Ciri-Ciri Kampas Rem Motor Habis dan Harus Segera Diganti

jefriray

ciri ciri kampas rem motor habis

Ciri-ciri kampas rem motor habis sebenarnya sangat mudah dikenali. Namun, kadang karena tidak menyadarinya. Para pengendara motor pun cenderung mengabaikan dan akhirnya tidak segera mengganti kampas rem motor. 

Padahal, kampas rem motor yang habis namun terus digunakan adalah situasi yang berbahaya. Kampas rem motor yang habis berarti berkurangnya daya cengkram dan kekuatan rem. Akhirnya, rem tidak akan bisa bekerja maksimal di situasi yang dibutuhkan. 

Ciri-Ciri Kampas Rem Motor Habis 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya tanda-tanda kampas rem motor habis sangat mudah dikenali. Namun, banyak pengendara motor yang tidak mengetahui dan abai. Jadi, ketika tanda tersebut muncul tidak segera mengganti kampas rem. 

Berikut adalah berbagai tanda kampas rem motor yang habis. Jika salah satu tanda di bawah ini mulai muncul. Para pengendara motor harus segera memeriksa bagian kampas rem dan segera melakukan penggantian: 

1. Bunyi Aneh atau Decitan Saat Mengerem 

Tanda yang paling mudah dikenali dan pertama kali muncul saat kampas rem habis pada motor adalah adanya bunyi aneh. Bunyi aneh ini terdengar saat para pengendara mengerem, biasanya bunyinya seperti decitan atau gesekan logam. 

Suara ini muncul karena rem sudah dalam keadaan kotor atau mungkin basah. Bunyi akan menghilang jika rem sudah kering, dibersihkan, sudah diganti lagi. 

2. Sudah Menyentuh Batas Aus 

Setiap kampas rem dilengkapi dengan indikator keausan, berupa lubang yang membentuk garis di dinding kampas. Indikator ini bisa dikenali dan dilihat dengan mudah oleh para pengendara. Jika lubang garis sudah menipis bahkan sudah tidak terlihat. Maka, itu adalah ciri kampas rem harus diganti. 

3. Tuas Rem Menjadi Lebih Dalam 

Ciri ciri kampas rem motor habis selanjutnya adalah tuas rem menjadi lebih dalam. Ciri ini sangat mudah dikenali pada motor yang menggunakan jenis rem tromol. Kampas rem yang mulai menipis akan membuat jarak antara dinding cakram dan dinding muka kampas. 

Jarak tersebut akan semakin jauh dan semakin jauh. Hal ini membuat para pengendara harus menekan tuas rem semakin dalam untuk memberikan efek rem. 

4. Minyak Rem Sudah Berkurang atau Bahkan Kering 

Karena lapisan kampas rem sudah menipis, maka bagian ini akan membutuhkan lebih banyak minyak untuk bekerja lebih lancar. Karena semakin banyak minyak yang diperlukan, permukaannya akan semakin cepat kering dan indikator minyak rem akan berkurang. 

Hal ini akan membuat sistem pengereman menjadi kurang maksimal. Jika hal ini terjadi, maka sangat penting untuk segera mengganti kampas rem pada motor. 

5. Tercium Bau Terbakar Pada Bagian Rem 

Karena lapisan pelindungnya sudah habis, akhirnya akan terjadi gesekan antara dua komponen yang terbuat dari besi. Dalam penggunaannya, komponen besi pada motor ini akan menjadi panas. 

Akhirnya ketika pengereman diaktifkan, keduanya akan bergesekan dalam kondisi yang panas. Hal ini akhirnya menimbulkan panas dan bau seperti benda terbakar terutama pada bagian belakang kendaraan.  

Biaya Ganti Kampas Rem Motor  

Banyak orang yang perlu untuk segera mengganti kampas rem pada motor. Namun, merasa ragu karena takut biaya yang sangat mahal. Sebenarnya, harga untuk penggantian komponen otomotif  ini sangatlah bervariasi. 

Namun lebih baik jangan menunda penggantiannya. Jika ciri ciri kampas rem motor habis sudah muncul. Maka, segera melakukan penggantian pada komponen ini, karena jika terjadi kecelakaan karena sistem pengereman. Biaya kerugian yang ditanggung akan lebih besar lagi.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"