5 Model Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

5 Model Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Ini dia 5 model bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti hanya berurusan dengan pekerjaan rumah. Di era sekarang, banyak ibu rumah tangga yang selain bekerja untuk rumah dan keluarga mereka bekerja nonstop juga dan punya penghasilan sendiri.

Bahkan, beberapa ada yang penghasilannya melebihi wanita-wanita yang bekerja. Hal tersebut tidaklah mengherankan, mengingat masyarakat saat ini sudah lebih teredukasi. Ibu rumah tangga dari latar belakang pendidikan apa pun, beralih pada bisnis rumahan untuk menghilangkan kejenuhan saat mengurus rumah.

Apakah Anda salah satu ibu rumah tangga yang juga ingin punya pendapatan sendiri? Berikut 5 ide Model bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

Buka Toko Kelontong

Ini adalah bisnis yang umum dan terkesan lawas, tapi tidak akan pernah mati. Pasalnya, meski era ini adalah era online yang belanja pun bisa online, tapi perintilan-perintilan kecil dan sembako tetap butuh toko offline.

Anda bisa membuka toko kelontong yang menjual bahan-bahan pokok. Tentunya, ini tidak akan mengganggu aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga. Kebutuhan yang sekiranya diperlukan oleh tetangga-tetangga kanan kiri haruslah tersedia. Misalnya saja beras, sabun, gula pasir, dan sebagainya. Jika ditekuni dan perputaran uangnya baik, bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang satu ini bisa menjanjikan.

Jual Pulsa

Semua orang sekarang ini butuh yang namanya pulsa. Baik itu pulsa untuk kartu ponsel, paket internet, juga pulsa listrik. Fenomena tersebut merupakan peluang bagi ibu rumah tangga untuk memulai berbisnis.

Anda tidak perlu punya kios khusus untuk menjalankan bisnis sampingan ibu rumah tanga. Cukup bermodalkan ponsel, dan modal tak begitu besar untuk membeli pulsa di suplier. Untuk memberitahukan bisnis ini pada orang-orang, Anda bisa memasang plang ‘Jual Pulsa’ di depan rumah.

Model-usaha-rumahan-ibu-rumah-tangga

Bisnis Online

Ibu rumah tangga zaman sekarang tentu bersandingan erat dengan teknologi. Anda yang biasa belanja online dan ingin menjajal menjadi pebisnis online, mengapa tidak? Bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja. Cocok untuk ibu rumah tangga karena jam kerjanya fleksibel.

Anda bisa mencoba menjadi reseller baju atau brand make up tertentu dan dipasarkan secara online. Bisa juga menjadi dropshipper dengan membuka toko online sendiri. Atau Anda punya produk yang bisa dijual? Nah, jual saja secara online. Model Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan keuntungan yang banyak jika ditekuni.

Bisnis Laundry

Usaha yang bisa dimulai dari modal kecil dengan pelanggan yang hampir setiap hari ada adalah usaha laundry. Bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga karena bisa dilakukan sembari mengurus keluarga dan anak.

Anda hanya perlu menyediakan mesin cuci serta tenaga. Lalu pasanglah banner di depan rumah untuk memberitahu orang-orang bahwa Anda menerima jasa laundry. Di lingkungan perumahan yang biasanya warganya sibuk, bisnis rumahan untuk ibu rt satu ini pasti laris manis.

Jika sudah mendapat pelanggan setia dan modalnya cukup, barulah Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk bisnis laundry. Anda juga bisa merekrut satu atau dua karyawan agar tidak capai sendirian. Tambahkan jasa jemput-antar laundry agar bisnis tersebut makin maju.

Jual Makanan Catering

Apakah Anda punya keahlian memasak yang selalu dipuji oleh suami dan anak-anak? Jangan biarkan hanya keluarga Anda yang bisa mencicipi kelezatan masakan Anda. Ini bisa dijadikan salah satu peluang bisnis dirumah untuk ibu rt.

Cobalah untuk berjualan makanan atau jasa masakan catering . Tak perlu tempat khusus, Anda bisa menggelar lapak dengan modal meja panjang saja di depan rumah. Supaya masakan Anda laris, bukalah di jam-jam makan seperti waktu sarapan atau makan malam.

Bisnis yang satu ini lumayan menjanjikan bila dijalani dengan tekun dan perputaran modal yang baik. Selain itu, kepuasan batin juga akan Anda didapatkan karena bisa menyalurkan hobi memasak menjadi bisnis yang menghasilkan.

Nah, itu dia 5 ide model bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Sebenarnya masih banyak lagi ide bisnis yang lain seperti menjahit, membuat kerajinan tangan, membuka les untuk anak sekolah, dan sebagainya. Bagaimana, sudahkah menemukan yang cocok dengan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.