Apa Itu Google Bisnis, Manfaat, Fiturnya dan Cara Membuatnya

Jefri Sitopu

apa itu google bisnis

Blog bisnis online – Tahukah Anda apa itu Google Bisnis? Jika Anda seorang pebisnis, perlu sekali memahami tools satu ini. Sebab sangat berguna untuk mengembangkan usaha Anda secara online.

Dengan adanya tool dari Google ini, tampilan bisnis pada halaman pencarian dapat dikelola dengan lebih optimal. Setiap Anda membuka akun bisnis pada halaman pencarian pastinya menemukan informasi penting di samping kanan layar.

Seperti alamat toko, jam buka, nomor telepon, maps dan sebagainya. Informasi tersebut dibuat dan dikelola melalui Google Bisnis. Apa saja manfaat, fitur serta cara membuatnya, simak penjelasan di bawah ini.

Memahami Manfaat Apa itu Google Bisnis

Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan tool satu ini. Manfaatnya sangat signifikan dalam mendukung perkembangan bisnis apapun segmennya. Berikut diantara manfaat tersebut.

1.      Bisnis jadi mudah ditemukan

Manfaat paling utama adalah, usaha yang Anda miliki jadi lebih mudah ditemukan para pelanggan. Saat orang mencari usaha atau produk Anda akan langsung mendapatkan informasi termasuk maps.

Dengan adanya alamat dan maps, akan memberikan navigasi pelanggan untuk bisa mencapai lokasi usaha Anda. Selain itu usaha Anda juga muncul pada halaman pertama mesin pencari karena adanya peningkatan SEO.

Saat orang mengetikkan kata kunci yang relevan, alamat bisnis Anda akan langsung muncul. Prosentase orang untuk memilih bisnis Anda makin besar. Sebab sudah bisa dipastikan bisnis tersebut valid.

2.      Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Apa itu Google Bisnis juga berkaitan dengan peningkatan kepercayaan pelanggan. Hal ini karena pada informasi yang tercantum juga sudah dilengkapi dengan ulasan pengguna sebelumnya.

Ulasan atau review lebih dipercaya para pengguna internet dibanding promosi semata. Dengan demikian, kesempatan meraih keuntungan semakin tinggi karena mendatangkan lebih banyak konsumen.

3.      Memberikan informasi kepada pelanggan

Di tengah tren belanja online, pelanggan sudah semakin cerdas. Sebelum membeli terlebih dahulu melakukan riset secara online terkait produk dan alamat usaha yang dituju. Hal ini terjawab oleh apa itu Google Bisnis.

Calon konsumen Anda tentunya akan lebih mudah membuat keputusan pembelian. Adanya informasi lengkap dan akurat membuat para calon pembeli merasa yakin dan tanpa ragu mendatangi langsung lokasi usaha Anda.

Pelanggan lebih terbantu lagi oleh adanya apa itu Google Bisnis karena adanya informasi jam buka. Ini semakin memudahkan orang untuk memutuskan kapan datang dan membeli. Terutama jika membutuhkan suatu barang dalam kondisi urgent.

google bisnis

Fitur yang Ada Pada Google Bisnis

Manfaat yang Anda dapat dari apa itu Google Bisnis tidak lepas dari fitur didalamnya. Inilah yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengelola halaman bisnisnya dengan baik sehingga menarik perhatian pelanggan. Berikut diantaranya.

1.      Foto

Fitur ini fungsinya untuk menambahkan logo bisnis, foto toko, foto produk, menu, dan lainnya. Dengan begitu, pelanggan atau audiens secara umum akan mudah mengenali bisnis Anda dan mempermudah jika ingin datang langsung ke toko Anda.

2.      Deskripsi dan Kategori

Fitur deskripsi dan kategori dari apa itu Google Bisnis membantu calon customer juga Google memahami bidang bisnis Anda. Selain juga mengidentifikasi apa yang ditawarkan oleh usaha tersebut.

3.      Atribut

Atribut adalah fitur penting untuk memudahkan pelanggan mengetahui informasi seperti jam operasional dan nomor yang bisa dihubungi. Sehingga memudahkan saat pelanggan ingin berkonsultasi secara langsung.

4.      Ulasan

Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memberikan penilaian. Baik dari segi produk, layanan, akses lokasi, jam ideal berkunjung dan sebagainya. Review ini nantinya akan jadi sumber informasi untuk konsumen lain.

5.      Tanya Jawab

Fitur Question & answer atau tanya jawab memiliki fungsi sama dengan ulasan. Yaitu menjadi sumber informasi akurat bagi pelanggan maupun calon konsumen. Pada fitur ini calon konsumen bisa menanyakan apa saja yang tidak tertera pada fitur informasi lain.

Tanya jawan maupun ulasan, kedua bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Tanpa menanyakan langsung melalui nomor telepon, siapa saja sudah bisa mendapatkan informasi lengkap.

6.      Post

Layaknya media sosial, fitur ini berfungsi untuk membagikan konten-konten promosi usaha Anda. Misalnya ada program khusus seperti promo diskon, cashback dan sebagainya akan segera diketahui oleh pengunjung.

Cara Membuat Akun Google My Business

Manfaat yang begitu jelas, didukung dengan fitur modernnya menjadikan tool ini wajib dimiliki. Anda bisa langsung membuatnya dengan beberapa langkah mudah seperti berikut ini.

1.      Sign in Google My Business

Langkah pertama lakukan sign in terlebih dahulu lewat situs resmi. Jika sudah punya akun Google atau Gmail bisa langsung digunakan. Bisa juga dengan membuat akun baru jika ingin lebih spesifik dan tidak tercampur dengan akun personal.

2.      Masukkan nama bisnis

Setalah itu, untuk membuat akun apa itu Google Bisnis Anda harus menuliskan nama usaha yang akan ditampilkan. Tentukan kategorinya, apakah berupa toko pakaian, makanan, fashion atau pilihan kategori lainnya.

3.      Tentukan lokasi

Informasikan alamat lengkap sehingga bisa ditemukan oleh pelanggan. Termasuk nama dan nomor jalan secara akurat. Nantinya informasi ini akan muncul pada Google Maps dan memudahkan pengguna saat mencarinya langsung.

4.      Isi informasi kontak

Lengkapi informasi kontak dengan benar, seperti nomor telepon dan website. Sebagai alternatif jika belum mempunyai web sendiri adalah menggunakan halaman sosial media seperti Facebook.

5.      Kelola bisnismu

Klik “Finish” setelah semua informasi penting dan wajib selesai ditulis. Selebihnya Anda bisa mengelola dengan baik sesuai kebutuhan akan akun tersebut. Apabila ada update yang diperlukan, bisa juga dilakukan agar pelanggan mendapat update info serupa.

Setiap pebisnis wajib memiliki tool penuh manfaat ini karena gratis. Dibandingkan melakukan campaign di sosial media berbayar, di sini lebih murah dan mudah membuatnya. Semakin mudah mengelola setelah Anda memahami apa itu Google Bisnis.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"