Cara Jualan Online di Instagram Agar Bisnis Berkembang

Cara Jualan Online di Instagram Agar Bisnis Berkembang

Meskipun awalnya platform ini adalah media sosial untuk menghubungkan antar pengguna, tapi lama kelamaan juga dimanfaatkan sebagai tempat berbisnis. Banyak cara jualan online di instagram yang bisa Anda pelajari untuk memperluas bisnis.

Instagram memiliki pengguna aktif setidaknya 1 miliar orang setiap bulannya. Media sosial ini dipergunakan hampir seluruh pengguna di dunia. Inilah mengapa instagram disebut-sebut sebagai tempat sempurna untuk berbisnis. Anda bisa meraih kesuksesan dengan menjalankan bisnis disini.

Cara Jualan Online di Instagram yang Harus Dipelajari

Banyak kelebihan yang bisa ditawarkan dengan menjalankan bisnis di media sosial. Murahnya biaya promosi, jangkauan luas, pengguna bisa dari berbagai segmen usia dan lain sebagainya. Tidak mengherankan jika para pebisnis melirik dan memanfaatkan platform media sosial yang satu ini.

Berikut ini adalah tata cara berjualan online di instagram yang bisa Anda pelajari, yaitu :

  1. Tentukan Target Audience secara Spesifik

Anda harus melakukan promosi yang jelas dan terarah. Pemasaran yang terlalu global dan tidak spesifik hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran. Konten yang Anda buat mungkin akan menarik dan membuat penasaran.

Namun jika ternyata mereka tidak membutuhkannya, hal ini akan berakhir sia-sia. Jika Anda tidak bisa membuat angka konversi yang besar, berarti konten Anda hanya sebatas lewat saja.

Oleh sebab itu, tentukan siapa audience Anda sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten promosi. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki produk, akan lebih mudah menyaring siapa saja yang mungkin membutuhkan produk tersebut.

Dari sini, Anda bisa menentukan konten apa yang cocok dan sesuai untuk digunakan. Ini adalah cara jualan online di instagram pertama yang harus Anda ketahui.

  1. Buat Brand yang Unik dan Otentik

Bagaimana caranya membuat produk Anda dikenal? Tentunya jika Anda memiliki brand yang unik dan otentik. Brand ini akan menjadi wajah, ciri dan karakter dari bisnis Anda.

Anda bisa mengaplikasikannya melalui konten video, tulisan singkat, gambar atau caption yang menarik. Dengan keunikan yang dimiliki, Anda bisa tampil menonjol diantara pebisnis lainnya.

 

  1. Perbanyak Follower

Cara jualan online di instagram bukan hanya tentang melakukan kegiatan jual beli saja. Anda juga harus memikirkan caranya supaya angka pengikut atau follower semakin bertambah.

Sebaik apapun Anda melakukan promosi dan membuat konten, tidak akan banyak memberikan efek jika follower masih sedikit. Maka dari itu, temukan cara supaya bisa menambah follower.

Perlu diketahui, prosentase pengikut yang akan rutin melihat akun dan konten Anda hanya sekitar 10% saja. Karenanya, penting untuk memperbanyak follower dengan asumsi jumlah pengguna instagram yang melihat Anda juga akan semakin banyak. Dengan demikian, Anda juga akan meningkatkan kemungkinan konversi atau penjualan dari jumlah yang semakin bertambah tersebut.

cara-sukses-jualan-di-instagram

INFO PENTING !!
  1. Ciptakan Konten yang Menarik

Cara untuk melakukan jualan di instagram selanjutnya adalah membuat konten yang menarik dan rutin. Pastikan Anda selalu mengupdate akun instagram dengan konten yang berisi dan berbobot.

Buatlah semenarik dan seunik mungkin. Manfaatkan gambar, video ataupun pergunakan hashtag untuk menarik calon pembeli. Satu hal yang harus diingat adalah agar Anda selalu rutin dan teratur dalam menerbitkan konten supaya calon pembeli semakin penasaran.

Itulah 4 cara jualan online di instagram supaya bisnis Anda semakin berkembang. Awalnya memang cukup sulit. Akan tetapi jika Anda tekun menggeluti bisnis ini, tak ada hasil yang mengkhianati proses. Semoga sukses.