Cara Menggunakan Google Search Console untuk Optimasi Web

jefriray

Cara Menggunakan Google Search Console

Praktisi Internet Marketing – Cara menggunakan Google Search Console penting untuk diketahui oleh para pemilik website saat ini. Fungsinya untuk mengetahui referring domain, kinerja website, dan analisis web secara lebih rinci. Menariknya, Google menyediakan tools ini secara gratis dan bisa dipakai oleh semua pengguna.

Cara Menggunakan Google Search Console

Panduan Cara Menggunakan Google Search Console

Tool webmaster dari Google ini membantu para pemilik website dalam mengidentifikasi performa dan optimasi web di ranah organik. Dengan GSC, pengguna bisa mengetahui keyword populer, kinerja website, eksternal link, dan masih banyak lainnya. Inilah beberapa panduan untuk penggunaan GSC pada website.

Kenali Istilah di Google Search Console

Sebelum menggunakan GSC, alangkah lebih baik untuk memahami beberapa istilah penting tool ini. Di GSC ada 3 istilah penting yaitu impression, click, dan click through rate.

Impression yaitu total munculnya link URL di hasil pencarian. Meskipun link tersebut tidak diklik atau dilihat sekalipun. Kemudian click adalah jumlah klik pengguna terhadap link URL tersebut. Sedangkan CTR atau Click Through Rate merupakan persentase jumlah klik terhadap impression.

Menentukan Target Audiens

Google Search Console memiliki fitur targeting berskala internasional. Sehingga pengguna bisa menentukan audiens dari berbagai negara di dunia. Cara menggunakan Google Search Console ini dengan klik menu Search Traffic. Lalu lanjutkan dengan klik sub menu International Targeting.

Memilih salah satu negara untuk target menjadikan negara tersebut sebagai prioritas utama. Bukan berarti website hanya akan tampil di satu negara saja. Website tetap akan tampil di berbagai belahan dunia manapun dengan keyword pencarian yang relevan.

Tambahkan XML Sitemap

Fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi pada search engine tentang semua halaman yang ada di web. Menambahkan  XML Sitemap bisa membantu mesin pencarian dalam melakukan crawling di web. Pengguna bisa menambahkannya dengan menggunakan Yoast SEO atau Google XML Sitemap.

Kemudian, daftarkan XML tersebut ke GSC. Cari menu Sitemaps dan tambahkan link XML yang telah dibuat. Lanjutkan dengan klik submit untuk menyimpannya.

Hubungkan GSC dengan Google Analytics

Cara menggunakan Google Search Console berikutnya adalah menghubungkannya dengan Google Analytics. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan perspektif baru perihal keyword dan konten yang sedang trending.

Cara menghubungkan keduanya cukup mudah. Pertama buka dashboard Google Analytics lalu klik menu Admin. Selanjutnya klik Property Settings dan Adjust Search Console. Kemudian, Google Analytics secara otomatis akan membawa pengguna ke laman GSC. Di laman tersebut akan tampil berbagai web yang sudah pengguna tambahkan. Pilih website yang akan dihubungkan dengan Google Analytics. Terakhir klik save untuk menyimpan pengaturan.

Perbaiki Masalah Indexing Error

GSC juga memiliki fitur penting yang dapat memperbaiki indexing error. Masalah ini bisa mempengaruhi peringkat di hasil penelusuran. Berkat fitur tersebut, pengguna bisa menemukan index error dengan mudah. Cukup dengan masuk ke menu Coverage dan klik Index. Beberapa error yang kerap muncul seperti 404 Error, Server Error, dan Not Followed.

Optimasi Keyword yang Potensial

Pengguna dapat menghasilkan trafik tinggi dengan menggunakan kata kunci yang potensial. Cara menggunakan Google Search Console memungkinkan pengguna untuk menemukan keyword yang populer. Pengguna juga dapat memfilter kumpulan kata kunci berdasarkan impression, average position, dan CTR.

Cara menemukan keyword potensial di GSC sangatlah mudah. Pertama buka menu Performance dan pilih filter by Position yang lebih besar dari 7. GSC akan menampilkan keyword secara berurutan dari ranking 7 sampai 30. Prioritaskan untuk mengoptimasi keyword dengan angka impression yang lebih besar angkanya. Untuk mendapatkan informasi secara detail, pengguna dapat mengunduh data dalam format CSV.

Evaluasi Konten

Google Search Console juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari konten-konten yang sudah rilis. Sehingga pengguna dapat mengevaluasi kinerja per halaman di hasil penelusuran. Untuk cara menggunakan Google Search Console ini, buka tab Performance dan klik Pages. Lalu pilih halaman website yang akan dicek kinerjanya. Lanjutkan dengan klik tab Queries. Selanjutnya akan muncul keyword yang menghasilkan impression untuk pages tersebut,

Mencari Sumber Backlink

Selain kata kunci, link atau tautan juga menjadi hal penting dalam SEO. Search engine menjadikan link sebagai satu indikator dalam penentuan posisi di hasil penelusuran. Google Search Console memungkinkan pengguna memeriksa kinerja internal maupun external link suatu website.

Untuk mengecek backlink atau external link, cukup dengan klik menu Links. Lalu akan muncul daftar tautan dari tiap website. Pengguna juga dapat mengetahui web mana saja yang sudah memberikan backlink melalui menu Top Linking Sites.

Meningkatkan Performa Web di Perangkat Mobile

Saat ini, 94 persen pengguna internet mengakses website melalui piranti mobile. Itulah sebabnya Google memprioritaskan web-web yang mobile friendly untuk mendapat peringkat lebih unggul di hasil penelusuran. Dengan GSC, pengguna bisa mengecek kinerja website untuk perangkat mobile dengan fitur The Mobile Usability.

Itulah beberapa cara menggunakan Google Search Console untuk mengoptimasi sebuah website supaya memiliki peringkat tinggi di hasil pencarian. Memanfaatkan GSC dengan tepat juga memungkinkan pengguna bisa mengoptimalkan kata kunci hingga kualitas konten suatu website. Sehingga web dapat tampil di halaman awal mesin pencarian Google dalam waktu yang lama.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"

Tags