Blog Bisnis, Manfaat Platform Online dan Mudah Membuatnya

Jefri Sitopu

Manfaat Platform Online

Jefriraymonsitopu.com – Blog menjadi salah satu manfaat platform online yang memuat konten tulisan dengan berbagai topik. Tulisan tersebut berupa informasi, hasil pemikiran, atau bisa berupa website bisnis. Untuk blog bisnis, pengelolaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pribadi dari pemiliknya.

Biasanya blog pribadi mempunyai konten bersifat dinamis, variatif, dan komunikatif. Kemudian untuk narasinya berdasarkan sudut pandang pribadi. Bisa juga disertai dengan dukungan data ilmiah.

Ketahui Manfaat Blog Bisnis Sebagai Platform Online

Tidak hanya sekedar menjadi media untuk menulis artikel saja, blog memberikan banyak manfaat, baik itu untuk penulis maupun pembacanya. Salah satu bentuk dari komunikasi online ini memungkinkan para penulisnya menyampaikan informasi, pendapat, dan gagasan secara terbuka. Blog juga kerap ditambahkan dengan konten visual seperti video, foto, infografis, dan yang lainnya.

Platform online ini juga mampu memberikan fasilitas untuk berinteraksi antara penulis dan pembaca. Oleh karena itu, muncullah beberapa fungsi dari blog, antara lain sebagai berikut.

  1. Media Edukasi

Blog dapat digunakan sebagai media edukasi atau belajar mengajar. Karena pembelajaran tidak hanya terkait studi teknologi saja, namun secara menyeluruh pada semua bidang.

Manfaat blog bisnis ini untuk mengakses informasi. Selain itu, aktif dalam hal menulis juga dapat memperluas pikiran dan mendorong pola pikir seseorang. Karena sebelum menerbitkan sebuah konten, harus ada proses riset terlebih dahulu yang mewajibkan penulis untuk membaca atau mempelajari sumber terkait.

  1. Sumber Informasi Terbuka

Dengan karya tulis digital, siapapun dapat menuangkan hasil ide dan gagasan. Dengan demikian, keberadaan blog ini sebagai sumber informasi yang terbuka.

Namun, sumber informasi yang tertulis tidak boleh menyebarkan hoax atau menyinggung pihak lain, sehingga harus jelas. Platform online ini dapat membagikan info yang valid dan menyajikan secara efektif pendapat pribadi.

  1. Mengembangkan bisnis

Blog untuk membangun bisnis dapat dimulai dengan menuliskan review produk yang dijual. Jika ternyata blog semakin ramai, bisa memasang tarif untuk ulasan yang dikehendaki customer. Menariknya lagi, dengan blog dapat menjangkau dengan mudah customer secara online.

Untuk memulai model bisnis online seperti ini, tidak membutuhkan modal maupun ruang usaha yang luas. Menguntungkannya lagi, usaha seperti ini semakin populer dan marak.

  1. Membangun Kepercayaan dan Sebagai Portofolio Online

Adanya blog bisnis dapat meningkatkan kepercayaan para pembaca, bahkan dalam waktu singkat sekalipun. Caranya sangat mudah, hanya perlu membuat konten bermanfaat yang disukai pembaca. Mereka akan lebih percaya jika penulis memposisikan diri sebagai figur yang berwawasan luas dan dapat diandalkan.

Keberadaan blog sangat efektif untuk dapat menampilkan citra baik. Namun, pastikan blog lancar, karena pengunjung akan meninggalkan blog jika ternyata loadingnya lambat.

Saat ini dunia digital semakin berkembang, banyak perusahaan atau instansi yang merekrut karyawan dengan memeriksa profil secara online. Dengan begitu, manfaatkan blog pribadi sebagai portofolio online.

Blog berisikan tulisan, foto, maupun karya yang dibuat pemiliknya. Sehingga, blog menjadi cara cerdas untuk menarik minat perusahaan terhadap profil yang dimiliki penulis.

  1. Mengasah Kemampuan Menulis

Untuk dapat mengasah kemampuan menulis dapat dimulai dengan menyajikan artikel dengan topik menarik secara rutin. Semakin sering menulis, maka hasil tulisan akan semakin baik pula. Hal itulah yang kebanyakan dilakukan oleh blogger.

Plugin WordPress untuk Portal Berita dan Jenis-jenisnya

Cara Membuat Blog Pribadi untuk Bisnis

Platform untuk membuat blog sangat banyak, ada yang gratis dan berbayar. Misalnya saja Blogger, Weebly, WerdPress.com, WordPress.org, Tumblr, dan masih banyak lagi.

Untuk kali ini adalah contoh membuat blog pribadi menggunakan WordPress. Langkahnya sebagai berikut.

  1. Pilih Niche Blog

Langkah pertama adalah pilih niche blog. Sebaiknya membuat konten sesuai topik blog agar trafiknya meningkat. Sehingga saat monetisasi dengan iklan atau endorsement akan lebih mudah. Pilih topik yang populer dan jangan lupa cek peluang keuntungan dari niche blog.

  1. Pilih Layanan dan Jenis Hosting

Berikutnya pilih layanan dan juga jenis server hosting. Untuk  pilihan jenis hosting membuat blog WordPress diantaranya cloud hosting, shared hosting dan VPS hosting.

  1. Pilih Nama Domain

Jika menggunakan WordPress.org maka dalam memilih nama domain bebas. Seperti .com, .id, .co.id, .net, .org, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Instal WordPress

Jika hosting dan domain sudah dimiliki, berikutnya instal WordPress.

  1. Pertama masuk ke cPanel dan akses http://namadomainanda/cpanel
  2. Berikutnya buka Buka Softaculous Apps Installer, klik logo WordPress
  3. Install WordPress
  4. Setting Instalasi WordPress
  5. Pilih Tema dan Instal
  6. Pengaturan Konfigurasi Dasar WordPress

Jika proses penginstalan WordPress selesai, langkah berikutnya melakukan konfigurasi dasar WordPress.

  1. Instal Tema WordPress

Cara membuat blog pribadi selanjutnya adalah memilih tema. Tema akan mempengaruhi tampilan blog, sehingga tidak boleh sembarangan.

  1. Tulis Postingan Baru

Langkah penting selanjutnya dalam menuliskan postingan baru. Tuangkan seluruh ide dan gagasan dalam konten tersebut. Cara membuat postingan adalah:

  1. Masuk menu Post, kemudian klik Add New
  2. Kemudian tulis konten dan setting untuk beberapa pengaturan post.
  3. Klik Preview
  4. Langkah terakhir adalah posting. Klik Publish yang terletak di dekat Preview.
  5. Instal Plugin yang Diperlukan

Langkah membuat blog pribadi terakhir instal plugin yang diperlukan. Caranya dengan masuk menu Plugin, klik Add New. Cari plugin dan klik Install Now dan Activate.

Mudah bukan cara membuat blog bisnis sebagai manfaat platform online? Setelah mengetahui banyak manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mengikuti tutorial di atas.

Note. Setelah anda membuat blog dan selesai, pastikan blog selalu terawat dan terupdate. Diluaran sana, Banyak sekali blog terbengkalai dan tidak terjamah sama sekali yang akibatnya pengunjung pun sepi, mungkin Anda salah satunya. Jika, Anda merasa kesusahan serahkan pekerjaan kepada kami jasa rawat website bulanan.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"

Tags