website statistics
Analisis Website, Tujuan dan Cara Melakukannya!

Analisis Website, Tujuan dan Cara Melakukannya!

Analisis website merupakan rangkaian proses untuk memahami, mencermati, serta menguji kemampuan dari kinerja suatu halaman web. Dalam melakukannya perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti optimasi, lalu lintas, kecepatan hingga web kompetitor.

Tujuan dari proses analisis sendiri adalah untuk mengoptimalkan situs. Sehingga jika ada kesalahan atau hal-hal kurang pas, terutama dalam penyajian informasi, bisa langsung diperbaiki.

Ketahui Tata Cara Melakukan Analisis Website yang Baik dan Benar!

Halaman website memungkinkan Anda untuk menghimpun berbagai data. Sebut saja jumlah pengunjung, durasi atau lamanya mereka berkunjung serta konversi. Kegiatan analisis ini bisa memberikan arahan kepada Anda, terkait langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan, agar website semakin berkembang pesat.

Sebelum melakukan analisis pada situs web, pastikan Anda sudah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Entah itu sebatas untuk mengukur kecepatan website saja, atau menganalisis keseluruhan bagian dari halaman. Menetapkan tujuan membantu Anda dalam upaya menghemat waktu.

Setelah tujuan ditetapkan, selanjutnya adalah memilih langkah analisis yang sesuai. Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia untuk melakukan aktivitas tersebut.

analisis-website

Langkah-langkah yang tepat akan membuat proses analisis semakin efektif. Serta memperoleh solusi terbaik, perihal masalah website yang perlu dioptimalkan. Agar semakin memahami, silahkan simak tata cara analisis website yang benar di bawah ini.

  1. Analisis Website Terhadap SEO

Proses mengaudit SEO pada website sebenarnya ada beberapa cara. Namun yang paling umum dilakukan adalah analisis SEO On-page, Off-page, dan peringkat di mesin pencarian. Analisis SEO On-page bisa memudahkan Anda memeriksa kendala teknis, yang berpengaruh pada kemampuan mesin pencari dalam mengindeks halaman suatu website.

Seperti judul yang kurang pas, sub-sub bagian tidak sesuai hingga terlalu banyak menuliskan kata kunci. Terdapat beberapa tools yang bisa digunakan untuk menganalisis hal tersebut, misalnya saja Google Search Console.

Berbeda dengan audit SEO On-page, analisis Off-page adalah upaya untuk melihat tautan Backlinks. Proses ini bisa membantu Anda mengetahui pengunjung mana saja yang berasal dari web lain. Analisis Off-page juga bisa memudahkan dalam melakukan perbandingan, antara tautan balik di web Anda dengan para kompetitor.

Sedangkan menganalisa peringkat di mesin pencarian adalah proses melihat posisi situs Anda pada deretan Google dan Bing. Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk membantu melihatnya. Selain menampilkan posisi, Anda juga bisa mengetahui keefektifan kinerja situs berdasarkan area pengguna.

  1. Menguji Kecepatan Halaman Website

Situs web yang berjalan lambat tentu akan menimbulkan beberapa masalah. Seperti tidak mampu mencapai target pengguna, serta kemampuan mesin pencari yang susah untuk menampilkan hasil dari website tersebut. Proses analisis untuk melihat kecepatan suatu website, juga bisa Anda lakukan dengan bantuan tools seperti Google PageSpeed Insight.

Tujuan analisa ini untuk menemukan beberapa hal yang menyebabkan kelambatan situs. Misalnya ukuran gambar yang terlalu besar, beberapa elemen sulit termuat dan masih banyak lagi. Sehingga pada akhir proses analisa, Anda mampu menemukan solusi untuk memperbaikinya.

  1. Menganalisis Website Kompetitor

Hampir semua situs website memiliki pesaing. Baik untuk web bisnis yang menawarkan produk atau layanan, maupun website berita online. Melakukan analisis pada web kompetitor, berfungsi untuk mengetahui kemampuan para pesaing, serta melihat peluang yang tersedia. Sehingga di akhir proses analisa, Anda bisa menentukan langkah tepat untuk membuat web lebih unggul.

  1. Mencermati Lalu Lintas Pada Situs Web

Cara analisis website yang terakhir yakni mencermati lalu lintasnya. Tujuan dari proses ini, adalah untuk mengetahui seberapa banyak volume, dan aktivitas para pengunjung web. Semakin lancar lalu lintas situs, maka nilainya juga akan lebih baik. Sehingga posisi di mesin pencarian relatif tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin lambat lalu lintas maka nilai web akan buruk.

Kesimpulan

Proses analisis pada website bisa membantu Anda dalam upaya membangun serta mengembangkan situs. Sebelum melakukan analisis, ada baiknya menyiapkan tujuan serta langkah tepat, agar kegiatan tersebut lebih efektif dan menghemat waktu.

Dengan mengetahui cara yang tepat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membayar jasa pengelola website. Selain itu, terdapat banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan secara gratis, untuk memudahkan proses analisis website. Cukup memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.