Simak Ulasan Apa Saja Perbedaan HDMI dan VGA Agar Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

jefriray

Perbedaan HDMI dan VGA harus benar-benar diperhatikan agar ketika kalian membutuhkannya untuk berbagai keperluan, misalnya editing video maka kalian bisa memastikan mana yang benar-benar dibutuhkan. Apalagi dengan kalian bisa mengenal berbagai macam peralatan yang mana dibuat dengan teknologi tinggi pasti akan semakin mempermudah kalian untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan bukan.

Ini akan sangat dibutuhkan diberbagai bidang kehidupan. Baik itu untuk pelajaran, mahasiswa, bahkan para pekerja. Misalnya saja untuk mahasiswa, mahasiswa tentu akan dihadapkan dengan berbagai macam tugas dan presentasi bukan. Hal ini menjadi kunci kesuksesan jika mahasiswa sudah memahami peralatan berteknologi tinggi. Mahasiswa harus bisaa memahami peralatan ini sesuai dengan yang dibutuhkan ya.

Seperti halnya presentasi yang dilakukan menggunakan proyektor yang dihubungkan dengan laptop lama, maka kalian bisa menghubungi laptop dengan port VGA karena kebanyakan laptop lama mendukung port VGA tersebut. Nah, port VGA sendiri merupakan sebuah port yang dapat menghubungkan satu port ke port yang lain sesuai kebutuhan. Port VGA juga bisa diandalkan untuk melakukan transver video visual.

Baca juga: ciri hardisk laptop rusak

Setelah memahami apa itu port VGA, maka kalian juga harus memahami HDMI sebelum mengenal apa saja perbedaan HDMI dan VGA tersebut. Nah HDMI sendiri merupakan suatu kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara laptop dengan smartphone dan menggantikan kabel VGA terdahulu. Ini karena kabel VGA sekarang sudah tidak diproduksi kembali maka secara pasti penggantinya adalah kabel HDMI.

Nah, Berikut ini Ulasan Lengkap Mengenai Perbedaan HDMI dan VGA yang Harus Kalian Ketahui dengan Jelas

  • Waktu Diluncurkannya VGA dan HDMI

Inilah bedanya VGA dan HDMI yang pertama, ada dari segi waktu peluncurannya yang mana kabel VGA sendiri baru diluncurkan di tahun 1987 dengan segala keunggulannya yang ada pada saat itu. VGA memiliki ukuran 640 x 350 pixel dengan graphic tidak bisa dikatakan memiliki resolusi tinggi sebab masih harus membutuhkan VGA eksternal. Namun jangan khawatir sebab VGA card ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Sedangkan pada kabel HDMI diluncurkan pada tahun 2002 dengan keunggulannya yang pastinya jauh lebih baik dari pada card VGA. Sebab adanya HDMI menang untuk menggantikan card VGA itu sendiri. HDMI sendiri memiliki fungsi yang juga lebih unggul banyak dengan teknologi terbaru yang dimilikinya. Jadi tidak heran jika VGA sendiri menjadi kabel yang banyak dibutuhkan daripada VGS karena mengacu dengan analog.

  • Fitur-Fitur yang Diunggulkan 

Nah untuk bedanya VGA dan HDMI sendiri ada dari fitur yang diunggulkan oleh masing-masing kabel. Untuk kabel VGA sendiri, fitur yang diunggulkan ada dari kabelnya yang mana mendukung penyampaian vidaeoq visual. Namun ini jelas tanpa adanya tambahan audio, sedangkan pada kabel HDMi mendukung fitur yang lebih banyak yakni bisa untuk membaca keseluruhan data pada video visual dan audio visual dengan jelas.

  • Kelengkapan Kabel

Kelengkapan kabel antara kabel VGA dan HDMI ini juga harus kalian ketahui sebab dari sini kalian bisa menentukan dan memahami ciri-ciri kabel yang akan kalian butuhkan. Pada VGA tersebut tersedia konektor dengan 25 pon yang mana masing-masing pin tersebut termasuk dalam jajaran konektor DE-15. Jadi ketika kalian membutuhkannya maka kalian bisa langsung melihat masing-masing bagian dari kabel tersebut.

Sedangkan pada kabel HDMI sendiri tersedia atas beberapa port dengan jenis yang berbeda. Nah jenis port ini dibagi menjadi beberapa tipe. Ada tipe A, tipe B, dan tipe C, juga tipe D. Untuk tipe A, tipe C, dan tipe D ini memiliki pin dengan total keseluruhan 19 pin. Sedangkan tipe B sendiri memiliki jumlah pin yang jauh lebih banyak, yakni dengan 29 pin yang dimilikinya.

  • Dilihat dari Resolusinya

Nah untuk perbedaan HDMI dan VGA selanjutnya ada dari tingkat resolusi keduanya. Untuk resolusi yang dihadirkan oleh VGA ini termasuk jenis resolusi yang lebih rendah sebab hanya memakai resolusi dengan total 1366 x 768 pixel saja. Sedangkan untuk kabel HDMI sendiri dibuat dengan resolusi yang cenderung lebih tinggi dari pada VGA. HDMI memiliki resolusi dengan total 3840 x 2400 pixel yang ada di tipe B.

  • Dilihat dari Bentuknya Masing-masing

Perbedaan keduanya jelas dari segi bentuk yang mana bentuk dari kabel VGA sendiri cenderung lebih besar dari pada kabel HDMI. Untuk kabel VGA memiliki jumlah pin yang jauh lebih sedikit dan jelas berkebalikan juga pada kabel HDMI yang memiliki bentuk sangat tipis dan kecil sekalipun memiliki pin dengan total keseluruhan yang sangat banyak. Ini jelas mendukung fungsi yang lebih tinggi.

  • Dilihat dari Segi Harga

Nah, perbedaan yang terakhir adalah perbedaan yang dapat dilihat dari segi harga karena kualitas yang ditawarkannya. Saat ini, kabel HDMI sudah pasti memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari pada harga dari kabel VGA ya. Ini tentu karena kelebihan yang ditawarkan kabel HDMI lebih banyak memberikan keuntungan daripada kabel VGA. Tidak heran banyak orang yang senang memakai kabel HDMI meskipun lebih mahal.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan HDMI dan VGA yang bisa kalian pahami dengan mudah melalui penjelasan detail di atas. Semoga dari adanya ulasan-ulasan tersebut bisa membuat kalian memahami kabel mana yang memang kalian butuhkan dan mendukung laptop yang kalian pakai ya. Sebab baik HDMI maupun VGA keduanya masih bisa diandalkan.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"