Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

Jefri Sitopu

cara-membuat-presentasi-power-point

3. Hambatan Memulai Presentasi yang Sebaiknya Anda Hindari[/su_box]

5 Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik dan Tidak Membosankan

Setelah mengetahui apa saja tips yang harus Anda lakukan dalam mengurangi rasa gugup, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana membuat powerpoint yang baik untuk presentasi. Meskipun kesuksesan presentasi bergantung pada bagaimana penyampaian materi dari pembicara, tetapi dengan menggunakan slide power point yang menarik akan membuat audiens tidak merasa bosan dengan design yang monoton.

Slide power point ini juga bisa menjadi daya tambah jika pembicara tidak menyampaikan materi dengan baik. untuk itu, berikut ini adalah informasi cara membuat slide power point yang akan membantu Anda.

  1. Mempunyai Sebuah Kerangka

Cara membuat presentasi yang baik dimulai dari pembuatan slide yang jelas. Hal ini bisa ditunjukkan dari isi materi yang memiliki kerangka yang baik, mulai dari awalan, tengah, hingga akhir. Memulai materi dengan pertanyaan menarik yang bisa menggugah rasa penasaran audiens sangat disarankan. Dilanjutkan dengan isi materi yang ringkas dan tidak bertele-tele. Pastikan juga untuk mengakhiri slide power point dengan ajakan untuk melakukan tindakan seperti apa yang telah disampaikan.

 

  1. Menggunakan Desain yang Sederhana

Meskipun banyak yang bilang bahwa dengan menggunakan desain sederhana akan membuat audiens bosan, tetapi itu lebih baik daripada menggunakan desain yang mencolok warna dan juga teks yang berlebihan. Jika Anda ingin menggunakan desain berwarna, pastikan untuk tidak menggunakan 3 jenis warna dengan warna background natural. Gunakan juga font yang sederhana dan mudah dibaca.

 

  1. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Teks

Isi dari slide power point tersebut sangat disarankan untuk tidak menambahkan teks secara berlebihan.pastikan hanya menyatukan isi secara ringkas dan mudah dipahami secara garis besar, karena nantinya pembicara yang akan menjelaskan rincian tersbeut dengang detail. Selain itu, jika Anda terlalu banyak menggunakan teks maka perhatian audiens tidak akan fokus ke pembicara.

 

  1. Gunakan Gambar yang Bisa Menjelaskan Materi

Cara membuat powerpoint yang unik bisa dengan menggunakan gambar sebagai bahan yang bisa menjelaskan materi secara ringkas. Carilah gambar yang bisa mendeskripsikan materi yang Anda sampaikan, dengan demikian audiens tidak perlu repot membaca materi di slide power point yang ditampilkan. Dengan menggunakan gambar juga audiens akan menebak dan penasaran materi apa yang akan disampaikan, dan akan fokus kepada Anda sebagai pembicara.

 

  1. Gunakan Grafik yang Menarik

Selain gambar, Anda juga menggunakan grafik sebagai bahan visualisasi slide power point. Dengan menggunakan grafik, Anda bisa menjelaskan materi tentang naik turunya pendapatan usaha, atau sejenisnya. Hal ini akan memudahkan audiens dalam mencerna materi yang Anda sampaikan. Selain itu, dengan menggunakan grafik akan membuat tampilan lebih menarik dan tidak membuat bosan.

Nah, itulah 5 cara membuat presentasi power point yang bisa Anda lakukan. Selain menggunakan power point yang menarik pastikan juga Anda menggunakan  kiat-kiat dalam mengurangi rasa gugup seperti yang sudah dibahas di atas.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"