Beranda » Marketing » 5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing yang Paling Sering Terjadi

5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing yang Paling Sering Terjadi

T Diposting oleh pada
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 35 kali

Dalam proses pemasaran modern, banyak tantangan video marketing yang harus dipelajari guna meningkatkan hasil dari pemasaran. Video marketing sebagai salah satu alat promosi memperkenalkan produk masih menjadi pilihan untuk menarik para pelanggan baru. Karena video menjadi sarana efektif, maka perkembangan video editing terus berkembang. Sayangnya, ada banyak tantangan dalam promosi menggunakan video yang memerlukan solusi agar pemasaran sesuai target.

5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing

Setiap bentuk marketing atau pemasaran harus direncanakan secara maksimal, salah satunya dengan mempelajari solusi untuk tantangan-tantangan yang ada. Di bawah ini akan diuraikan solusi-solusi strategis yang akan membantu dalam menghadapi tantangan video marketing di era serba online ini.

1. Teliti dan kajian lebih dalam

Salah satu tantangan video marketing bisa berasal dari komposisi video itu sendiri serta strategi marketing yang kurang perencanaan. Tantangan-tantangan seperti ini biasanya membutuhkan penelitian dan kajian yang lebih dalam.

Penelitian dan kajian yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan data yang bisa diolah untuk menemukan solusi. Jika marketing dirasa kurang maksimal, solusi paling mendasar adalah melakukan penelitian dan pengkajian lebih dalam. Penelitian bisa dilakukan dengan melihat data marketing yang kurang optimal dan menggali lebih dalam dengan metode tertentu.

Solusi yang satu ini bisa diaplikasikan hampir ke setiap masalah dalam video marketing, baik yang terjadi di dalam atau di luar konteks video sebagai objeknya. Dengan melakukan penelitian dan kajian, maka akan dihasilkan data yang bisa membantu mengoptimalkan pemasaran menggunakan video. Sebagai contoh dengan melakukan penelitian dan mengkaji hingga menguji budget, strategi dan efektivitas promosi.

 

Solusi_Video_Marketing

Baca juga : Rahasia sukses video marketing untuk menarik penonton

 

2. Kembangkan kreativitas

Tantangan video marketing yang ada biasanya dapat dipecahkan dengan menghidupkan jiwa kreativitas. Dengan berpikir out of the box atau berpikir unik, maka tantangan bisa dipecahkan.

Mengembangkan kreativitas seunik mungkin bisa menjadi solusi, baik dalam masalah konten video dan pemasaran. Terutama untuk konten video, keunikan atau ciri khas yang ada haru dikembangkan demi menarik pelanggan.

Perlu diketahui bahwa keunikan yang lahir dari kreativitas menjadi aset tersendiri jika lahir dari hasil penelitian dan kajian yang mendalam, terutama terhadap produk. Terkadang, untuk berpikir kreatif adalah dengan melihat segalanya dari sudut pandang lain atau sudut pandang yang berbeda. Baik keunikan produk maupun keunikan video akan berpengaruh terhadap hasil pemasaran yang dilakukan. Jadikan keunikan produk sebagai landasan filosofi dalam marketing dengan melihat sudut pandang lain.

3. Melakukan pendekatan

Tantangan video marketing yang biasanya dihadapi adalah masalah pelanggan. Pendekatan ini sebenarnya hampir sama dengan kajian yang telah disebutkan, namun khusus untuk pelanggan perlu pendekatan yang lebih spesifik karena pelanggan adalah target market.

Melakukan ini juga harus berasal dari penelitian terlebih dahulu agar membuahkan hasil. Pendekatan tanpa perencanaan yang matang tidak akan berpengaruh banyak terhadap hasilnya di kemudian hari. Untuk itu, jangan lewatkan penelitian sebelum melakukan pendekatan.

Pendekatan juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk pelanggan baru dan pelanggan yang setia. Salah satu tantangan video marketing adalah cara untuk mempertahankan pelanggan setia dan mendapatkan pelanggan baru dalam waktu yang sama.

Untuk pelanggan baru, keunikan bisa dimanfaatkan guna menarik perhatian. Testimoni pelanggan setia juga diperlukan untuk meyakinkan calon pelanggan baru. Sedangkan untuk pelanggan setia. Bisa dengan melakukan pendekatan seperti memberikan giveaway melalui laman sosial media, meminta pendapat mereka tentang kekurangan produk dan apa yang harus ditingkatkan serta strategi lain agar mereka tetap menjadi pelanggan setia.

4. Mengubah konsep marketing

Pada dasarnya, marketing tidak sekedar pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Namun sebenarnya, tujuan marketing lainnya yang cukup penting lainnya adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan nama brand. Meningkatkan pengetahuan orang-orang akan brand yang dimiliki akan menambah peluang datangnya pelanggan baru.

Hal ini memang menjadi tantangan video marketing karena video sebagai media iklan dituntut untuk bisa meraih tujuan marketing tersebut. Dalam kasus ini, konsep pemasaran perlu diubah yang pasti akan berpengaruh terhadap proses pembuatan video. Jika merasa masih kesulitan mengubah konsep marketingnya, gunakan solusi pada poin sebelumnya untuk membantu berpikir lebih strategis.

 

Baca juga : Cara sukses menggunakan video marketing

 

5. Menemukan peluang

Solusi terakhir adalah menemukan celah peluang dalam persaingan yang ada. Untuk menemukan peluang ini, caranya adalah dengan mengaplikasikan poin-poin sebelumnya ditambah dengan fokus terhadap potensi sasaran yang ada.

Cobalah analisis apa yang konsumen atau orang-orang butuhkan, kemudian cari celah yang sesuai diantara pesaing bisnis yang lain. Dalam solusi tantangan video marketing ini, sebagai pengusaha harus cermat dalam menuangkan filosofi perusahaan ke prakteknya. Jika filosofi perusahaan kuat, maka menemukan peluang tidaklah begitu sulit.

Pada dasarnya, tantangan-tantangan yang ada dibagi menjadi dua jenis, yaitu tantangan internal dan eksternal. Tantangan eksternal merupakan tantangan diluar video sebagai alat promosi seperti kondisi pasar, tren dan antusiasme masyarakat. Sedangkan tantangan internalnya merupakan tantangan yang berhubungan dengan konsep video. Keduanya saling berpengaruh dan membentuk kesatuan dalam proses promosi brand.

Karena marketing atau pemasaran bukanlah hal yang sederhana, maka solusi-solusi di atas tidak bisa dipisahkan. Kelima solusi berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Dengan memperhatikan solusi yang sudah ada dan mengimplementasikannya dengan teliti, maka perkembangan pemasaran bisa terlihat peningkatannya.

Jangan lupa bahwa bekerja sebagai tim dan perencanaan yang matang juga mempengaruhi promosi berjalan. Untuk itu, pastikan setiap orang yang terlibat memahami tantangan video marketing dan mengetahui solusinya dengan tepat agar marketing berjalan lebih baik serta membuahkan hasil seperti yang diinginkan.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk 5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing yang Paling Sering Terjadi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait 5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing yang Paling Sering Terjadi

belajar-internet-marketing

Lima Cara Mudah Belajar Online Marketing

T F A

Contents1 Siapa Bilang OnlineMarketing itu Sulit? Inilah Lima Cara Mudah Belajar OnlineMarketing!1.1 1. Tentukan Target Pasar Anda1.2 2. Kenali Produk Anda 1.3 3. Menciptakan Kesan yang Baik 1.4 4. Perluas Relasi1.5 5. Jangan Mudah Menyerah dan Cepat Puas Siapa Bilang OnlineMarketing itu... Selengkapnya

Teknik Jitu Menjual Produk PLR di Market Lokal

T F A

Contents1 Baiklah, setelah mengetahui sekilas mengenai Private Label Rights, Anda dapat mempelajari teknik jitu untuk menjual produk PLR di market lokal. Berikut ini penjelasannya:1.1 Pelajari teknik marketing, lalu bumbui dengan cita rasa lokal.1.2 Pilih market lokal yang penuh dengan orang-orang... Selengkapnya

Meningkatkan Kualitas Email Marketing

T F A

Contents1 Apakah Email Marketing Anda Berhasil?1.1 Email Follow Up1.2 Cek Target1.3 Reminder Customer1.4 Media Promosi1.4.1 Itulah keempat perbedaan antara SPAM dengan email marketing yang perlu Anda ketahui. Apakah Email Marketing Anda Berhasil? Pada artikel-artikel sebelumnya, kami sudah memberikan informasi mengenai... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets

600+ asset desain cuma ratusan ribu

600+ asset desain cuma ratusan ribu