Beranda » SEO » Pentingkah SEO On Page Buat Website Baru?

Pentingkah SEO On Page Buat Website Baru?

T Diposting oleh pada 19 March 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 346 kali

Bagi pemilik website/blog, memahami cara kerja sekaligus optimasi SEO sangat penting, sehingga jika ada pertanyaan pentingkah SEO On Page? Jawabannya adalah sangat diperlukan. Karena dengan cara inilah, website atau blog yang Anda kelola bisa masuk daftar teratas pada mesin pencarian di internet seperti Google.

Seperti yang sudah diketahui siapapun, bisa memiliki website atau blog di daftar teratas pada laman mesin pencarian tentu sangat didambakan. Dengan ada di posisi pertama, peluang website atau blog Anda untuk dikunjungi semakin besar. Jika yang dikelola adalah situs bisnis, tentu berimbas pada penghasilan sang pemilik bisnis.

Untuk itulah dilakukan berbagai cara agar website atau blog mampu masuk di daftar teratas mesin pencarian. Dengan memahami cara kerja SEO (Search Engine Optimation) dan mengoptimalkannya, situs yang Anda kelola akan memberikan hasil memuaskan. Sehingga sekali lagi, pentingkah SEO On Page? Jawabannya sangat penting dan berdampak besar.

Apa Itu SEO On Page?

Sebelum memahami seberapa pentingkah SEO On Page, Anda harus tahu apa itu SEO. Secara sederhana, SEO adalah sebuah cara memaksimalkan website agar situs bisa memasuki halaman pertama mesin pencarian dan dianggap terpercaya sehingga jumlah pengunjung meningkat. Karena itulah para pengelola website begitu mencari tahu bagaimana menerapkan SEO yang tepat.

pentingkah-seo-on-page

Sebetulnya hingga saat ini masih belum ada jawaban mengenai rumusan pengaturan SEO yang tepat. Kenapa begitu? Karena Google selalu melakukan perubahan pada algoritma mereka. Sehingga para master SEO cuma bisa menebak-nebak cara menaikkan peringkat website lewat optimasi SEO. Namun sejauh ini, cara optimasi SEO dibedakan menjadi dua jenis:

  1. SEO On Page

Secara mudahnya, SEO On Page adalah cara optimasi di website/blog Anda sendiri supaya memenuhi syarat SEO yang baik. Karena cukup mudah, SEO On Page kerap dilakukan pengelola website dan blogger. Sehingga termasuk pentingkah SEO On Page? Sangat penting dan mudah dilakukan karena intinya adalah pada peletakan kata kunci (keyword) yang tepat di artikel.

  1. SEO Off Page

Kebalikan dari SEO On Page, SEO Off Page dilakukan di luar situs Anda tapi tetap sama-sama memberikan pengaruh ke website di mesin pencarian. Salah satu cara termudah menerapkan SEO Off Page adalah menyebarkan backlink atau tautan balik ke website Anda. Hanya saja saat ini backlink dianggap tidak begitu membantu lagi untuk membuat website dikenal mesin pencari internet.

Lantaran algoritma Google yang selalu berubah, keberadaan SEO On Page dan SEO Off Page sama-sama mempengaruhi kredibilitas sebuah website di Google. Jika Anda termasuk yang masih terlalu malas menerapkan kedua cara optimasi website di atas, tampaknya harus tahu sederet manfaat yang akan diberikan baik dari SEO On Page atau SEO Off Page.

Manfaat SEO On Page Untuk Website

Bukan hal aneh lagi jika internet internet saat merupakan lahan yang sangat empuk untuk menyebarkan berbagai informasi. Tak hanya peristiwa, kegiatan bisnis juga memperoleh dampak signifikan lewat internet. Semakin tingginya pengguna internet, jelas merupakan peluang bagus bagi para pemilik bisnis yang menawarkan barang/jasa mereka di website.

Agar bisa bersaing di jagat dunia maya, para pemilik website harus saling berlomba-lomba menempatkan situs mereka di posisi teratas mesin pencarian. Untuk meraih posisi terbaik di Google, memang metode SEO On Page dianggap jauh lebih efektif dan efisien. Lantas pentingkah SEO On Page untuk website atau blog? Berikut ini ulasan manfaatnya yang bisa jadi pertimbangan Anda:

  1. Meningkatkan Pengunjung

Manfaat utama dari teknik SEO On Page yang tepat adalah bisa membuat pengunjung ke website Anda semakin meningkat. Dengan pengunjung yang meningkat, jelas artinya trafik ke situs Anda makin ramai. Kenapa bisa begitu? Karena SEO On Page membuat website lebih mudah ditemukan di mesin pencarian internet.

  1. Menempatkan Website di Posisi Terbaik

Menyambung dari manfaat sebelumnya, keberadaan SEO On Page jelas membuat situs atau blog Anda ramai pengunjung. Semakin banyaknya pengguna internet yang datang, akan membuat posisi website Anda di Google merangkak naik. Bukan tak mungkin kalau akhirnya website yang Anda kelola bisa masuk posisi teratas di halaman pertama, tanpa menggunakan jasa iklan.

  1. Website Dipercaya Google

Dan ini adalah manfaat terakhir dari penerapan SEO On Page yang tepat. Karena trafik sudah meningkat dan posisi website semakin bagus, situs yang Anda kelola akan makin kredibel. Peluang menjadi website yang ‘diutamakan’ dan ‘dipercaya’ pun semakin besar. Sehingga siapapun yang memasukkan kata kunci di mesin pencari, akan menemukan website Anda di posisi pertama.

Melihat manfaat yang diberikan, tentu Anda bisa menjawab sendiri pertanyaan pentingkah SEO On Page? Karena sangat penting dan begitu diperlukan, Anda harus mulai mencari tahu seperti apa sih tata cara menerapkan SEO On Page yang tepat dan berguna.

Baca juga artikel : Cara buat autority blog meningkat

Faktor Penting Dalam SEO On Page

Lantaran sudah memahami seberapa pentingkah SEO On Page, tentu menerapkan SEO On Page yang tepat dalam website begitu diperlukan. Supaya makin mengerti, berikut ini adalah beberapa faktor penting dalam metode SEO On Page:

  1. Konten

Kendati memang algoritma Google selalu berubah, ada satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari pembahasan pentingkah SEO On Page. Hal itu adalah konten. Karena mau secantik apapun tampilan website Anda, mau sebanyak apapun kata kunci yang disematkan, jika kontennya tidak jelas tentu pengguna internet enggan datang ke website itu.

Website yang berisi konten-konten tidak jelas dan hanya mengedepankan judul bombastis akan membuat pengguna internet resah. Jika keresahan itu dibiarkan, bisa-bisa website yang Anda kelola akan ditandai sebagai spam. Dan sebuah website yang banyak berisi spam jelas sangat dibenci mesin pencari seperti Google atau Bing.

  1. Kata Kunci

Semua orang yang menggunakan mesin pencari tentu menuliskan kata kunci alias keyword tertentu. Dari kata kunci itulah, akan muncul ratusan artikel dari berbagai website. Hal inilah yang menjadikan kata kunci sebagai faktor penting dalam SEO On Page. Jangan malas mencari tahu keyword yang tepat untuk sebuah artikel.

Jika kesulitan, Anda bisa melakukan riset dengan aplikasi-aplikasi berbayar. Namun kalau masih mengelola blog kecil-kecilan, untuk menentukan keyword yang sering dicari pengguna internet secara gratisan bisa memanfaatkan Soovle atau Google Suggest.

  1. Kelengkapan Website

Dan inilah faktor terakhir yang diperhitungkan dalam penerapan SEO On Page. Tampilan website adalah hal lain yang membuat pengunjung internet betah sehingga trafik situs meningkat. Selain desain yang menarik, Anda juga harus memperhatikan kecepatan situs sekaligus berbagai hal penunjang dalam penulisan artikel seperti meta deskripsi, meta keyword dan lain-lain.

Baca juga artikel : Tips & trik belajar seo dengan mudah dan efektif

Langkah-langkah Melakukan SEO On Page

Bagaimana? Sangat menarik kan membahas seberapa pentingkah SEO On Page untuk kelangsungan website atau blog yang Anda kelola? Setelah cukup memahami manfaat dan faktor-faktor penting, maka hal terakhir adalah mengetahui langkah-langkah tepat dalam menerapkan SEO On Page.

  1. Keberadaan SEO On Page yang pertama dimulai dari judul. Sebagai bagian teratas dalam artikel, usahakan untuk meletakkan keyword yang tepat di bagian awal kalimat judul.
  2. Sekalipun sama-sama di halaman pertama, kadang website di posisi keempat bisa lebih menarik daripada website di posisi pertama. Kenapa begitu? Jawabannya adalah meta deskripsi. Secara mudahnya, meta deskripsi adalah penjelasan singkat seputar konten yang dibutuhkan pengguna. Untuk itu tulis meta deskripsi yang tepat dan menarik dengan sisipan keyword.
  3. Jangan remehkan alamat URL. Karena sebetulnya ini adalah penunjuk bagi Google untuk mengetahui niche sebuah website/blog. Alamat URL yang terlalu panjang kadang tidak ramah SEO.
  4. Masih ingat dengan istilah Konten adalah Raja? Untuk itulah buat pengguna tertarik hanya lewat paragraf pertama artikel Anda. Rumus SEO On Page yang tepat biasanya paragraf pertama terdiri dari minimal 100 kata dan memuat sekitar 3-4 keyword.

Jika keempat langkah penting dalam SEO On Page sudah Anda terapkan, bukan tak mungkin kalau website Anda bisa ada di posisi teratas. Dengan website yang ada di peringkat teratas, maka bisa memberikan dampak positif pada pemilik situs itu. Jadi masih meragukan seberapa pentingkah SEO On Page? Sekarang juga, bikin website Anda optimal dengan SEO On Page yang tepat!

Belum ada Komentar untuk Pentingkah SEO On Page Buat Website Baru?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pentingkah SEO On Page Buat Website Baru?

belajar seo, jasa seo, seo ilmu marketing

4 Cara Sederhana untuk Belajar Teknik SEO

T 16 August 2014 F A jeffsitopu

Contents1 Memperhatikan Struktur Blog2 Melakukan Pengecekan Kata Kunci3 Membuat Artikel yang Menarik4 Mengubah Strategi dan Teknik Lama Bagi para blogger pemula mungkin agak terdengar asing dengan yang namanya teknik SEO. Belajar teknik SEO itu sebenarnya sangat penting diterapkan dalam sebuah blog. Hal... Selengkapnya

belajar seo, jasa seo, seo ilmu marketing

Memulai Belajar SEO Untuk Bisnis Online

T 24 August 2014 F A jeffsitopu

Pernahkah anda melakukan pencarian tentang sebuah produk lalu pada urutan pertama google menunjukan anda pada sebuah website sesuai keyword yang dimasukan? Dan kenapa bisa website itu yang google simpan pada urutan pertama? Berarti website tersebut telah berhasil menjalankan strategi SEO.... Selengkapnya

belajar seo, jasa seo, seo ilmu marketing

Menggunakan Jasa Seo Marketing Untuk Meningkatkan Omset

T 20 August 2014 F A jeffsitopu

Seiring dengan semakin modernnya perkembangan teknologi, cara berinvestasi masyarakat pun mengalami perubahan. Saat ini selain bisnis konvensional, semakin banyak saja masyarakat yang menjalankan bisnis online. Bisnis ini terutama semakin populer di kalangan pebisnis muda yang pada umumnya melek teknologi. Dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Rekomendasi Web Hosting

Rekomendasi Web Hosting

Kode Kupon : CLUBIMERS

Twets

Video Demo Klik Gambar

Video Demo Klik Gambar