Mengenal Fungsi Robot txt, Pengertian dan Cara Membuatnya

jefriray

Fungsi Robot txt

Praktisi Internet Marketing – Fungsi robots txt bagaikan penjaga gerbang website yang berperan penting dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. File ini memungkinkan pemilik website untuk mengontrol halaman mana yang boleh diakses dan diindeks oleh crawler mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Dengan mengoptimalkan robots txt, website dapat terhindar dari crawling yang tidak perlu. Seperti pada halaman duplikat atau halaman yang sedang dalam pengembangan. Hal ini dapat membantu mesin pencari memahami struktur website dengan lebih baik dan meningkatkan peluang website untuk ditemukan dan diindeks dengan tepat.

Fungsi Robot txt

Pengertian dan Fungsi Robots txt

Robots txt, sering dijuluki sebagai “peta jalan” website, merupakan file penting dalam optimasi website (SEO). File ini menentukan halaman mana yang boleh diakses dan diindeks oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. File ini ibarat gerbang yang menentukan informasi website mana boleh dilihat dan dimasukkan ke dalam database mesin pencari.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan Robots txt?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fungsi robots txt, penting untuk memahami konsep dasarnya. Robots txt merupakan sebuah dokumen berisi panduan bagi bot yang melakukan pengindeksan pada suatu situs web.

File ini berperan dalam memberikan instruksi kepada bot terkait seberapa luas pengindeksan yang diizinkan. Apakah bot diperbolehkan mengakses seluruh halaman situs, sejumlah halaman tertentu atau bahkan menghentikan bot untuk mengakses situs sama sekali. Biasanya, file ini ditempatkan di direktori utama situs web dan dapat diakses melalui URL situs, misalnya namadomainanda/robots.txt.

Perlu diingat bahwa meskipun robots txt dapat mengatur akses bagi bot mesin pencari, namun hal ini tidak secara efektif menjaga keamanan situs web secara keseluruhan. File robots txt hanya membatasi aktivitas bot. Sedangkan pengguna dan pengunjung situs masih bisa mengakses halaman yang tidak diindeks jika mengetahui URL-nya.

Fungsi Robot txt yang Harus Diketahui

Penggunaan robots txt yang tepat dapat membantu website. Berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi robots txt:

  1. Mencegah bot mesin pencari untuk mengakses konten duplikat (duplicate content), dengan demikian mengurangi risiko terjadinya duplikasi konten.
  2. Memiliki kontrol terhadap aktivitas bot mesin pencari dalam mengakses situs web, sehingga dapat menjaga kapasitas beban server agar tetap stabil.
  3. Mengurangi beban server dengan mengatur akses bot mesin pencari, sehingga mempercepat kinerja situs web.
  4. Memastikan adanya halaman situs web yang tetap bersifat privat untuk keperluan staging, pengaturan, tes dan tujuan lainnya.
  5. Menentukan atau mengatur periode waktu yang diizinkan bagi Google Crawler atau mesin pencari lainnya untuk mengakses situs web.

Selain fungsi-fungsi tersebut, robots txt juga berperan penting dalam konteks teknik SEO untuk mengoptimalkan konten situs web. Tetapi, apa kontribusi file robots txt dalam teknik SEO?

Dalam upaya memaksimalkan kinerja SEO pada setiap konten situs web, fungsi robots txt berperan sebagai alat untuk memastikan indeksasi yang optimal oleh crawler mesin pencari.

Dengan demikian, tujuan utamanya adalah meningkatkan lalu lintas situs web. Ini diharapkan akan berdampak positif pada visibilitas dan penggunaan jasa/produk yang ditawarkan oleh situs web tersebut.

Cara Membuat File txt

Pembuatan file robots txt dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai platform, termasuk CMS populer seperti WordPress. Ada dua cara utama untuk membuat dan mengatur file tersebut dalam WordPress:

1. Memanfaatkan Plugin All in One SEO

Plugin All in One SEO pack menyediakan fitur untuk membuat dan mengatur file robots txt dengan lengkap. Pengguna dapat mengunduh plugin ini, mengaktifkannya dan memilih instruksi yang diinginkan melalui “Feature Manager”. Kelebihannya, pengguna tidak perlu menulis kode secara manual, karena plugin ini mempermudah prosesnya.

2. Menggunakan Yoast SEO

Yoast SEO menyediakan juga fitur untuk mengedit serta membuat file robots txt. Prosesnya cukup sederhana dengan mengakses “File Editor” di bawah opsi “Tools”. Namun, jika pengguna ingin menulis kode secara manual, mereka perlu berhati-hati agar tidak tumpang tindih dengan kode bawaan Yoast SEO.

Meskipun Yoast SEO memiliki kelebihan dalam kemudahan penggunaannya, terdapat kelemahan dalam hal pengguna harus menulis kode secara manual untuk instruksi seperti user agent, allow dan disallow.

Kesimpulannya, baik menggunakan All in One SEO maupun Yoast SEO, pengguna WordPress dapat dengan mudah membuat dan mengatur file robots txt untuk mengontrol pengindeksan konten situs mereka.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Struktur file robots txt: Memahami struktur dan syntax yang benar dalam menulis file robots txt.
  • Perintah “Allow” dan “Disallow”: Mengetahui cara menggunakan perintah “Allow” untuk mengizinkan akses ke halaman tertentu dan “Disallow” untuk memblokir akses ke halaman tertentu.
  • Penggunaan wildcard: Memahami cara menggunakan wildcard (*) untuk memblokir atau mengizinkan akses ke beberapa halaman sekaligus.
  • Sitemap: Menambahkan sitemap ke robots txt untuk membantu mesin pencari menemukan semua halaman di website.

Kesalahan dalam penggunaan robots txt dapat berakibat fatal, seperti konten penting yang tidak terindeks dan tidak muncul di hasil pencarian. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara kerja dan fungsi robots txt dan menggunakannya dengan tepat.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"

Tags