10 Cara Memulai Bisnis Skincare yang Menguntungkan

Jefri Sitopu

cara memulai bisnis skincare

Bagaimana cara memulai bisnis skincare yang menguntungkan di masa sekarang, yang kini lebih besar dari sebelumnya dimana ada banyak sekali jenis, merk, dan kegunaan?

Berdasarkan riset pasar, Kami mendapati banyak konsumen menghindari perusahaan besar demi memilih penyedia perawatan kulit khusus yang dapat memenuhi kebutuhannya.

Bagi Anda para pebisnis yang ingin memantapkan diri di industri kecantikan, ekspansi ini membuka banyak prospek. Namun pertama-tama, Anda perlu mempelajari cara memulai bisnis sebelum akhirnya menciptakan merek perawatan kulit.

Cara yang Dipertimbangkan dalam Memulai Bisnis Skincare

Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum memulai, apakah Anda ingin meluncurkan rangkaian produk perawatan kulit alami atau menjual rangkaian produk anti penuaan.

Anda harus memahami prospek dan tantangan sektor perawatan kulit untuk membantu menentukan apakah ini layak dijual dan di gunakan untuk konsumen.

1.      Tentukan posisi Anda di industri perawatan kulit

Langkah pertama dalam meluncurkan merek perawatan kulit adalah menentukan tujuan. Pikirkan tentang posisi yang ingin Anda miliki di pasar produk perawatan kulit.

Anda dapat memuaskan suatu kebutuhan dengan mengidentifikasi jenis barang atau jasa yang kurang atau tidak memenuhi kebutuhan pelanggan.

Misalnya, jika Anda dapat menyediakan tabir surya yang lebih efektif untuk kulit berminyak atau kulit sensitif daripada yang ditawarkan di pasaran, Anda dapat membedakan diri Anda dan menciptakan peluang.

2.      Tetapkan target audiens Anda

Akan lebih mudah untuk akhirnya memasarkan produk apabila mengikuti cara memulai bisnis skincare yang kedua ini, yakni jika lebih teliti dalam mengidentifikasi calon pelanggan.

Pertimbangkan demografi luas seperti usia, jenis kelamin, dan jenis kulit bahkan preferensi pekerjaan.

3.      Menyusun rencana bisnis

Apa yang dilakukan perusahaan, apa yang ingin dicapainya, dan bagaimana perusahaan ingin mencapainya, semuanya dituangkan dalam rencana bisnis, yang merupakan dokumen tertulis.

Misalnya, pertimbangkan tujuan Anda untuk meningkatkan pengikut media sosial atau keinginan Anda untuk menjual barang di influencer terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

4.      Pilih nama dan logo untuk perusahaan Anda

Nama dan logo merek adalah salah satu hal penting dalam cara memulai bisnis skincare, karena logo dan merek mewakili identitas perusahaan untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan.

Pilihlah nama perusahaan yang mudah diingat dan tidak terlalu mirip dengan pesaing. Baik nama perusahaan maupun logo harus menyampaikan siapa Anda dan apa yang dapat dilakukan produk Anda bagi pelanggan.

5.      Atur izin pendirian perusahaan skincare

Anda perlu secara resmi mendirikan perusahaan Anda sebagai perseroan terbatas, S-Corp, C-Corp, atau kepemilikan perseorangan berdasarkan struktur hukum jika Anda ingin meluncurkannya dengan benar.

6.      Identifikasi produsen atau pemasok produk skincare

Anda perlu melakukan penelitian untuk menemukan mitra terpercaya, yang akan memproduksi atau memasok produk Anda kecuali Anda ingin membuatnya sendiri.

Temukan produsen berlabel pribadi yang dapat mengembangkan formulasi khusus jika Anda ingin membuat produk yang dipersonalisasi. Pilihlah dengan bijak karena keputusan ini akan berdampak pada kualitas keluaran Anda.

7.      Memenuhi persyaratan BPOM

Cara memulai bisnis skincare yang tidak kalah penting ialah mengusahakan untuk mengikuti aturan BPOM. Produk skincare Anda nantinya memerlukan lisensi untuk bisa terjual dan memproduksi jenis kandungan yang diatur BPOM.

8.      Tetapkan kisaran harga untuk produk Anda

Langkah ini terkait dengan mencari dan memahami target pasar. Saat memulai bisnis skincare Anda, pilih titik harga yang akan menutupi biaya produksi tanpa mengasingkan klien yang ingin Anda menangkan.

9.      Mulai kampanye pemasaran

Anda dapat mulai memasarkan ke target setelah menjalankan 8 cara memulai bisnis skincare sebelumnya. Pikirkan tentang semua sumber daya pemasaran, seperti media sosial, email, dan dari mulut ke mulut.

Anda mungkin dapat menemukan influencer yang akan berkolaborasi dengan Anda untuk berbagi testimonial di media sosial, yang merupakan salah satu platform pemasaran paling populer untuk perusahaan perawatan kulit.

10.  Beli asuransi bisnis

Pentingnya asuransi bisnis bagi kesuksesan Anda sebagai pebisnis terkadang disepelekan. Asuransi melindungi dari kejadian tak terduga yang dapat merugikan perusahaan Anda.

Dalam upaya atau cara memulai bisnis skincare, Anda tidak perlu menjadi dokter kulit atau spesialis perawatan kulit, namun Anda perlu cukup belajar tentang target pasar dan lini produk perawatan kulit.

Untuk membangun landasan pengetahuan industri, kebutuhan jenis obat-obatan yang akan digunakan mungkin merupakan ide cerdas untuk mendaftar kursus online.

Kemudian Anda mungkin harus menjalankan bisnis perawatan kulit dari rumah sejak awal untuk menekan biaya. Namun, ketika perusahaan Anda berkembang, mungkin perlu menyewa etalase atau fasilitas produksi.

Sekarang yang perlu Anda lakukan hanyalah melangkah maju, dan mulai menciptakan bisnis perawatan kulit Anda setelah mengetahui cara memulai bisnis skincare.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"