Pedoman Lengkap Belajar Instagram Marketing

Pedoman Lengkap Belajar Instagram Marketing

Pedoman Lengkap Tips Belajar Instagram Marketing! Tidak bisa dipungkiri, Instagram memang telah menjadi salah satu media sosial yang memiliki perkembangan sangat cepat. Kini, Instagram bahkan tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dan saling berbagi informasi saja. Namun, juga sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai media pemasaran produk.

Hal tersebut didasari karena media sosial Instagram kini telah memiliki jumlah pengguna mencapai 150 juta orang yang tentu masih akan terus bertambah setiap harinya. Maka, tidak mengherankan jika Instagram bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki agar dapat semakin menjangkau pasar yang lebih luas.

Langkah-langkah Belajar Instagram Marketing

Hakikatnya, fungsi Instagram sebagai alat pemasaran pada akhirnya menyebabkan lahirnya istilah Instagram marketing. Dikarenakan sudah terbukti membantu para pebisnis dalam memasarkan produk atau jasanya, maka wajar jika saat ini orang-orang mulai tertarik untuk belajar Instagram marketing. Jika Anda salah satunya, maka berikut sejumlah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai Instagram marketing.

Membuat Akun Bisnis

Pada dasarnya, akun Instagram memang terdiri dari dua jenis, yaitu pribadi dan bisnis. Jika tujuan dibuatnya Instagram memang untuk pemasaran, maka sebaiknya gunakanlah akun bisnis. Tentu ada beragam fitur-fitur tambahan yang memang hanya dapat diakses bagi pengguna akun bisnis.

Perbaiki Profil Akun

Setelah pembuatan akun bisnis selesai, bagi Anda yang sedang belajar Instagram marketing, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan profil dari akun tersebut. Hal itu bisa dilakukan dimulai dengan memasang foto profil yang menjelaskan sekilas mengenai akun Anda. Selain itu, profil yang dipasang sebisa mungkin merupakan logo atau gambar yang menarik dan bisa mudah diingat oleh pengunjung.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengisi bio Instagram dengan kata-kata yang singkat, tetapi sebisa mungkin terlihat unik. Pada bio Anda bisa memperkenalkan jenis produk atau jasa yang ditawarkan beserta keunggulan yang membedakannya dengan produk yang sejenis. Selain itu, jangan lupa tambahkan informasi kontak agar pengunjung mudah menghubungi saat ada hal yang ingin ditanyakan.

Memperjelas Konsep dan Tujuan Penggunaan Instagram Marketing

Tujuan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis. Tanpa adanya tujuan yang jelas, maka Anda akan kesulitan pada saat penyusunan strategi hingga proses promosi. Hal itu karena peran tujuan dapat memberikan gambaran terkait hal yang ingin dicapai terkait bisnis yang dijalankan. Maka, bagi Anda yang sedang belajar Instagram marketing jangan sampai lupa untuk menentukan tujuan sejak awal, ya

Tentukan Sasaran atau Target Pembeli

Pada kenyataannya setiap produk tentu memiliki peminat dan pembelinya masing-masing. Meski demikian, hal itu tentu akan terasa percuma jika Anda memang tidak paham siapa saja orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk atau jasa yang nantinya ditawarkan. Maka, sejak awal Anda memang sudah harus memahami produk atau jasa yang ditawarkan sehingga bisa mengetahui pula orang-orang yang nantinya menjadi target.

Sajikan Postingan yang Menarik

Kekuatan konten atau postingan benar-benar dahsyat dalam belajar Instagram marketing. Sebab, hal itu yang akan menjadi pertimbangan bagi para pengunjung untuk mengikuti atau mengabaikan akun Anda. Maka, sudah seharusnya Anda terus berupaya menyajikan konten-konten yang bermutu dan menarik. Adapun cara untuk membuat konten menarik di antaranya adalah melengkapi konten dengan hal-hal pendukung seperti gambar atau video kreatif.

Tidak hanya itu, Anda juga harus aktif membagikan info terkini di Instagram story. Selain itu, manfaatkan fitur Instagram story highligth dengan maksimal dengan cara menyimpan sejumlah informasi penting. Mulai dari jenis-jenis produk, deskripsi produk, testimoni atau tanggapan positif dari orang-orang yang sebelumnya telah mencoba produk atau jasa Anda. Tentu hal itu akan semakin menjadi daya tarik tersendiri.

Rutinlah Memposting Konten

Keaktifan dari suatu akun dapat menjadi pertimbangan orang-orang untuk memutuskan tetap mengikuti atau menghapus akun Anda dalam daftar akun yang diikuti. Pada dasarnya, konsisten adalah kunci utamanya. Oleh karena itu, jika Anda memang masih dalam tahap awal belajar Instagram marketing dan belum mampu untuk mengunggah konten setiap hari, maka setidaknya tetapkanlah waktu rutin misalnya tiga kali dalam seminggu.

Perhatikan Jam Posting Konten

Upayakan untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk memposting konten, salah satunya mengenai persoalan jam posting. Nyatanya, untuk memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai alat pemasaran, maka sebisa mungkin unggahlah postingan tersebut di waktu tertentu ketika sedang banyak orang yang aktif. Misalnya, waktu jam makan siang hingga waktu malam selepas jam kerja telah usai.

Pantau Kemajuan Akun Anda

Keuntungan akun bisnis adalah Anda bisa melakukan pemantauan terkait aktivitas Instagram Anda. Mulai dari hasil postingan, jumlah orang yang menyukai dan memberi komentar pada postingan, hingga informasi detail terkait pengikut akun Instagram Anda. Hal itu tentu dapat menjadi pembelajaran sekaligus petunjuk untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan performa akun Anda terutama bagi Anda yang memang masih belajar Instagram marketing.

belajar-instagram-marketing

Tips Sukses Instagram Marketing

Setelah mempelajari sejumlah langkah-langkah yang dapat dilakukan bagi Anda yang ingin memulai Instagram marketing. Maka, berikut ini ada sejumlah tips yang sangat sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang memang serius untuk melakukan pemasaran produk atau jasa melalui media sosial Instagram.

Perhatikan Nama Akun Bisnis

Meski kadang terlihat remeh, tetapi nyatanya nama akun bisnis merupakan salah satu unsur penting ketika ingin memasarkan produk melalui media sosial. Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang belajar Instagram marketing adalah upayakan agar nama yang dipakai pada akun bisnis mencerminkan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, buatlah nama yang tidak rumit dan terlalu panjang agar nantinya orang-orang bisa dengan mudah mengingatnya.

Perluaslah Jaringan

Salah satu kunci penting agar produk atau jasa Anda dikenal banyak orang adalah dengan memperluas jaringan pertemanan. Oleh karena itu, jika Anda memang bertekad untuk membuat bisnis Anda besar, maka jangan takut untuk tawarkan kerja sama dengan orang lain. Anda bisa menggunakan hastag atau tagar untuk menemukan orang-orang yang sekiranya cocok untuk Anda ajak kerja sama dalam membesarkan bisnis yang dijalankan tersebut.

Sebagai Orang yang Belajar Instagram Marketing, Maka Terus Lakukan Promosi

Pada akhirnya, belajar Instagram marketing sama saja berarti belajar untuk melakukan promosi. Maka, hilangkan kata lelah berpromosi dalam pikiran Anda. Meskipun kadang hasilnya memang jauh dari harapan, tetapi Anda harus yakin bahwa setiap produk atau jasa pasti ada pembelinya. Hanya saja mungkin Anda belum menemukannya, maka jangan pernah berhenti untuk terus melakukan promosi.

Menggunakan Jasa Influencer atau Artis Terkenal Melalui Layanan Endorsement

Ada banyak bisnis yang sukses lantaran sudah dipromosikan oleh orang terkenal yang memiliki banyak pengikut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba menggunakan jasa endors jika memang Anda memiliki modal yang cukup. Meskipun harga yang dipatok umumnya memang tidak murah, tetapi kemungkinan untuk memperoleh keuntungannya pun lebih besar jika hanya melakukan promosi secara mandiri.

Manfaatkan Layanan Iklan Ads

Jangan langsung putus asa kalau Anda memang tidak punya cukup modal untuk membayar jasa influencer agar mempromosikan produk Anda. Pada kenyataannya, masih ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperluas jangkauan produk Anda agar bisa diketahui oleh banyak orang, salah satu cara tersebut adalah dengan memanfaatkan Ads. Bagi Anda yang masih belajar Instagram marketing dan belum memahami banyak terkait Ads.

Maka, perlu dipahami bahwa Ads merupakan layanan yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan produk atau jasa ke lebih banyak orang. Sama seperti Facebook, maka Instagram pun memiliki layanan Ads. Ada berbagai pilihan paket yang tentu saja memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan harus membayar seorang influencer atau artis terkenal.

Demikian panduan lengkap khusus bagi Anda yang sedang ingin belajar Instagram marketing. Pada dasarnya, kecanggihan teknologi memang telah membuat segala sesuatu dapat dilakukan hanya melalui bantuan internet dan media sosial. Maka, sebagai pemilik produk atau jasa Anda hanya perlu pandai-pandai dalam memanfaatkan hal itu untuk lebih memperbesar bisnis yang dijalankan.