Ciri-Ciri Kampas Rem Belakang Habis dan Harus Ganti

jefriray

kampas rem belakang

Pada dasarnya, kampas rem belakang adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang sangat penting dan esensial. Tugasnya yang paling utama adalah untuk mengontrol dan menghentikan laju motor atau mobil saat harus berhenti mendadak di saat itu juga.

Itulah alasan mengapa Anda harus tahu apa ciri-ciri kampas rem habis dan kapan kampas tersebut harus diganti. Hal ini karena rem suatu kendaraan bermotor tidak akan bisa bekerja dengan sempurna tanpa kampas, sehingga rawan menabrak atau kecelakaan. 

Kapan Harus Mengganti Kampas Rem?

Sama seperti hampir semua komponen kendaraan bermotor yang lain, kampas rem adalah komponen yang wajib Anda ganti secara rutin. Lalu, berapa lama ganti kampas rem belakang motor dan mobil? Biasanya setelah 30.000 km hingga 35.000 km. 

Hanya saja, itu bukanlah perhitungan yang pasti. Terkadang Anda perlu menggantinya lebih cepat dan terkadang lebih lambat dari biasanya. Maka dari itu, untuk mengetahui apakah kampas rem masih dapat digunakan atau perlu diganti adalah dengan mengikuti cara berikut!

1. Ketika Rem Sudah Tidak Pakem Lagi

Secara garis besar, hal yang paling terlihat dan yang paling terasa saat kampas rem belakang mobil dan motor akan habis adalah ketika rem sudah tidak pakem lagi. Hal ini karena daya pengereman yang melemah akibat tekanan kampas sudah tidak merata.

Jika kondisinya sudah seperti ini, maka Anda harus segera menggantinya sebelum kampas rem benar-benar habis dan tidak bisa Anda gunakan lagi.

2. Ketika Pijakan atau Pedal Rem Sudah Dalam

Selain daya pengereman yang sudah tidak pakem dan mulai melemah saat kampas rem belakang akan habis, pijakan atau pedal rem pun sudah mulai dalam. Anda harus menginjak pedal rem mobil dan menekan pedal rem motor lebih jauh dari biasanya.

Apabila pedal rem kendaraan bermotor Anda sudah dalam, segera bawa ke bengkel terdekat untuk mengganti kampas rem.

3. Ketika Kuantitas Minyak Rem Mulai Menurun

Selain kampas, komponen lain yang ada di dalam rem adalah minyak. Keduanya pun saling berhubungan, karena saat kampas rem habis minyak rem pun akan mulai berkurang drastis. Terlebih saat tidak ada kerusakan lain seperti kebocoran minyak pada rem.

Lalu, kira-kira kapan kita mengetahui bahwa kita harus mengganti minyak rem motor? Berbeda dengan kampas rem yang bisa Anda ganti setelah 30.000 hingga 35.000 (paling ideal 32.000), minyak rem perlu diganti lebih cepat, yaitu maksimal 25.000 km.

4. Ketika Ada Suara yang Terdengar Saat Menginjak Rem

Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mengetahui kapan kampas rem habis ketika ada suara yang terdengar saat Anda menginjak rem. Biasanya suara tersebut adalah suara gesekan logam dan besi di area cakram yang sudah tidak dilapisi kampas. 

Jika terus dibiarkan seperti itu, maka akan ada bahaya yang mengintai Anda karena gesekan antara kedua komponen tersebut. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah meledaknya cakram motor atau mobil

5. Ketika Ada Getaran Saat Menggunakan Rem

Selain ada suara gesekan, ada juga getaran yang biasanya akan Anda rasakan saat Anda menginjak pedal rem atau menarik pedal rem. Hal ini karena permukaan kampas yang sudah tidak rata. Itulah alasan mengapa Anda harus segera mengganti kampas rem. 

Penutup

Itulah beberapa ciri-ciri kampas rem belakang akan habis dan perlu segera Anda ganti. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"