untuk membuat penerima tidak bosan dengan isi dan tampilan email pilihlah desain yang unik dan menarik.

Dalam mendesain tampilan email yang perlu Anda perhatikan ialah perpaduan antara gambar dan font tulisan. Untuk membuat email Anda terkesan beda dengan email biasanya maka sesuaikan tampilannya dengan brand produk bisnis Anda. Jika sudah, maka fokuslah pada tampilan di perangkat mobile (smartphone). Benar sekali, saat ini besar kemungkinan hampir semua pemilik smartphone akan mengaktifkan notifikasi email.

Oleh sebab itu, Anda pun harus dapat mengatur template email yang optimal agar email mudah di baca oleh penerimanya. Terutama saat melakukan zooming dan scrolling.

4. Membuat sebuah konten yang menghasilkan konversi

Tips sukses menggunakan email marketing yang baik setelah mendapatkan perhatian dari penerima email ialah fokus pada konten email. Dalam pembuatan sebuah email marketing produk, Anda harus menyesuaikan konten dengan target serta tujuan utama email dibuat.

Bilamana email Anda berbentuk newsletter, maka kirimkanlah email yang menarik serta bermanfaat. Anda pun dapat memberikan arahan tambahan untuk masuk ke website Anda jika penerima atau pembaca membutuhkan informasi yang lebih lengkap. Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan trafik dari pengunjung email marketing produk Anda.

Namun, jika email marketing Anda berisikan tentang sebuah iklan promosi maka jelaskanlah secara singkat dan jelas tentang produk dan layanan Anda. Pada umumnya, untuk sebuah perusahaan e-commerce akan memberikan voucher dan diskon khusus untuk menambah konversi penjualan melalui media email. Dalam pemberian promo dan diskon, Anda pun dapat memberikan waktu batasan diskon.

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing Dalam Bisnis Online

5. Membangun komunitas yang konsisten

Tips sukses menggunakan email marketing yang kelima ialah membangun sebuah komunikasi yang baik dengan pembaca atau pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi keberhasilan email marketing Anda sendiri. Untuk membangun komunikasi ini Anda dapat memanfaatkan beberapa media sosial lainnya untuk tetap dapat saling berinteraksi. Jangan lupa pula untuk mencantumkan alamat website dan media sosial dalam signature email.

Dalam tahap ini, Anda pun dapat memanfaatkan kegunaan autoresponder. Yang mana email dapat langsung merespon pada keterangan pelanggan yang telah terhubung dengan Anda. Sebagai contohnya, saat pelanggan Anda memiliki database tanggal lahir, maka Anda dapat secara otomatis memberikan ucapan selamat ulang tahun padanya melalui email. Sedangkan jika pelanggan Anda telah mendownload ebook ataupun file dari website, maka mereka akan mendapatkan follow up secara otomatis dari email.

Pengumpulan database pelanggan berkualitas merupakan salah satu kunci kesuksesan dari sebuah email marketing. Dengan memanfaatkan fitur form submission dan newsletter yang tersedia, maka Anda dapat mengumpulkan data pelanggan secara mudah. Database pelanggan yang berkualitas akan membantu Anda terhindar dari spam filtering. Dengan demikian maka persentase keberhasilan email marketing Anda akan semakin tinggi.

5 tips sukses menggunakan email marketing di atas dapat Anda terapkan pada promosi produk Anda. Email marketing menjadi salah satu cara efektif untuk melakukan promosi secara digital yang patut dicoba. Kami yakin Anda akan sukses melakukan pemasaran digital melalui email marketing ini.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Tips Sukses Menggunakan Email Marketing

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Tips Sukses Menggunakan Email Marketing

Tips Jualan Online bagi Pemula

T 17 December 2017 F , , A jeffsitopu

Tidak sulit sebenarnya untuk memiliki usaha jualan online, bahkan ada beberapa tips yang sanggup dilakukan sebagai pemula agar lebih mudah dan sukses. Usaha dengan berjualan online merupakan suatu cara untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan mudah dan tidak terlalu sulit apalagi... Selengkapnya

Rekomendasi Theme WordPress Yang Unik Dan Seo Friendly

T 6 February 2017 F , , A jeffsitopu

Bagi Anda yang baru terjun pada dunia e-commerce atau blogging dan ingin  memiliki theme dengan desain yang mempunyai tampilan premium berarti Anda harus membaca ulasan ini sampai tuntas. Sesungguhnya banyak sekali theme-theme tak berbayar yang terlihat sangat keren pada blog... Selengkapnya

fokus bisnis

Kriteria Bisnis Sukses Online Marketing

T 13 October 2014 F , A jeffsitopu

Jika sudah ada banyak sekali orang yang terkait dengan sebuah bisnis sukses online marketing, tentu saja kesempatan yang ada akan semakin besar jika dilakukan dengan nominal yang lebih besar lagi yang berkaitan dengan nilai investasi. Nilai investasi yang lebih besar... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets