Warren Buffet Sang Filsuf Investasi

Warren Buffet Sang Filsuf Investasi

Sumber: http://b-i.forbesimg.com/

Siapa yang tak kenal seorang CEO Berkshire Hathaway, Dairy Queen, Heinz, Coca-Cola, dan IBM. Tak lain adalah Warren Buffet. Beliau yang memiliki filosofi dan pengeloaan investasi yang sangat kuat dan hemat sifatnya.

Do not depend on a single income. Invest and create a second, third source of income.

Itulah kalimat yang terkenal dari Warren. Kalimat itu memiliki arti yaitu, jangan hanya memiliki satu sumber panghasilan saja. Mulailah berinvestasi.

Dengan kata lain, kalimat tersebut menjelaskan bahwa ,tabungan dan investasi memiliki peran sebagai penghasilan kedua, sehingga Anda memiliki penghasilan lain, selain dari pekerjaan Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk di masa tua nantinya. Sehingga, untuk para karyawan, jika ingin menjadi sukses, jangan hanya mengandalkan gaji bulanan saja, melainkan segera memulai untuk berinvestasi dan menabung untuk masa tua nanti. Dan sebagai persiapan Anda, ketika Anda dipecat dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Beliau pernah dijadikan inspirator dan objek dalam seminar ternama pada tahun 2012 yang diadakan tim Mario Teguh, motivator terkenal di Indonesia. Seminar tersebut memfokuskan pada pembelajaran dari Warren. Karena Warren sudah diakui oleh dunia, khususnya di dunia investasi, bahwa beliau seorang investor saham yang sangat sukses. Seminar tersebut memiliki tema yang berjudul “sifat khawatir jika Warren investasi saham di Indonesia.”

Bagaimana dengan investor saham lainnya? Pasti tergeser dengan beliau. Karena sudah terbukti, saat Warren investasi saham di Amerika dengan ekonomi yang lebih tinggi dari Indonesia, bisa menggeser para investor saham lainnya di Amerika. Sungguh mengkhawatirkan jika Werren investasi saham di Indonesia.

Warren Adalah Seorang Introvert

Warren dikenal sebagai orang introvert di antara introvert lainnya seperti Marck Zuckerberg, JK Rowling, Larry Page, Carles Darwin, Mahatma Gandhi, Rose Parksdan yang hampir bisa memegang dan mengubah keadaan dunia. Dan saah satunya adalah Warren Buffet sebagai pengubah sekaligus pemegang dunia dalam dunia investasi dan saham.

Seorang introvert yang memiliki kekurangan, namun bisa ditutupi dengan segudang kelebihan yang mereka punya. Entah itu hobi, kecerdasan, intelektual, pemikiran, atau kerja kerasnya.

Seseorang yang introvert adalah orang yang selalu mencintai dirinya sendiri, sehingga dia kerap menghargai dirinya sendiri hidup di dunia ini. Dan dia merasa percaya diri akan yang ia punya dalam dirinya. Itulah kehebatan seseorang yang bersifat introvert. Banyak sekali orang introvert memasang namanya dalam kesuksesan di mata dunia. Mereka sudah menuliskan sejarah tersendiri dalam dunia mereka masing-masing. Merekalah orang-orang yang dapat memajukan zaman, salah satunya adalah Warrren Buffet.

Warren Buffet seorang pebisnis dan investor yang memiliki ketajaman dalam berpikir, sehingga banyak yang mengira ia merupakan jelmaan dari Einsten, Picasso seniman, dan Croesus si pencipta koin emas. Ketiga orang yang tergabung menjadi satu dalam tubuh Warren. Bukan tidak mungkin, hal ini bisa saja terjadi. Namun, pola pemikiran dari ketiga orang yang bisa digunakan oleh Warrenlah yang membuat banyak orang berpikir bahwa Warren jelmaan dari ketiga orang tersebut.

Investasi Sejak Kecil

sumber: pixbay.com

Bahkan, Warren sendiri pernah menganjurkan ke orang tua untuk menganjurkan ke anak mereka untuk belajar berinvestasi. Hal itu terjadi karena saat Warren masih kecil, dia tidak berinvestasi. Dan Warren berpikir, coba kalau dia investasi sejak kecil, mungkin ia bisa membeli dunia ini.

Tak salah jika Warren termasuk salah satu orang terkaya di dunia. Saat masih berumur 7 tahun, Warren sempat berjalan-jalan menjual botol Coca-Cola. Sekarang, ia memiliki aset hingga USD $ 525 miliar. Jika dirupiahkan, hampir tujuh ribu triliyun. Aset itu bahkan lebih dari tiga kali lipatnya APBN Perubahan Indonesia 2015 yang hanya memiliki dua ribu triliyun rupiah. Bisa jadi, jika Warren memiliki niat untuk membeli negara, Indonesia akan dibelinya.

Kenapa Warren dapat sesukses itu? Karena ia tak pernah berhenti belajar. Hal ini pernah juga dikatakan dalam fim Kings Man.

Seorang pria adalah seseorang yang memiliki sopan santun, dan ia mau belajar.

Investasi Adalah Menabung

Dia berpendapat bahwa investasi itu sama halnya dengan menabung, namun menabung itu memiliki cara yang berbeda-beda. Mencari yang tepat dalam menabung, karena hal itu sangat berpengaruh pada hasil tabungan. Dan cara inilah yang masih dicari-cari oleh banyak orang. Bahkan sampai banyak orang yang menawarakan untuk berinvestasi aman di tempat orang itu dari beberapa puluh abad yang lalu.

Selain Warren Buffet dikenal sebagai investor dan pebisnis ulung, dia juga dikenal sebagai filantrofis sejati. Filantrofis adalah sebutan bagi dermawan yang memberikan sebagian penghasilannya untuk kepentingan sosial. Sosok figur pebisnis sukses di dunia ini rata-rata menyumbangkan 50% hartanya untuk masalah kemanusiaan, salah satunya adalah Warren Buffet. Selain Warren, ada juga Donald Trump, Bill Gates, dan banyak CEO lainnya.

Walaupun Warren Buffet memiliki kekayaan yang melampaui batas, dia tidak senang dengan kehidupan yang serba mewah. Salah satu contohnya adalah mobil yang ia miliki. Mobil yang ia punya adalah Lincoln Town Car Signature. Mobil ini bukan mobil keluaran terbaru, melainkan lansiran pada tahun 2001. Mobil lawas ini yang membawa Warren Buffet bertemu orang-orang di dunia.

Ada Langit di Atas Langit

sumber: pixbay.com

Pun juga yang dialami oleh manusia. Walaupun ia sudah menjadi orang terkaya di dunia, namun ia memiliki pesaing hingga menggusurnya dari orang terkaya di dunia ini. Amancio Ortega pemilik merk Zara yang mendirikan perusahaan Inditex Group menjadi cikal bakal Zara, sebuah merk terkenal di 80 negara di dunia (Bloomberg). Pria ini mampu menggeser posisi Warren Buffet dari daftar orang terkaya di dunia.

Namun, pada intinya Warren Buffet sudah menginspirasi banyak orang untuk menjadi orang sukses. Dia sudah mengubah dunia dan menjadikan dunia lebih menarik lagi dari sebelumnya.

Tak ada kata ‘tak mungkin‘. Anda pun bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Warren Buffet, bahkan bisa lebih dari itu. Semua itu tergantung dari pola pikir Anda. Mau dibawa ke mana pola pikir Anda, di situlah Anda menentukan jalan kesuksesan Anda. Dengan kata lain, Anda perlu membentuk pola pikir Anda mulai sekarang menjadi pola pikir yang memiliki pribadi sukses dan positif. Anda bisa membentuknya mulai sekarang lebih baik, daripada Anda menunda lagi. Karena sesuatu yang ditunda tidak baik. Sehingga perlu sekarang untuk melakukannya.

Change Now! Or Change No!

Itulah yang kami sampaikan kepada Anda. tentukan pilihan Anda untuk hidup sukses dari sekarang.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *