Beranda » Bisnis » Cara Cepat Belajar Jualan Online Supaya Sukses

Cara Cepat Belajar Jualan Online Supaya Sukses

T Diposting oleh pada 21 June 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 5 kali

Tidak ada hal di dunia ini yang tidak bisa dipelajari termasuk belajar jualan online. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan namun juga bisa menjadi media penambah penghasilan. Bahkan jika Anda ingin berkecimpung sepenuhnya, ide berjualan online bukanlah ide yang buruk.

Banyak pedagang online yang sukses menembus pasar dan meraup omset hingga puluhan juta rupiah perbulannya. Tentu saja, keberhasilan ini tidak bisa didapatkan tanpa ilmu dan wawasan yang mendukung. Jika Anda tertarik, mari kita belajar semua hal yang berkaitan dengan topik ini.

Tips Belajar Jualan Online untuk Pemula

Segala sesuatu hal yang dimulai dari nol pasti memiliki kendala pada awalnya. Jangankan untuk berbisnis secara online, belajar naik sepeda pun tentu ada kesulitannya. Oleh sebab itu, Anda harus belajar cara jualan online sebelum berkecimpung di dalamnya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui sebagai pemula yang ingin mencoba bisnis online. Diantaranya adalah:

cara-sukses-belajar-jualan-online

  1. Pelajari Mekanisme Bisnis Online

Hal pertama yang harus Anda pelajari adalah definisi dan mekanisme bisnis online. Bisnis atau jualan online adalah kegiatan jual beli baik barang ataupun jasa antara penjual dan pembeli yang dilakukan dengan perantara internet.

Di sini, kita melihat ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi yaitu proses jual beli, barang atau jasa dan internet. Tanpa adanya ketiga unsur ini, kegiatan bisnis online tidak akan berjalan.

Yang harus dipahami dalam belajar bisnis online adalah bahwa kegiatan ini semakin mudah dilakukan. Dengan teknologi internet yang berkembang pesat saat ini, bisnis online makin merebak hingga mengalahkan jual beli cara konvesional. Tersedianya banyak platform untuk menjalankan bisnis online menjadi salah satu senjata yang memperlancar kegiatan ini.

Dalam hal ini, Anda harus mempelajari bagaimana mekanisme dan tata cara dalam melaksanakan kegiatan berjualan online. Ambillah contoh Anda ingin berjualan online di Facebook.

Pastikan Anda menguasai cara dan strategi berbisnis dengan menggunakan facebook. Bagaimana mendapatkan customer, bagaimana cara menawarkan produk yang baik dan benar, dan hal-hal lainnya. Ini harus Anda pelajari secara mendalam sebelum masuk ke dalam bisnis online.

 

  1. Perkuat Mental dan Semangat

Salah satu hal yang paling penting dalam belajar jualan online khususnya untuk pemula adalah bagaimana menata mental dan jiwa pebisnis. Bisnis online bisa dikatakan mudah namun juga bisa menjadi sangat sulit. Banyak halangan dan rintangan yang harus Anda hadapi dalam melakukan dan menyelami usaha ini. Pedagang lain yang banting harga, customer yang memberikan testimoni negatif, jasa kurir kurang terpercaya, dan lain sebagainya adalah contoh dari rintangan bisnis online.

Untuk menghadapi semua rintangan ini, Anda harus siap secara mental dan fisik. Di sini, Anda harus mempersiapkan tiga hal utama untuk mendukung kekebalan mental bisnis, diantaranya adalah :

√ Selalu Belajar

Jangan pernah berhenti belajar dan menambah wawasan. Ilmu jualan online bukan ilmu yang terbatas. Belajar jualan online pun tidak hanya bisa dilakukan sekali atau dua kali.

Anda harus siap dan mau terus menerus belajar untuk meningkatkan kemampuan, skill dan pengetahuan. Jadikan ilmu dan pengetahuan yang Anda miliki sebagai investasi diri. Bagaimanapun, belajar tidak akan pernah membuat Anda merugi. Justru, Anda akan diuntungkan dengan banyaknya pengetahuan yang dimiliki.

√ Jangan Mudah Berputus Asa

Tidak ada orang di dunia ini yang menjadi sukses tanpa menghadapi tantangan. Meskipun Anda berjualan secara offline, tantangan juga pasti ada. Jadi, jangan takut dengan tantangan apalagi sampai berputus asa. Pastikan Anda mempersiapkan mental sekuat baja untuk menghadapi semua tantangan yang akan menghadang.

√ Tidak Takut Resiko

Persiapan mental selanjutnya adalah keberanian untuk menghadapi resiko. Pebisnis harus berani untuk mengambil keputusan serta resiko yang mungkin muncul. Tidak ada bisnis yang minim resiko. Kalaupun ada, pasti keuntungan yang didapatkan akan minim pula.

Berani menghadapi resiko merupakan salah satu kekuatan dari seorang pebisnis. Jika Anda selalu merasa khawatir akan jatuh rugi dan ragu-ragu untuk melangkah, selamanya Anda tidak akan maju. Kesuksesan tidak hadir begitu saja di hadapan orang-orang yang khawatir akan resiko bisnis.

 

  1. Lakukan Riset Pasar

Tips belajar jualan online selanjutnya adalah mengenali kebutuhan pasar yang akan Anda targetkan. Pelajari apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga Anda tidak akan memilih produk jualan yang keliru. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset pasar, diantaranya adalah :

√ Bertanya Langsung

Anda bisa bertanya langsung pada konsumen tentang produk-produk yang mereka butuhkan saat ini. Bertanya kepada konsumen tidak harus bertatap muka secara langsung. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan seperti facebook, instagram dan twitter.

√ Ikuti Berita

Mengikuti perkembangan masyarakat sekitar melalui berita adalah salah satu cara membaca pasar. Dari sana, Anda bisa belajar jualan online dengan membaca tren yang sedang berkembang.

Dengan demikian, Anda bisa menemukan sebuah peluang yang bisa digunakan sebagai ide jualan online. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengamatan pasar. Perhatikan barang-barang apa saja yang saat itu sedang diminati, selalu dicari-cari dan barang-barang dengan angka penjualan tinggi.

INFO PENTING !!
  1. Tentukan Produk Jualan

Setelah belajar jualan online terutama dalam hal melakukan pengenalan terhadap kebutuhan pasar, Anda pasti sudah memiliki pandangan. Pandangan tentang jenis produk apa yang nantinya akan dijual dalam bisnis Anda.

Pastikan Anda benar-benar mempelajari semua seluk-beluk produk yang akan dijual ini. Kuasai product knowledgenya termasuk keuntungan dan kelebihannya dibandingkan produk lain.

Produk jualan Anda akan menjadi wajah bagi bisnis Anda. Sangat disarankan untuk fokus terhadap salah satu tema dengan produk yang masih memiliki keterkaitan. Misalnya Anda ingin berjualan kosmetik.

Usahakan untuk fokus pada alat-alat kecantikan saja. Jangan berbelok dengan menjual pelengkapan otomotif yang jauh sekali keterkaitannya. Fokus terhadap satu produk akan membuat Anda nampak ahli dan memang menggeluti produk tersebut.

 

  1. Ciptakan Brand Toko Online

Tips belajar jualan online selanjutnya adalah belajar dan menemukan brand toko online yang akan Anda jalankan. Nama brand dan toko online adalah ciri khas bisnis Anda yang akan menjadi wajah Anda dalam pasar online. Oleh sebab itu, pastikan Anda menemukan nama yang baik dan bagus. Sebuah nama yang menjadi ciri khas dan mewakili keunikan bisnis online Anda.

Disini, Anda juga harus mempelajari jenis pemasaran online apa yang akan diterjuni. Website atau website marketplace? Atau Anda ingin menggunakan dua media ini. Kedua media ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda memang ingin berkecimpung di dunia bisnis online, sebaiknya memang menggunakan keduanya. Selain bisa memperluas cakupan bisnis, Anda bisa saling memanfaatkan keduanya dan menutupi kekurangannya.

Belajar jualan online harus diikuti dengan praktek secara langsung dalam waktu dekat. Bisnis online selalu berkembang dan mengikuti perkembangan jaman. Jika Anda tidak segera berdiri dan berlari sekarang, maka proses pembelajaran tidak akan menghasilkan kesuksesan. Oleh sebab itu, bersiaplah untuk terjun ke bisnis online sekarang juga.

Belum ada Komentar untuk Cara Cepat Belajar Jualan Online Supaya Sukses

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Cepat Belajar Jualan Online Supaya Sukses

tips belanja online

Kelebihan Bisnis Toko Online Dibandingkan Konvensional

T 22 September 2014 F A jeffsitopu

Ingin membuka usaha tetapi masih bingung dengan lokasi lapak karena tingginya sewa toko? Jika demikian permasalahannya mungkin Anda bisa mencoba memasarkan produk Anda melalui internet. Bisnis toko online sekarang ini semakin banyak dilakukan oleh masyarakat karena konsumen yang dibidik menjadi... Selengkapnya

Inilah Rahasia Sukses Bisnis Online

T 7 October 2014 F A jeffsitopu

Menjalankan bisnis online semakin menjadi pilihan bagi para pebisnis. Kondisi ini diperkuat dengan pengguna internet yang semakin meningkat. Gaya hidup masyarakat yang mulai bergeser ke belanja online membuka peluang bisnis online semakin besar. Jumlah pebisnis online pun semakin meningkat, sehingga... Selengkapnya

7 kesalahan bisnis MLM

7 Kesahalan Terbesar Di Awal Karir Bisnis MLM Anda

T 6 September 2016 F A jeffsitopu

Kaian pasti sering mendengar betapa banyak kisah sukses pada dunia MLM, dimana seorang yg asalnya benar-benar bangkrut nanti di dalam kala yg sangat singkat di dalam hitungan bulan tiba-tiba jadi ‘super star’ serta menghasilkan satu buah kisah sukses beserta penghasilan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Optin Form

Twets

Cari Jawaban Anda

Pilih mana: Orang yang memimpikan kesuksesan atau orang yang membuatnya menjadi kenyataan?