Beranda » Marketing » Rahasia Sukses Video Marketing untuk Menarik Penonton

Rahasia Sukses Video Marketing untuk Menarik Penonton

T Diposting oleh pada 12 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 83 kali

Dunia pemasaran memang selalu mengalami perkembangan baik melalui iklan berbentuk fisik atau bentuk digital. Pada era revolusi industri 4.0 kini, pemasaran berbentuk digital menjadi lebih digandrungi para pelaku bisnis. Hal ini terkait karena pengiklanan digital yang dianggap lebih efektif karena penggunaan teknologi informasi yang semakin mumpuni. Salah satu pemasaran digital yang cukup populer adalah dengan menggunakan video. Anda mungkin telah menemui berbagai marketing video, namun tentu sebagian ada yang menarik dan ada yang tidak menarik. Anda dapat mempelajari rahasia sukses video marketing agar bisa membuat video yang bagus da menarik.

 

Tips dan Trik Membuat Video Marketing Menarik

 

Video marketing menjadi cukup marak belakangan ini, apalagi dengan menjamurnya media sosial yang bisa menampilkan video marketing secara gratis. Namun demikian, dengan banyaknya platform dan media sosial yang memberikan ruang gratis untuk video marketing, maka persaingan tentu menjadi lebih ketat. Video marketing yang segar dan memiliki ciri khas tentu akan mendapat perhatian lebih banyak. Berikut beberapa rahasia sukses video marketing yang bisa anda ikuti, apa saja?

 

Tentukan Sasaran Pemasaran

Rahasia sukses video marketing yang utama adalah menentukan sasaran pemasaran. Tentukan siapa yang paling tertarik dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya, pada perempuan atau laki-laki, pada orang di usia berapa, dan kebutuhan apa, kemudian sesuaikan konten video dengan sasaran Anda. Sebagai contoh, jika Anda membuat video marketing mengenai produk pembalut, maka target pemasaran Anda tentu saja untuk perempuan dengan usia produktif.

rahasia-sukses-videomarketing

Baca juga : Strategi video marketing untuk meningkatkan penjualan

 

Perhatikan Tren

Menurut Survei yang dilakukan oleh Wyzewl, rata-rata harian orang-orang menonton video adalah sekitar 1,5 jam. Hal ini yang membuat rahasia sukses video marketing menjadi hal yang penting untuk diketahui. Salah satu rahasia dalam membuat video marketing adalah dengan mengikuti tren yang ada. Selain konten, strategi juga harus mengikuti perkembangan tren. Wyzewl dalam surveinya juga menyatakan, bahwa YouTube menjadi platform pengiklanan yang paling banyak dilihat. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan YouTube sebagai salah satu media yang bisa digunakan.

Tren lain dalam video marketing adalah dalam bentuk vlog di mana Anda bisa menyelipkan pemasaran dalam konten daily routune, travelling, beauty vlog, dan lain sebagainya. Jika Vlog tak memungkinkan, Anda bisa melakukan siaran langsung, baik melalui Facebook maupun Instagram. Tak hanya itu beberapa waktu belakangan ini, visualisasi video dengan 360° juga sedang menjadi tren.

 

Buatlah Konten Layaknya Sebuah Cerita, Bukan Pemasaran

Rahasia sukses video marketing lainnya adalah, membuatnya menjadi sebuah cerita, kisah, atau story telling. Alih-alih langsung memasang atau memasarkan produk, akan lebih menarik jika Anda membuat cerita dalam video. Tak perlu terlalu emosional, buatlah kisah yang dekat dengan persoalan masyarakat di mana terkait dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

 

Perhatikan Durasi

Jika Anda menggunakan kisah, persoalan durasi mungkin tidak akan menjadi masalah asalkan cerita yang dibawa tidak membosankan. Namun, jika Anda membawa cerita dalam video marketing, maka pastikan video tidak memakan waktu lebih dari 30 detik. Durasi 15-30 detik menjadi ideal karena tak terlalu panjang dan tak mengganggu penonton, selain itu dalam durasi tersebut video bisa diunggah ke berbagai media sosial. Untuk menyiasati durasi video yang menampilkan cerita, Anda bisa memotong video menjadi beberapa bagian dan diterbitkan secara berkala. Siasat ini akan membuat penonton menunggu video selanjutnya untuk melanjutkan cerita.

 Lihat juga : Kumpulan template video powerpoint siap download

rahasia-sukses-video-marketing

Masukkan Humor dalam Video

Memasukan rasa humor menjadi rahasia sukses video marketing lainnya agar penonton tidak merasa bosan. Selain rasa emosional, humor menjadi pilihan lain yang dapat menarik perhatian penonton video marketing. Untuk membuat rasa humor dalam video, Anda perlu menyesuaikan selera humor masyarakat terutama sasaran konsumen Anda.

 

Buat Video yang Interaktif

Penonton video tentu lebih senang terlibat dengan konten yang Anda buat, oleh karena itu buat video Anda menjadi lebih interaktif. Sebagai contoh, Anda dapat membagikan video di media sosial dan memberikan semacam kuis atau give away dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Anda juga bisa meminta saran di kolom komentar video pada penonton, semakin banyak percakapan di kolom komentar maka akan semakin baik. Rahasia sukses video marketing yang satu ini akan lebih cocok jika saran penonton Anda adalah generasi milenial atau generasi Z.

 

Simple dan Mudah

Generasi sekarang, kesan minimalis sedang diganduringi di tengah masyarakat karena sebagian telah disibukkan dengan kegiatan atau pekerjaan masing-masing. Hal ini yang membuat konten berat bukan menjadi pilihan yang tepat. Oleh karena itu, rahasia sukses video marketing yang lain adalah membuat video sesederhana mungkin tanpa meninggalkan kesan menarik dan mudah diakses. Dalam hal ini, Anda disarankan bisa menampilkan teks atau subtitle di sepanjang bagian bawah video di mana para penonton memungkinkan menonton video di tempat umum yang tidak bisa mendengarkan dialog dengan jelas. Teks ini juga akan sangat berharga bagi penonton yang menyandang tuna rungu. Jangan lupa, buat video menjadi mudah untuk dibagikan ke platform-platform media sosial.

 

Beberapa rahasia sukses video marketing yang telah dijelaskan sebelumnya, bisa langsung Anda coba dalam berbagai pemasaran. Pengoptimalan video marketing dianggap penting di dunia bisnis belakangan ini karena luasnya ruang-ruang yang bisa digunakan dalam mengiklankan video, bahkan dengan cuma-cuma. Perlu diingat, bahwa pembuatan video sebaiknya dilakukan dengan merencanakan strategi konten Anda dengan matang. Anda juga harus memastikan bahwa konten video relevan dengan kebutuhan masyarakat, berkualitas tinggi, dan menarik.

 

Baca juga : Strategi sukses youtube marketing

Belum ada Komentar untuk Rahasia Sukses Video Marketing untuk Menarik Penonton

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Rahasia Sukses Video Marketing untuk Menarik Penonton

Online Marketing Indonesia Berhasil

T 18 October 2017 F A jeffsitopu

Contents1 Google Analytics2 SEO (Search Engine Optimazation)3 Social Media Marketing4 Blogging5 Email marketing 6 Gunakan Afiliasi Marketing Online Marketing Indonesia Berhasil? Ini 5 Teknik Rahasianya! Online marketing Indonesia berhasil? Tentu ada triknya dan belum tentu semua orang mengetahuinya. Bagi Anda... Selengkapnya

tantangan-video-marketing

5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing yang Paling Sering Terjadi

T 12 July 2019 F A jeffsitopu

Contents1 5 Solusi untuk Tantangan Video Marketing1.1 1. Teliti dan kajian lebih dalam1.2 2. Kembangkan kreativitas1.3 3. Melakukan pendekatan1.4 4. Mengubah konsep marketing1.5 5. Menemukan peluang Dalam proses pemasaran modern, banyak tantangan video marketing yang harus dipelajari guna meningkatkan hasil... Selengkapnya

Youtube-Marketing

Strategi Sukses Youtube Marketing

T 10 May 2018 F A jeffsitopu

Contents1 5 Strategi Sukses Youtube Marketing Paling Mudah 1.1 1. Membuat dan Menyesuaikan Saluran Anda1.2 2. Menambahkan Teks (hindari Anotasi)1.3 3. Mempromosikan video Youtube Anda di tempat lain1.4 4. Membangun saluran Anda sendiri1.5 5. Atur saluran Anda agar mudah ditemukan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Rekomendasi Web Hosting

Rekomendasi Web Hosting

Kode Kupon : CLUBIMERS

Twets

Video Demo Klik Gambar

Video Demo Klik Gambar