Jenis-Jenis Virtual Private Server, Ketahui Manfaatnya untuk Bisnis

jefriray

Jenis-Jenis Virtual Private Server

Jenis jenis virtual private server cukup beragam sesuai dengan kegunaannya. Virtual private server atau yang biasa disingkat VPS saat ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan keamanan dan kinerja suatu website.

Dengan VPS dapat memberikan fleksibilitas serta kontrol yang lebih besar apabila kita bandingkan dengan hosting website biasa. Melalui layanan ini memungkinkan pengguna agar lebih leluasa untuk melakukan konfigurasi menggunakan parameter dan control panel hosting.

Terdiri dari beberapa jenis yang mampu mendukung konfigurasi pada resource yang telah ada. Mulai dari software, operating system, plugin dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja jenis-jenis dari VPS yang terbaik untuk membangun website? Berikut ulasan lengkap dari jenis layanan server virtual yang dapat dimanfaatkan.

Jenis-Jenis Virtual Private Server

Mengetahui Jenis-Jenis Virtual Private Server

Untuk beberapa kalangan mungkin sudah tidak asing dengan istilah VPS atau Virtual Private Server. Merupakan sebuah jenis layanan hosting yang menyediakan lingkungan server terisolasi pada server fisik utama.

Dengan kata lain, server tersebut tidak memiliki fisik. Namun dihasilkan melalui teknologi virtualisasi. Masing-masing VPS mempunyai daya komputasi yang terdedikasi untuk di satu pengguna. Mulai dari RAM, CPU, penyimpanan yang bisa dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Hal ini tentu berbeda dengan shared hosting, yang mana sumber dayanya akan berbagi dengan pengguna lain. Sehingga seringkali bila terdapat trouble maka pengguna lain juga akan terpengaruh.

Maka tidak heran jika banyak pengguna shared hosting yang bermigrasi ke VPS yang lebih baik dari segi kestabilan dan keamanannya jika dibandingkan dengan layanan shared hosting.

Berikut ini jenis-jenis virtual private server terbaik yang dapat Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan antara lain:

1. Microsoft Hyper-V

Merupakan salah satu jenis VPS yang hadir dengan sistem operasi Microsoft Windows. VPS ini sangat sesuai untuk pengguna yang berhubungan dengan sistem operasi Windows.

Meskipun demikian, Microsoft Hyper-V memiliki harga yang terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis virtualisasi lainnya diluar biaya sistem operasi Windows tentunya.

Tidak hanya support terhadap OS Windows, Microsoft Hyper-V juga dapat diterapkan pada sistem operasi BSD, Solaris, dan Linux. Kelebihan lain yang dapat diperoleh adalah Microsoft Hyper-V terbilang user friendly karena memiliki panel yang telah menggunakan Graphical User Interface (GUI).

2. Managed VPS

Bagi para pengguna yang baru migrasi dari shared hosting ke VPS hosting, Managed VPS
dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan ini mempunyai kelebihan dalam hal teknis.

Seperti pengelolaan server yang ditangani oleh pihak provider. Dengan demikian, pengguna dapat lebih fokus dalam mengelola serta mengembangkan website tanpa harus mengkhawatirkan urusan server.

3. KVM VPS

Jenis VPS berikutnya adalah Kernel-based Virtual Machine atau yang populer dengan singkatan KVM. VPS satu ini telah mendapatkan bekalan teknologi yang memungkinkan komunikasi bisa secara langsung menuju hardware tanpa memerlukan sistem operasi.

VPS KVM mempunyai komponen hypervisor, seperti device drivers, penjadwal proses, I/O Stack, pengatur memori, pengatur keamanan dan lain sebagainya. Melalui komponen-komponen tersebut, hypervisor KVM bisa diinstal langsung pada server fisik bare-metal. Dengan demikian bisa menjadi host yang stabil karena tidak berjalan di atas OS lain.

Bagi pengguna yang menginginkan server dengan sistem virtualisasi penuh maka KVM dapat menjadi alternatif terbaik.

4. Xen HVM

Jenis VPS yang direkomendasikan selanjutnya adalah Xen Hardware Virtual Machine (HVM). Ini merupakan virtualisasi open source dalam tingkat kernel yang seringkali disebut mirip dengan KVM. Pasalnya, kedua jenis VPS ini sama-sama memberikan kebebasan bagi pengguna terkait dengan virtualisasi hardware.

Layanan ini sangat pas untuk website yang memerlukan adanya kemampuan server tinggi. Salah satu keunggulan Xen HVM adalah prosesnya cepat. Para pengguna tidak perlu melakukan konfigurasi infrastruktur manajemen yang rumit.

Selain itu juga tidak perlu membuat jaringan penyimpanan khusus. Xen HVM dapat dikatakan cukup cepat untuk proses konversi HVM karena memiliki fitur XenConvert.

Manfaat VPS Bagi Website Bisnis

Dalam pesatnya perkembangan digitalisasi yang ada saat ini tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha atau bisnis. Maraknya bisnis online yang tentu mampu meningkatkan peluang dalam memperluas jangkauan konsumen.

Dengan memanfaatkan situs web sekaligus sebagai alamat dan saluran bisnis sehingga pelanggan dapat membeli produk dengan lebih mudah dan efektif. Namun pada website dengan trafik tinggi yang seringkali mengalami kendala pada saat banyaknya pengguna internet yang mengunjungi website tersebut secara bersamaan.

Dalam hal ini VPS yang merupakan tipe hosting dengan nilai paling stabil dapat mengatasi kendala tersebut. Pengguna dapat menggunakan VPS yang dapat membuat performa website dengan trafik tinggi menjadi lebih stabil. Meskipun dalam kondisi diakses oleh banyak pengguna internet secara bersamaan.

Dari jenis-jenis virtual Private Server diatas masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Sebelum menggunakan, pertimbangkan pemilihan VPS sesuai dengan kebutuhan dan berbagai faktor lain. Seperti kapasitas RAM, jenis penyimpanan dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan VPS ini pun mampu mendongkrak performa website dengan lebih baik.

 

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"

Tags