Cara Mendapatkan Domain Gratis, Cocok untuk Blog Pribadi

jefriray

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Praktisi Internet Marketing – Cara mendapatkan domain gratis tak sesulit yang dibayangkan. Apalagi ada banyak domain gratis yang sudah tersedia saat ini. Karena tak perlu mengeluarkan biaya, tentu bisa lebih hemat anggaran untuk memilikinya.

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Panduan Cara Mendapatkan Domain Gratis

Di bawah ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh domain gratis.

Lewat Paket Layanan Hosting

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh domain gratis ialah menggunakan paket layanan hosting. Namun, sebelumnya pastikan sudah memenuhi ketentuan maupun persyaratan yang berlaku.

Setelah memenuhinya, bisa langsung cari penyedia layanan hosting yang memiliki domain gratis. Kemudian pilih paket hosting sesuai kebutuhan situs.

Jika sudah, lanjut ke proses pemesanan. Saat sudah memesannya, nantinya bisa menerima email konfirmasi. Di email tersebut juga ada instruksi untuk memberikan kemudahan dalam mengaktifkan domain.

Ikuti saja instruksi yang ada agar domain aktif. Pada umumnya, dominan bisa aktif hingga satu tahun kedepan. Supaya tidak menyesal, pastikan memperhatikan akhiran pada domain gratis tersebut. Apabila akhirannya mudah diingat, jelas menguntungkan.

Lewat Registrar Domain Gratis

Cara lainnya untuk mendapatkan domain gratis ialah memanfaatkan registrar. Kendati demikian, ada batasan tertentu apabila melalui cara ini.

Nantinya pengguna hanya bisa menemukan beberapa ekstensi domain sebagai pilihannya. Sebut saja .ga, .gq, .cf, .ml dan .tk. Karena menggunakan ekstensi tersebut, domain ini tak cocok untuk blog perusahaan.

Jika memaksanya untuk blog perusahaan, maka pengguna akan kesulitan dalam menemukan klien. Hal ini karena blognya akan jauh dari kesan profesional.

Oleh karena itu, gunakan domain tersebut untuk mengelola blog pribadi. Namun, bisa juga buat blog pribadi untuk bisnis. Domain ini memang recommended bagi blogger yang aktif mengelola situs pribadinya.

Lewat Review

Tak banyak yang menyadari bahwa mendapatkan domain gratis ternyata juga bisa melalui review. Mengenai bagaimana mendapatkan domain gratis lewat cara ini, sebenarnya juga cukup mudah.

Pengguna hanya perlu mengakses Google Maps. Dari sini tinggal carilah lokasi rumahweb. Jika sudah, berikan review menggunakan bintang 5 soal rumahnya.

Bukan hanya memberikan bintang, jangan lupa pula untuk isi review dengan kalimat positif. Jika sudah memberikan review sesuai instruksi yang ada, bisa langsung klik Kirim.

Jangan langsung meninggalkannya begitu saja karena perlu screenshot hasil reviewnya terlebih dahulu. Hasil screenshot tersebut bisa pengguna kirim ke email [email protected].

Saat mengirim email, tambahkan subjek bertuliskan Domain Gratis MYID. Setelah itu, tunggu saja konfirmasinya. Biasanya konfirmasi tersebut akan masuk di email.

Ketika sudah mendapatkan konfirmasinya, menandakan bahwa pengguna sudah memperoleh domain gratis. Domain tersebut bisa pengguna manfaatkan selama 1 tahun.

Semakin menguntungkan karena melalui cara ini, pengguna bisa mendapatkan hosting gratis hingga 3 bulan lamanya. Tak hanya mudah, cara ini juga menguntungkan bukan?

Lewat Afiliasi

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, afiliasi jelas sudah familiar. Afiliasi sendiri ialah pemasaran dengan menerapkan sistem berbasis komisi.

Berbicara mengenai afiliasi, ternyata juga bisa memberikan kemudahan dalam mendapatkan domain gratis. Perihal bagaimana cara mendapatkan domain gratis, pengguna bisa gabung ke program afiliasi yang berasal dari registrar domain terlebih dahulu.

Setelah itu, pasang iklan tepat di halaman situs. Iklan tersebut akan mengarahkan pengunjung ke situs registrar saat klik link afiliasinya.

Kendati demikian, jangan pasang terlalu banyak iklan. Banyaknya iklan justru membuat situs tampak seperti spam. Hal ini jelas berdampak buruk terhadap SEO dan UX website.

Mengetahui adanya dampak buruk tersebut, tentu perlu menanggulanginya dari awal. Cara mencegahnya ialah dengan mendapatkan domain gratis sambil memanfaatkan fitur lain untuk mengoptimalkan website.

Keuntungan Menggunakan Domain Gratis

Jangan ragu mencoba cara mendapatkan domain gratis di atas karena bisa meraup banyak keuntungan. Adapun beberapa keuntungannya ialah sebagai berikut.

Hemat Budget

Salah satu keuntungannya yaitu pengguna bisa lebih hemat biaya. Hal ini karena mendapatkan domain tersebut memang tidak membutuhkan biaya sama sekali alias gratis.

Karena hal itu, biaya yang pengguna miliki bisa untuk memenuhi kebutuhan tak kalah penting lainnya. Hal ini menandakan bahwa alokasi dana bisa lebih optimal.

Menunjang Blog Pribadi

Pada pembahasan tadi sudah kita singgung bahwa penggunaan domain gratis cocoknya untuk blog pribadi. Untuk itu, domain gratis ini bisa menunjang blog pribadi sehingga lebih baik dari sebelumnya.

Bukan hanya itu, sebenarnya penggunaan domain gratis ini juga memberikan keuntungan bagi penggunanya karena bisa jadi sarana belajar. Ketika ingin belajar mengenai domain atau mengelola web, memang lebih baik pilih yang tanpa biaya terlebih dulu. Saat sudah menguasainya, bisa gunakan domain berbayar.

Cara mendapatkan domain gratis cukup mudah sebagaimana tutorial yang terpapar di atas. Oleh sebab itu, jangan ragu mempraktikkannya. Setelah itu, rasakan sendiri beragam keuntungannya saat sudah memiliki domain tersebut. Hal yang pasti, pengguna bisa hemat biaya dan lancar dalam mengelola web pribadi.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"