Beranda » Artikel » Bisnis Digital Marketing, Bisnis Yang Paling Menjanjikan 2018

Bisnis Digital Marketing, Bisnis Yang Paling Menjanjikan 2018

T Diposting oleh pada 17 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2256 kali

Bisnis Digital Marketing bisa dikatakan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan dan mempunyai peluang yang sangat besar di masa sekarang ini. Anda mungkin pernah melihat sebuah perusahaan yang memasarkan produknya dengan menggunakan website pribadinya. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai Digital Marketing.

Digital Marketing merupakan suatu usaha dalam melakukan pemasaran sebuah produk dengan memanfaatkan dunia digital atau internet. Dengan cara ini diharapkan akan lebih banyak menarik konsumen dan penjualan pun akan menjadi semakin besar.

Perkembangan Bisnis Digital Marketing

Perkembangan Digital Marketing semakin hari semakin tinggi sejalan dengan kemajuan teknologi. Tak heran, jika banyak perusahaan yang menjadikan digital marketing sebagai keharusan dalam melakukan strategi pemasaran.

Pada tahun 2018 ini, Digital Marketing nyatanya semakin kuat pengaruhnya karena banyaknya masyarakat yang semakin tergantung dengan akses digital. Dengan situasi tersebut, sangatlah efektif jika media sosial dijadikan sebagai sarana pemasaran, karena terbukti mampu menjangkau ke seluruh wilayah.

Sebagian besar perusahaan mengalami peningkatan yang drastis dengan melakukan strategi pemasaran berbasis Digital Marketing. Keuntungan yang mereka peroleh juga sangat jauh dari pada ketika melakukan pemasaran secara konvensional.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menerapkan bisnis Digital Marketing ini. Mau tahu apa manfaatnya? Yuk simak !

Manfaat Bisnis Digital Marketing

Manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan Digital Marketing, di antaranya

Manfaat-Digital-Marketing

  1. Membantu meningkatkan penjualan

Dengan melakukan bisnis berbasis digital marketing, akan sangat cepat meningkatkan penjualan produk. Dengan begitu keuntungan yang Anda peroleh juga semakin besar.

  1. Lebih hemat biaya

Manfaat yang paling besar dirasakan dengan digital marketing adalah biayanya lebih murah. Anda lebih bisa menghemat biaya saat melakukan promosi dengan Digital Marketing daripada dengan melakukan promosi secara konvensional.

  1. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah

Media sosial mempermudah Anda berkomunikasi dengan konsumen. Oleh karena itu, dengan semakin mudahnya Anda berkomunikasi semakin mudah juga untuk membangun hubungan dengan konsumen sehingga bisa memperbanyak penjualan.

  1. Memudahkan bersaing dengan kompetitor

Dengan teknologi yang semakin berkembang, Anda akan dengan mudah bersaing dengan kompetitor, baik itu kompetitor kecil maupun yang paling besar. Oleh karena itu, dengan adanya Digital Marketing sangat membantu dalam memajukan bisnis Anda agar tidak terkucilkan dari kompetitor-kompetitor yang lain.

Bagi Anda yang memiliki usaha dan berkeinginan untuk memajukannya, tidak ada salahnya jika Anda juga menerapkan bisnis Digital Marketing di dalam usaha Anda. Namun sebagai pemula hendaknya memperhatikan cara-caranya terlebih dahulu agar nantinya Anda tidak merasa kebingungan.

Cara Memulai Bisnis Digital Marketing

Sebelum memulai bisnis Digital marketing, hendaknya diperlukan perencanaan yang matang agar tidak terjadi kesalahan seperti yang dialami pebisnis lainnya. Berikut kami berikan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis berbasis Digital marketing.

peluang-bisnis-digital-marketing-min

  1. Mengukur sumber daya

Dalam hal ini, yang harus diperhatikan adalah potensi terkait pemasaran, SDM, serta waktu yang dimiliki. Strategi pemasaran yang bisa dilakukan diantaranya berupa brosur, catalog, newsletter, video dan prasarana pemasaran yang lain.

Selanjutnya untuk SDM, anda bisa melakukannya dengan mendata keahlian dan bakat yang dimiliki karyawan Anda. Setelah itu pilihlah karyawan yang memang cocok untuk menangani Digital Marketing ini.

Jika ada karyawan yang berkompeten tetapi waktu yang dimiliki terbatas untuk menghandel pekerjaan ini, Anda bisa mencoba untuk memberikan tugas pada karyawan lain sehingga bisa fokus bekerja.

  1. Selalu mengecek penjualan dan pemasaran

Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus memahami dari mana konsumen dan penjualan Anda berasal. Apakah berasal dari platform online atau offline. Selain itu, Anda juga harus tahu jumlah kunjungan yang diperlukan di situs web Anda. dengan begitu Anda akan menghasilkan prospek serta bisa mendeteksi jumlah prospek yang telah menjadi konsumen produk Anda. Untuk mendapatkan jawaban semua itu, Anda bisa menggunakan Google Analytics.

  1. Memahami konsumen Anda

Langkah selanjutnya, Anda harus memahami konsumen yang membutuhkan produk Anda dan alasan mengapa mereka membutuhkan produk ataupun jasa tersebut. Dengan begitu, pemasaran produk Anda akan jauh lebih efektif.

  1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai

Rencanakan terlebih dahulu tujuan utama Anda melakukan bisnis Digital Marketing secara terstruktur. Dengan begitu, perkembangan bisnis Anda akan memberikan dampak yang positif untuk masa yang mendatang.

  1. Fokus pada konten yang berkualitas

Ada baiknya jika Anda fokus pada konten-konten yang berkualitas. Karena dengan konten yang berkualitas akan lebih bermanfaat untuk konsumen maupun calon konsumen Anda. Selain itu, nama perusahaan Anda juga akan baik jika dimulai dengan sesuatu yang baik juga.

  1. Memilih platform jejaring sosial yang tepat

Tentukan jejaring sosial yang akan Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk. Anda tidak bisa masuk ke semua media sosial di internet, oleh Karena itu, pilihlah platform yang paling sesuai dengan perusahaan berdasarkan minat pelanggan yang sering berinteraksi dengan Anda.

  1. Pelajari dasar-dasar dan strategi pemasaran secara digital

Meskipun sudah menjadi pebisnis, Anda masih perlu mengetahui tentang dasar dan strategi pemasaran secara digital. Sebelum memulai digital marketing, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari dari berbagai sumber dengan membaca buku atau melalui internet. Perhatikan strategi Digital Marketing yang bisa Anda terapkan dengan tepat.

Dengan memperhatikan cara memulai bisnis Digital Marketing tersebut, akan sangat mempermudah Anda dalam  mengawali bisnis berbasis digital.

Selanjutnya, prinsip utama dalam digital marketing adalah perhatian pengunjung yang sangat menjadi hal penting. Karena mengingat dunia internet akan semakin berkembang, berikut kami berikan penjelasan mengenai cara kerja dari Digital Marketing.

Strategi-Digital-Marketing

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan mesin pencari yang tidak bisa dipisahkan ketika berbicara tentang dunia internet. SEO ini dimanfaatkan untuk menjadikan situs atau website Anda bisa ditemukan di halaman awal pada hasil mesin pencari dalam waktu tertentu.

Hal ini dibuktikan bahwa 95% orang mencari di mesin pencari Google hanya pada website yang muncul di halaman pertama. Dengan begitu, apabila website Anda belum masuk pada halaman pertama kemungkinan cara yang diterapkan belum optimal dan perlu diadakan evaluasi.

  1. Social Media Marketing (SMM)

Media sosial tidak hanya digunakan untuk menjaga komunikasi saja, akan tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk berbisnis. Media sosial menjadi strategi yang paling efektif untuk sekadar sharing berkaitan dengan SEO dan konten secara bersamaan. Twitter, Instagram, Facebook maupun media sosial lainnya memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dengan orang lain. Oleh Karena itu, SMM merupakan cara promosi yang bisa langsung ke sasaran sekaligus interaktif. Dengan melakukannya secara efektif,  maka akan sangat meningkatkan penjualan dan keuntungan dari perusahaan Anda.

  1. Content Marketing

Content Marketing sebenarnya konsep yang sudah lama diterapkan oleh banyak pebisnis. Metode ini dibutuhkan untuk membangun brand dan kepercayaan terhadap bisnis atau perusahaan. Banyak konsumen yang merasa lebih percaya pada perusahaan setelah membaca publikasi konten. Namun, akan lebih baik jika ada variasi dan penyesuaian kebutuhan masyarakat yang menjadi sasaran Anda  agar mampu membawa peningkatan besar terhadap penjualan Anda.

Untuk membangun bisnis Digital Marketing perlu memperhatikan cara memulai bisnis dan cara kerja dari Digital Marketing. Dengan begitu usaha yang Anda kembangkan akan semakin besar dan sukses.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Bisnis Digital Marketing, Bisnis Yang Paling Menjanjikan 2018

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Bisnis Digital Marketing, Bisnis Yang Paling Menjanjikan 2018

manfaat jualan online di mediasosial

Manfaat Jualan Online di Media Sosial

T 4 May 2018 F , A jeffsitopu

Saat ini peran media sosial sering digunakan sebagai tempat atau media terbaik untuk seseorang melakukan suatu pemasaran bisnis, baik kecil maupun besar. Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan pemasaran atau penjualan melalui media sosial memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun... Selengkapnya

Memilih Desain Toko Online Yang Tepat

T 7 February 2017 F , A jeffsitopu

Menyediakan produk berkualitas premium saja tak cukup untuk membuat Anda sukses  menyampaikan produk tersebut hingga tiba pada target pasar yang Anda bidik bila tak ada aktivitas promosi yang menunjang. Di jaman sekarang ini saatnya bisnis Anda untuk go online dengan... Selengkapnya

Tips-Sukses-Email-marketing

Tips Sukses Menggunakan Email Marketing

T 1 June 2018 F , A jeffsitopu

Email marketing merupakan sebuah cara paling mudah dan efektif yang digunakan setiap perusahaan untuk membangun sebuah koneksi yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan email marketing, setiap pebisnis akan lebih mudah memberikan sebuah pengarahan dan promosi kepada pelanggannya. Selain lebih cepat,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

join channel telegram saya

join channel telegram saya

Dapatkan informasi dan bonus gratis saya.. klik gabung sekarang

Twets