Bingung Cari Ide Jualan Online?

Bingung Cari Ide Jualan Online?

Bingung Mencari Ide Jualan Online? Yuk, Coba Jual Produk Populer Berikut!

Punya ide jualan online, tapi masih bingung seperti apa? Di saat seperti ini, banyak orang yang melirik jualan online shop sebagai upaya menambah pundi-pundi rupiahnya. Terlebih lagi, teknologi semakin mendukung transaksi konvensional yang mulai berubah ke arah pasar digital.

Bagi Anda yang berminat untuk menjalankan sebuah usaha jualan online shop namun tak punya ide, baca informasi berikut ini. Banyak produk jualan yang bisa ditiru dari bisnis-bisnis yang makin populer dan merebak belakangan ini.

8 Ide Jualan Online yang Patut Dicoba

Perkembangan dunia digital semakin pesat dan terbuka untuk pemakaian apa saja termasuk bisnis online. Pasalnya, pemasaran melalui media digital dirasakan lebih fleksibel dan bisa mengakomodir lebih banyak aspek dalam jangkauan yang lebih luas.

Jika Anda memantau perkembangan pasar digital dewasa ini, Anda akan menemukan banyak sekali ide jualan online yang berkembang pesat. Berikut ini adalah beberapa ide jualan yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari media online. Diantaranya adalah :

  1. Pakaian

Ide untuk berjualan secara online pertama yang paling populer saat ini adalah jualan pakaian. Pakaian merupakan kebutuhan primer yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat.

Apalagi jika Anda bisa mendapatkan supplier yang murah dengan kualitas baik, jualan Anda pasti akan laris manis. Namun apabila Anda tidak memiliki modal untuk membeli dari supplier, disarankan untuk menjadi dropshipper saja.

Dropshipper adalah perantara antara supplier dan customer. Anda menjadi pengiklan dan menjual pakaian, supplier yang akan mengirimkannya ke customer. Cara ini dinilai lebih hemat namun tetap menguntungkan.

  1. Makanan

Ide jualan online makanan tak ada matinya. Anda bisa menjual makanan kering atau kemasan atau makanan basah atau siap saji. Makanan kemasan bisa dipergunakan untuk skala pengiriman lebih luas karena tidak akan rusak di perjalanan.

Namun, jualan makanan basah tidak bisa dilakukan untuk skala yang luas karena khawatir rusak selama masa pengiriman. Namun keduanya memiliki kelebihan tersendiri dengan keuntungan yang berbeda-beda.

  1. Souvenir

Salah satu benda yang banyak diburu oleh masyarakat melalui pasar online adalah souvenir. Souvenir pernikahan, kado, hadiah dan lain sebagainya menjadi salah satu benda yang banyak dicari dari penjual-penjual online.

Contohnya seperti boneka, gantungan kunci, sepatu, tas, novel dan lain sebagainya. Anda bisa menirukan ide jualan online barang ini dan turut bersaing dengan memberikan pelayanan menarik.

  1. Produk Kecantikan

Menjual produk kecantikan bisa membuat Anda meraup untung jutaan rupiah. Apalagi jika Anda menjual merk-merk yang sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Meskipun banyak produk kosmetika yang bermunculan belakangan ini, namun setiap produk memiliki pasar dan pelanggannya masing-masing.

Jika ingin menjual produk kecantikan, pilihlah produk yang sudah dipastikan aman dan bersertifikat BPOM. Konsumen Indonesia sudah mulai pintar dan cerdas dalam memilih produk kecantikan.

  1. Perlengkapan Rumah Tangga

Siapa yang tidak butuh perlengkapan rumah tangga di rumahnya? Hampir setiap rumah pasti akan membutuhkan alat-alat rumah tangga seperti panci, teko, dan barang lainnya.

Ide jualan online di rumah sangat cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Selain bisa memberikan testimoni secara langsung, Anda juga bisa dengan mudah menjabarkan manfaat dari setiap produk sebagai penggunanya.

Anda bisa memilih untuk menjual perlengkapan rumah tangga yang jarang dijual di pasaran seperti mug tahan panas, gelas blend, sepaket pisau dan semacamnya.

  1. Makanan Khas

Jika sebelumnya disarankan untuk menjual makanan kering atau basah, Anda juga mungkin bisa mencoba untuk menjual jajanan khas kota tempat tinggal Anda. Sebagai penduduk asli kota tersebut, Anda lebih mengetahui kelebihan, informasi dan sejarah tentang makanan tersebut.

Dengan demikian, proses pemasaran akan lebih mudah dilakukan. Anda bisa menjualnya dalam skala nasional supaya makanan khas tersebut semakin terkenal.

  1. Furniture

Ide jualan online selanjutnya adalah furniture atau perabot. Dengan semakin meluasnya informasi di era digitalisasi ini, informasi bisa dengan mudah didapatkan. Selain bisa mencari informasi mengenai produk yang hendak dibeli, customer pun bisa melakukan pembelian dari luar daerahnya atau bahkan tempat yang jauh sekalipun.

Dalam membeli furnitur, customer lebih cenderung memilih dan melihat ragam produk yang lebih bervariasi di internet daripada datang langsung ke toko mebel. Mereka bisa mendapatkan pilihan produk yang lebih banyak ketimbang yang disediakan oleh toko mebel. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Anda mencoba untuk berjualan furniture atau perabot rumah tangga.

  1. Menjual Jasa

Ide jualan online yang juga sedang naik daun dewasa ini adalah menjual jasa. Banyak jasa yang bisa dijual dengan cara online seperti jasa membuat artikel, jasa mendesain logo, jasa membuat undangan pernikahan dan lain sebagainya. Gunakan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki untuk mendatangkan penghasilan yang jauh lebih besar.

tips-ide-jualan-online-sukses

Tips Supaya Jualan Online Sukses

Berjualan online sedikit berbeda dengan berjualan offline. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum merealisasikan ide jualan online Anda. Tingginya persaingan dalam lini bisnis jualan online banyak membuat seseorang menjadi ragu untuk berkecimpung di dalamnya. Mereka tidak percaya diri untuk mewujudkan ide berjualan yang mereka rencanakan.

INFO PENTING !!

Berikut ini adalah beberapa tips supaya jualan online Anda bisa sukses dan berjalan dengan lancar, diantaranya adalah :

  1. Perdalam Product Knowledge

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengenali kelebihan, keunikan dan semua hal tentang barang jualan Anda. Jangan sampai Anda menjual barang yang tidak Anda kenali sebelumnya.

Katakanlah Anda menjual sebuah produk kecantikan, berarti Anda harus mengetahui komposisi, kegunaan dan kelebihan produk tersebut dibandingkan produk lain. Pengetahuan Anda tentang produk tersebut akan menjadi senjata untuk meyakinkan calon customer.

  1. Gunakan Sosial Media

Ide jualan online yang Anda realisasikan tidak akan berkembang pesat jika Anda tidak menggunakan media sosial. Pasalnya, masyarakat Indonesia sekarang ini sedang menggandrungi berbagai platform media sosial. Contohnya adalah facebook, twitter, instagram, youtube dan lain sebagainya. Meskipun Anda berjualan di marketplace, namun jika tidak didukung dengan penggunaan media sosial, bisnis Anda tidak akan berlari kencang.

  1. Bermental Baja

Seorang pebisnis harus memiliki mental sekuat baja dan tekad yang bulat. Anda tidak boleh sekalipun putus asa meskipun tidak mampu menjual barang sesuai yang ditargetkan. Pergencar terus pemasaran dengan diiringi peningkatan layanan supaya calon customer jadi tertarik.

Tidak jauh berbeda dengan jualan offline, pada awal berjualan mungkin akan ditemui banyak kendala. Namun jika Anda mampu survive mengatasi kendala ini, bisnis online Anda dijamin akan sukses dan lancar.

Jangan heran jika berjualan online sekarang ini lebih menjanjikan dan lebih menguntungkan dibandingkan jualan offline. Beragam kelebihan serta minim resiko membuat masyarakat semakin banyak yang melirik bisnis ini. Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki ide jualan online yang sedang terpikir? Coba saja diwujudkan. Siapa tahu, penghasilan jualan online Anda bisa jauh lebih besar daripada gaji dari tempat Anda bekerja. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.