Tipe Hardisk Laptop dan Komputer Populer 2023

jefriray

Hardisk merupakan komponen perangkat keras yang penting buat laptop maupun komputer. Tanpa adanya hardisk laptop atau komputer kamu tidak bisa dijalankan dengan baik. Semakin majunya teknologi, tipe hardisk juga mengikuti perkembangan teknologi, loh.

Pada dasarnya, hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan seluruh data dan informasi dalam laptop maupun komputer. Tak hanya itu, sistem operasi laptop dan komputer pun juga tergantung pada hardisk ini.

Hardisk punya banyak tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mulanya, hardisk dengan tipe HDD berkembang dan banyak diminati. Seiring berkembangnya teknologi SSD mulai ramai dibicarakan dan diminati.

Kedua jenis hardisk ini punya keunggulan masing-masing. Misalnya HDD punya keunggulan menyimpan data dengan kapasitas banyak. Sedangkan SSD dengan kelebihan flashy memori punya keunggulan dalam hal kecepatan mengakses data.

Nah, sekarang Apakah kamu sudah tau apa saja tipe hardisk yang populer? kali ini kita akan membahas tentang tipe hardisk laptop dan komputer yang paling populer.

Berikut adalah tujuh tipe hard disk (hardisk) laptop ataupun yang dianggap terbaik dan paling banyak digunakan

Tipe Hardisk Laptop dan Komputer Terbaik

1. Solid State Drive (SSD)

Solid State Drive atau yang biasa kita kenal sebagai SSD merupakan tipe hardisk pertama yang populer.

Baca juga: cara memasang SSD di laptop 

SSD menggunakan teknologi flash memory untuk penyimpanan data. Keuntungan utama menggunakan SSD adalah kecepatannya dalam mengartikan perintah. SSD dapat membaca atau menulis data dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Keunggulan ini dapat meningkatkan performa laptop secara signifikan. Kamu tidak perlu lagi berdrama-drama laptop lemot saat sedang dikejar deadline.

2. NVMe SSD

NVMe (Non-Volatile Memory Express) SSD adalah varian SSD yang menggunakan antarmuka PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) untuk mengakses data. Inilah alasan mengapa NVMe punya kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan SSD tradisional.

PCIe punya multiple liner atau jalur data untuk mentransfer data lebih cepat. Jalur komunikasi PCIe pada NVMe SSD lebih lebar, ini memungkinkan transfer data jadi lebih efisien. Tipe hardisk laptop ini banyak diminati.

Selain itu, latensi tipe hardisk laptop dan komputer ini lebih rendah. Kamu bisa mengakses seluruh program di komputermu tanpa loading. Laptop pun akan bekerja lebih cepat tanpa kendala.

3. Hybrid Drive

Tipe hardisk laptop selanjutnya yaitu Hybrid drive. Hybrid drive adalah gabungan antara hard disk mekanis (HDD) dan flash memory (SSD) dalam satu perangkat. Dengan memadukan kapasitas penyimpanan yang besar dari HDD dengan kecepatan akses yang lebih cepat dari SSD, hybrid drive dapat memberikan keseimbangan antara kapasitas dan performa.

Sebab percuma kapasitas penyimpanan besar, tapi tidak dibarengi dengan kecepatan akses. Yang ada kamu laptop atau komputer kamu jadi lemot karena terlalu banyak menyimpan data.

4. Hard Disk Drive (HDD)

HDD adalah tipe hard disk tradisional yang menggunakan piringan magnetik berputar untuk menyimpan data. Meskipun kecepatan aksesnya lebih lambat daripada SSD, HDD masih banyak digunakan karena harganya yang lebih terjangkau dan kapasitas penyimpanan yang besar.

HDD bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin menyimpan banyak data. Meski tidak secepat SSD, tipe hardisk laptop atau komputer ini masih sangat membatu pekerjaan sehari-hari kamu.

5. SSHD (Solid State Hybrid Drive)

SSHD adalah kombinasi antara HDD dan SSD dalam satu perangkat. Bagian SSD pada SSHD digunakan sebagai cache untuk menyimpan data yang sering diakses. Hal ini memungkinkan peningkatkan performa secara signifikan dibandingkan dengan HDD biasa.

Disisi lain, bagian HDD berfungsi untuk menyimpan data secara magnetik dengan kapasitas yang cukup besar. Kombinasi SSD dan HDD ini tentu memberikan keseimbangan performa dalam menjalankan kegiatan di laptop maupun di komputer kamu

Buat yang budgetnya masih sisa untuk beli HDD biasa, tipe hardisk laptop dan komputer SSHD bisa jadi pilihan tepat. Kamu dapat mengakses kebutuhan dengan cepat sekaligus menyimpan data sebanyak mungkin tanpa mengkhawatirkan kinerja laptop dan komputer.

6. eMMC (Embedded MultiMediaCard)

 eMMC adalah tipe penyimpanan flash yang biasanya digunakan pada perangkat mobile seperti tablet atau Chromebook. Tipe hardisk ini kurang cocok jika digunakan di laptop atau komputer. Sebab kapasitas penyimpanannya lebih kecil ketimbang HDD.

Selain itu, kecepatan baca tulisnya pun tidak secepat SSD. Meskipun memiliki kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD, eMMC masih dapat memberikan kinerja yang cukup baik untuk tugas-tugas sehari-hari.

7. PCIe SSD

PCIe SSD adalah SSD yang menggunakan antarmuka PCIe untuk mengakses data. Dengan antarmuka yang lebih cepat daripada SATA (Serial ATA), PCIe SSD mampu memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan performa yang lebih baik.

Tipe hardisk laptop dan komputer ini sangat cocok bagi kamu yang mengandalkan kecepatan. Bekerja akan lebih mudah dan cepat jika gunakan hardisk ini. Kamu tidak akan membuang-buang waktu untuk menunggu loading di laptop maupun komputer kamu.

Nah sekarang kamu tau bahwa SSD, NVMe SSD, Hybrid Drive, dan SSHD adalah beberapa hardisk yang disarankan untuk kinerja terbaik pada laptop dan komputer. Tipe hardisk laptop dan komputer ini tentu tidak hanya berhenti di sini. Hardisk akan terus berkembang fungsi dan jenisnya mengikuti perkembangan teknologi.

Meski SSD mulai banyak digunakan karena keunggulannya, HDD pun tidak ditinggalkan dan masih banyak pengguna setianya. Jadi, tipe hardisk mana yang akan kamu gunakan di laptop atau komputermu? Pilih dengan seksama dan Tentukan pilihanmu sekarang.

Terimakasih Sahabat jefriraymonsitopu.com, Semoga artikel ini ada manfaatnya buka kalian semua.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"