Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan, Pahami Jenis-Jenisnya

jefriray

Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan
pixabay.com

Buat Blog Jefriraymonsitopu.com – Ternak ikan hias yang menguntungkan bisa dicapai apabila dilakukan dengan benar. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami strategi ini.

Di Indonesia sendiri, peminat ikan hias cukup banyak. Bahkan usaha ini bisa meraup keuntungan dari pembeli luar negeri dengan harga yang pastinya lebih tinggi.

Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan
pixabay.com

Pahami Ternak Ikan Hias yang Menguntungkan

Memelihara ikan bukan hanya untuk menjadi makanan atau konsumsi saja. Pada dasarnya, ada banyak ikan dengan tampilan yang cantik sehingga bagus untuk menjadi hiasan.

Ikan hias ini merupakan usaha rumahan yang bisa memberikan omset jutaan setiap bulannya. Memang bisnis ikan hias di Indonesia pasang surut, tetapi tetap menjanjikan.

Ikan hias ini berbeda dengan ikan untuk konsumsi biasanya. Pada umumnya, ikan hias memiliki warna yang indah sehingga menarik perhatian.

Jenis-Jenis Ikan yang Banyak Diminati

Tidak semua jenis ikan memiliki banyak peminat. Beberapa ikan hias ada yang sangat laku tetapi ada juga yang tidak.

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha ikan hias, sebaiknya pilih dengan baik stok ikan tersebut. Jangan asal pilih namun ternyata sepi peminat.

Ada beberapa jenis ikan yang sangat laku di pasaran Indonesia hingga mancanegara. Ternak ikan hias yang menguntungkan ini akan sangat menjanjikan.

Ikan Cupang

Pertama ada ikan cupang. Mungkin sebagian besar orang sudah tahu ikan jenis ini yang memang sudah sangat populer.

Di antara ikan hias lainnya, mungkin cupang menjadi salah satu yang paling populer di mata orang awam. Ikan cupang bahkan banyak dijual di sekitar sekolahan karena warnanya yang menarik.

Namun, cupang juga ada yang sangat mahal. Biasanya beberapa jenis cupang memiliki tampilan yang cantik sehingga harganya melonjak naik.

Ikan ini bisa menghiasi rumah di dalam akuarium. Namun, ikan cupang tidak bisa menjadi sangat besar dan cenderung memiliki ukuran yang kecil.

Ikan Oscar

Selanjutnya ada ikan oscar. Ini merupakan ikan hias dengan corak dan tampilan sangat cantik di mata para pengoleksi.

Coraknya yang cantik tidak membuat ikan ini santai. Kebalikannya, ikan oscar justru termasuk jenis yang sangat agresif sehingga harus berhati-hati.

Ikan ini harus hidup bersama dengan kelompoknya saja. Jika memiliki mencampurnya dengan ikan jenis lain, maka ikan oscar tidak segan untuk bertarung.

Meski begitu, banyak yang masih tertarik dengan ikan ini. Tentu saja alasannya karena ikan ini memiliki corak yang sangat indah.

Untuk pangsa pasarnya sendiri, pecinta ikan oscar ini umumnya berasal dari kalangan menengah ke atas. Hal itu karena harga jual ikan oscar mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Ikan Arwana

Arwana juga termasuk opsi untuk usaha ternak ikan hias yang menguntungkan. Peminat dari ikan ini sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia hingga ke mancanegara.

Ikan satu ini memiliki sisik yang tampak mengkilap. Hal tersebut membuat ikan tampak elegan sehingga banyak orang yang memilih untuk memeliharanya.

Meski begitu, para pengoleksi ikan ini harus paham jika arwana memiliki tubuh yang besar. Ikan arwana bahwa bisa bertumbuh hingga mencapai panjang sekitar 1 meter.

Jadi, memelihara hewan ini memang membutuhkan banyak tempat. Daripada ikan hias sebelumnya, ikan arwana memiliki harga yang paling tinggi, bisa mencapai jutaan rupiah.

Guppy

Guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang paling populer di dunia. Mereka mudah dipelihara, bereproduksi dengan cepat, dan memiliki permintaan yang tinggi di pasar. Guppy hadir dalam berbagai warna dan pola, menjadikannya pilihan yang menarik bagi para kolektor ikan hias.

Ikan Koi

Selanjutnya ada ikan koi. Ikan jenis ini memang tidak kalah populer di antara ikan hias yang disebutkan sebelumnya.

Koi juga termasuk pilihan untuk ternak ikan hias yang menguntungkan. Jenis ikan ini terkenal dengan gradasi warna yang sangat khas pada tubuhnya.

Perpaduan warna oren, kuning, hitam, hingga putih di tubuhnya menjadi daya tarik tersendiri. Dari segi profit, tentu saja ikan ini tidak perlu diragukan.

Ikan koi termasuk ikan hias yang mahal. Harga jual per ekornya bisa mencapai jutaan Rupiah, tergantung warna gradasinya.

Discus

Discus adalah ikan hias yang sangat dicari oleh para penggemar hobi karena keindahan bentuk dan warnanya. Namun, mereka memerlukan perawatan khusus dan lingkungan yang stabil untuk berkembang dengan baik. Meskipun demikian, harga jual discus yang tinggi membuat mereka menjadi pilihan yang menguntungkan untuk diternak.

Mas Koki

Terakhir ada ikan mas koki. Ikan hias ini termasuk memiliki paling banyak penggemar di Indonesia. Ciri khas dari ikan mas koki adalah corak warna cantik dan bentuk tubuh yang menggemaskan. Dengan begitu, penggemar mas koki sangat banyak.

Bahkan, penggemar ikan ini bisa menghabiskan belasan hingga ratusan juta rupiah untuk mengoleksinya. Sehingga, peluang bisnis ikan hias ini sangat besar.

Membangun Ternak Ikan Hias dengan Baik

Dalam melakukan ternak ikan hias, pelaku usaha ini harus sangat berhati-hati. Beberapa ikan tidak bisa disatukan karena akan bertarung dan akhirnya salah satu dari mereka mati.

Untuk membangun ternak ikan hias yang sukses, pertama, tentukan spesies yang akan Anda ternak berdasarkan penelitian pasar. Pastikan Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang kebutuhan lingkungan, nutrisi, dan perawatan spesies tersebut. 

Selanjutnya, siapkan sistem akuarium yang sesuai dengan kebutuhan ikan, termasuk pengaturan suhu dan kualitas air yang optimal. Berikan perhatian khusus pada kebersihan dan kesehatan ikan, serta kelola reproduksi dengan bijaksana.

Jalin hubungan dengan distributor dan pelanggan potensial untuk memastikan pasar yang stabil.

Dengan begitu, ternak ikan hias yang menguntungkan akan berjalan dengan lancar. Pastikan jenis ikan hias yang akan diternak memiliki banyak peminat.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"