Alasan Mengapa Browser Chrome Tidak Bisa Diupdate

Jefri Sitopu

update chrome

Jefri Raymon Sitopu – Google chrome merupakan salah satu peramban web yang paling populer di dunia. Diluncurkan pada tahun 2008, Google Chrome telah menjadi pilihan utama jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Sayangnya, sesekali peramban ini memiliki bug atau permasalahan yang cukup fatal yakni masalah di mana chrome tidak bisa diupdate.

Update aplikasi bagi pengguna smartphone adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kegiatan update itu sendiri bisa memengaruhi kinerja aplikasi agar lebih optimal dan terlindungi dari berbagai potensi yang bisa membahayakan aplikasi / smartphone seperti virus atau serangan lainnya.

Pentingnya Update Chrome Di HP

Beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan pedoman mengapa aplikasi Google Chrome di HP harus selalu update. Meskipun aplikasi ini biasanya melakukan update sendiri secara otomatis, tidak ada salahnya untuk selalu melakukan cek dan periksa apabila terjadi kendala pada aplikasi sehingga tidak bisa melakukan update secara otomatis.

●     Aman

Aplikasi Google Chrome yang telah terupdate akan membuat kamu sebagai pengguna menjadi jauh lebih aman. Hal ini dikarenakan update aplikasi juga termasuk update seperti fitur dan perbaikan keamanan. Apabila chrome tidak bisa diupdate, perlu dilakukan pemeriksaan agar kamu tetap aman dalam menggunakannya.

●     Fitur Terbaru

Update Google Chrome tak hanya menghadirkan perbaikan keamanan, namun juga pembaruan pada fitur. Google Chrome secara teratur memperkenalkan fitur – fitur baru yang disertai perbaikan fungsional. Dengan melakukan update, Kamu bisa mengakses fitur terbaru yang bisa meningkatkan produktivtas.

●     Kinerja Lebih Baik

Pembaruan juga sering mencakup peningkatan kinerja yang dapat membuat Google Chrome menjadi berjalan lebih cepat dan lebih efisien. Ini dapat membantumu menjelajahi web dengan lebih lancar dan bisa menghemat sumber daya komputer yang kamu gunakan.

update-google-chrome

Mengapa Chrome Tidak Bisa Diupdate?

Tak jarang aplikasi yang kita gunakan sering mengalami kendala atau masalah. Contohnya seperti aplikasi chrome tidak bisa diupdate. Ini akan menyebabkan beberapa risiko seperti keamanan, fitur yang tidak kompatibel, dan risiko lainnya. Lalu, apa saja alasan yang membuat aplikasi ini tidak bisa diupdate?

●     Koneksi Internet Tidak Stabil

Salah satu penyebab paling umum adalah koneksi internet yang bermasalah. Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menghambat proses pengunduhan dan pembaruan Google Chrome. Untuk mengupdate Google Chrome, pastikan koneksi internetmu stabil dan tidak mengalami masalah saat mencoba untuk mengupdate.

●     Masalah dengan Server Google

Terkadang, masalah tidak bisa update bisa datang dari pihak Google nya sendiri. Server Google yang digunakan untuk mendistribusikan pembaruan Chrome kadang mengalami masalah. Ini bisa terjadi karena beban yang tinggi atau masalah teknis. Kamu hanya perlu mencoba beberapa saat kemudian jika mengalami masalah ini.

●     Hak Akses Tidak Memadai

Penyebab chrome tidak bisa diupdate selanjutnya bisa datang dari hak akses yang tidak memadai. Untuk melakukan update Google Chrome, mungkin diperlukan izin administratif dari komputermu. Pastikan kamu memiliki hak administratif yang cukup untuk melakukan pembaruan ini.

●     Pembaruan Otomatis Tidak Aktif

Google Chrome secara default seharusnya mengunduh dan menginstal pembaruan secara otomatis, bahkan saat kamu menutup dan membuka kembali aplikasi tersebut. Namun, jika kamu telah menonaktifkan fitur pembaruan otomatis, pembaruan mungkin saja tidak terdeteksi.

●     Sistem Tidak Kompatibel

Penyebab yang selanjutnya bisa jadi berasal dari komputer yang kamu gunakan. Terkadang sistem operasi pada komputer ada yang tidak kompatibel atau masih menggunakan versi lama yang menyebabkan Google Chrome tidak bisa melakukan update ke versi yang lebih terbaru.

●     Perangkat Lunak Firewall atau Antivirus

Firewall atau perangkat lunak antivirus juga bisa menjadi penyebab mengapa chrome tidak bisa diupdate. Firewall atau perangkat lunak ini mungkin memiliki peraturan yang ketat sehingga dapat memblokir pembaruan pada Google Chrome. Untuk itu, pastikan perangkat antivirus ini tidak menghalangi akses chrome untuk update.

Bagaimana Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Diupdate?

Masalah pada Google Chrome kadang menghambat untuk melakukan produktivitas atau kegiatan yang mengharuskan untuk membuka internet di aplikasi tersebut. Jika kamu mengalami masalah seperti tidak bisa update, berikut beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan.

●     Periksa Koneksi Internet

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Masalah koneksi internet dapat menghambat proses pengunduhan dan pembaruan Google Chrome. Untuk itu, cobalah membuka situs web lain atau menggunakan aplikasi lain untuk memastikan koneksi internetmu berfungsi dengan baik.

●     Aktifkan Pembaruan Otomatis

Chrome seharusnya secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan saat kamu menutup dan membuka kembali browser sehingga masalah chrome tidak bisa diupdate ini bisa dihindari. Pastikan fitur pembaruan otomatis tidak dinonaktifkan di pengaturan Google Chrome pada perangkat yang kamu gunakan.

 

Untuk mengaktifkan fitur update otomatis, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka Google Chrome melalui perangkat yang kamu gunakan
  • Klik pada ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas jendelah Google Chrome untuk membuka menu
  • Pilih “Setting” atau “Pengaturan”
  • Scroll ke bawah dan Klik “Advanced” atau “Pengaturan Lanjutan”
  • Pada bagian “Update”, pastikan opsi “Automatically update Chrome” atau “Update Chrome secara otomatis” aktif.

 

Ada banyak alasan mengapa chrome tidak bisa diupdate. Namun, dengan memahami penyebab umumnya, kamu bisa mencoba berbagai solusi yang sesuai dengan masalah yang dialami. Jika semua upaya gagal, Google selalu menyediakan sumber daya dukungan teknis dan komunitas pengguna untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"

Tags